Gempa Pangandaran 5,9 SR Rusak 41 Rumah di Pamarican Ciamis

Gempa Pangandaran SR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Gempa Pangandaran 5,9 SR yang terjadi pada Minggu (25/10/2020) lalu, mengakibatkan puluhan rumah di Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat mengalami kerusakan.

Data yang dihimpun oleh Tagana dan GSR Kecamatan Pamarican, sedikitnya 41 rumah mengalami kerusakan. Bukan itu saja, sebuah bangunan Balai Dusun juga rusak akibat gempa Pangandaran berkekuatan 5,9 SR tersebut.

FK Tagana Kabupaten Ciamis, Wilayah Kecamatan Pamarican, Baehaki Efendi mengatakan, hingga Senin (26/10/2020) sore, pihaknya telah menerima laporan dari seluruh desa yang ada di Kecamatan Pamarican.

“Dari data yang kami kumpulkan saat ini sudah ada 41 rumah dan 1 fasilitas umum balai dusun yang mengalami kerusakan. Rusak saat gempa terjadi pada Minggu kemarin. Data ini kami dapatkan dari setiap desa yang melaporkan kepada kami,” katanya, Senin (26/10/2020).

Baehaki mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengumpulkan berkas laporan kerusakan untuk nantinya diajukan ke BPBD dan Dinas Sosial Kabupaten Ciamis.

“Dari jumlah 41 rumah yang mengalami kerusakan terdiri dari Desa Sidaharja 11 rumah, dan Desa Bantarsari 1 rumah. Lalu Desa Sukajadi 3 rumah, Desa Sukahurip 7 rumah, Desa Neglasari 8 rumah dan 1 Balai Dusun. Semetara di Desa Kertahayu 5 rumah, Desa Sukajaya 4 rumah, Desa Bangunsari 1 rumah dan Desa Sukamukti 1 rumah,” terangnya. 

Dari seluruh jumlah rumah rusak yang terdata saat ini, lanjut Baehaki, rata-rata mengalami kerusakan pada bagian dinding serta atapnya.

“Sementara untuk korban jiwa ada satu orang yaitu Deden Gustiawan warga Dusun Kertaharja Desa Kertahayu,” tandasnya. (Suherman/R7/HR-Online)

Editor: Ndu

The post Gempa Pangandaran 5,9 SR Rusak 41 Rumah di Pamarican Ciamis appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/gempa-pangandaran-59-sr-rusak-41-rumah-di-pamarican-ciamis/

Saat di Ciamis, Wagub Jabar Ingatkan Masyarakat Waspada Bencana

Saat di Ciamis, Wagub Jabar Ingatkan Masyarakat Waspada Bencana

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Saat berkunjung ke Kabupaten Ciamis, Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, mengingatkan warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 3M.

“Bagi masyarakat yang datang ke wilayah Jabar agar selalu menerapkan prokes 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” ujar Uu, usai memberikan bantuan sembako kepada korban gempa di Kelurahan Linggasari.

Apalagi menjelang libur panjang, pihaknya khawatir terjadi penyebaran Covid-19 wilayah Jawa Barat.

“Mohon tempat rekreasi agar memperketat protokol kesehatan karena kemungkinan banyak wisatawan luar daerah masuk ke Jabar,” jelasnya.

Wagub Jabar juga mengimbau warga Jawa Barat agar waspada terhadap ancaman bencana alam.

Memasuki musim hujan ini, bencana alam banjir dan longsor terjadi di berbagai wilayah.

Maka dari itu, pihaknya meminta kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar tetap waspada.

“Karena, libur sekarang kita sedang mengalami musim penghujan. Jadi, khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan, maka dari itu BPBD harus meningkatkan kewaspadaan,” ungkap Uu.

Baca Juga: Saba Desa, Wagub Jabar Serap Aspirasi Kades dan Perangkat

Lanjutnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan melakukan rakor khusus bagi Kabupaten/kota yang ada tempat wisata dan sering dikunjungi oleh wisatawan.

“Hal ini kita lakukan demi memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang akan berlibur ke Jawa Barat,” ucapnya.

Ia pun berharap kepada masyarakat yang ada di wilayah Jawa Barat agar bisa menerima wisatawan luar daerah yang akan berlibur ke lokasi wisata Jabar.

Karena, dengan adanya libur panjang ini mudah-mudahan bisa meningkatkan perputaran ekonomi di Jawa Barat.

“Tapi tetap harus menerapkan protokol kesehatan,” pungkas Wagub Jabar. (Ferry/R8/HR Online)

Editor: Jujang

The post Saat di Ciamis, Wagub Jabar Ingatkan Masyarakat Waspada Bencana appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/saat-di-ciamis-wagub-jabar-ingatkan-masyarakat-waspada-bencana/

Infografis : Tips Belanja Aman di Tengah Pandemi Covid-19

Tips Belanja Aman di Tengah Pandemi Covid-19

Ada beberapa tips belanja aman meski di tengah pandemi Covid-19. Tips tersebut bisa mencegah Anda dari penularan virus Corona yang sampai saat ini belum ada obat atau vaksinnya.

Badan kesehatan dunia atau WHO pernah menyatakan bahwa virus Corona ini menular lewat perantara manusia, atau bahkan benda yang terkontaminasi virus tersebut.

Untuk itu, saat berbelanja ke pasar atau supermarket membutuhkan ketelitian agar tidak terhindari dari Covid-19.

Lantas apa saja tips belanja aman meski masih dalam pandemi Covid-19?. Yang pertama sebelum Anda keluar untuk berbelanja sebaiknya tentukan waktunya terlebih dulu. Seperti jika jam istirahat atau waktu ramai-ramainya orang datang ke tempat belanja, dan tidak ada ruang untuk jaga jarak, maka sebaiknya urungkan niat.

Kemudian yang kedua adalah buat daftar belanja apa saja yang diperlukan untuk sehari-hari. Selanjutnya jangan lupa saat keluar rumah untuk berbelanja pakai masker dengan baik dan benar. Serta masker tersebut harus sesuai SNI.

Tips belanja aman dalam masa pandemi Covid-19 selanjutnya adalah jangan lupa membawa tissue atau hand sanitizer. Meski saat ini, sebelum masuk ke tempat belanja sudah tersedia tempat cuci tangan beserta sabun.

Kemudian, belanja dengan mata, dan kurangi menyentuh barang dengan tangan. Dan tips belanja aman terakhir adalah saat sampai ke rumah, jangan lupa mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir.

Selain tips di atas, jangan lupa juga #ingatpesanibu 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak. Catat, Jangan Sampai kendor!

#satgascovid19

#ingatpesanibu

#ingatpesanibuwajibpakaimasker

#ingatpesanibuwajibjagajarak

#ingatpesanibuwajibcucitangan

#wajibpakaimasker

#wajibjagajarak

#wajibjagajarakhindarikerumunan

#wajibcucitangan

#wajibcucitangandengansabun

Grafis : Mohamad Bagus Rizky

Editor : Adi Karyanto

The post Infografis : Tips Belanja Aman di Tengah Pandemi Covid-19 appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/infografis-tips-belanja-aman-di-tengah-pandemi-covid-19/

Fungsi Garis Tangan Bukan Pertanda Ramalan, Ini Fakta Ilmiahnya!

Fungsi Garis Tangan

Fungsi garis tangan sering orang kait-kaitkan dengan hal-hal yang berbau klenik atau ramalan. Hal-hal tersebut umumnya bersifat tahayul. Karena pada penyebab proses awal, ilmu tersebut sering digeluti oleh para peramal tradisional.

Ilmu yang mempelajari garis tangan oleh para peramal ini kita kenal juga dengan sebutan palmistry. Akan tetapi, tahukah anda jika garis tangan dapat kita pelajari dengan metode ilmiah? Tentu semua hal yang ada pada tubuh manusia memiliki fungsi hingga struktur yang mampu dipelajari.

Kemudian, juga akan menjadikan suatu hal unik saat lipatan pada telapak tangan dapat menjadi sebuah pertanda akan penyakit tertentu atau kondisi kesehatan menurut ilmu pengetahuan. Berikut adalah penjelasannya.

Baca Juga: Struktur Kuku Manusia Beserta Fungsi dalam Proses Pembentukannya

Fungsi Garis Tangan

Meskipun garis tangan sering orang kait-kaitkan dengan hal berbau mitos atau klenik, namun hal tersebut juga dapat kita pelajari melalui metode secara ilmiah.

Hal menjadi sebuah suatu ilmu yang dapat orang pelajari sejak dr Carl Carus pada abad ke-19 menggabungkan kepribadian seseorang (psikologi) dengan palmistry.

Melansir dari Lives Science, terdapat ilmu ilmiah yang mempelajari garis tangan. Garis tangan juga orang sering sebut dengan lipatan tangan atau lipatan lentur palmar. Ia memiliki kegunaan dalam proses meremas dan juga meregang.

Fungsi garis tangan juga bisa membantu dalam mengidentifikasi keadaan media tertentu. Garis tangan pada manusia telah berkembang pada saat bayi berada dalam rahim ketika berumur 12 minggu.

Kemudian, akan semakin berkembang saat bayi lahir ke dunia. Saat anda mengepal, maka garis pada telapak tangan akan terbentuk jalan untuk kulit dalam melipat dan membuatnya kesulitan dalam mengambil berbagai barang.

Hal tersebut karena terdapat lipatan yang mana tulang jari serta ibu jari bertemu. Sebagian besar orang mempunyai tiga lipatan yang menonjol pada permukaan telapak tangan, yakni terkadang hanya satu lipatan saja.

Jika lipatan tangan hanya terdapat satu garis, dulu orang kenal dengan sebutan lipatan simian, menunjukkan jika mengalami perkembangan yang tidak normal.

Ada pula hal tersebut terjadi karena bayi yang lahir dengan kondisi Sindrom Down atau Sindrom Alkohol Janin, Sindrom Turner, Sindrom Aarskog, hingga pada Rubella Syndrome.

Kemudian selain fungsi garis tangan, tentang ketebalan serta jumlah lipatan pada telapak tangan manusia juga tergantung dengan beberapa faktor seperti ras, dan riwayat keluarga.

Baca Juga: Talamus dan Hipotalamus, Definisi Beserta Fungsinya Secara Lengkap

Bukan Penanda Ramalan Garis Kehidupan

Dalam tubuh manusia terdapat beberapa bentuk yang sungguh menakjubkan. Misalnya, setiap individu pasti tidak akan mempunyai sidik jari yang sama satu dengan yang lainnya. Begitu pula hal sama terjadi pada cetak lidah manusia.

Selain hal tersebut, indera mata dapat mengenali warna sampai ratusan jenis warna yang berbeda-beda. Kemudian, mampu menyerap informasi yang lebih daripada sebuah teleskop yang mahal.

Masih banyak lagi hal unik lain yang dapat dijelaskan mengenai fungsi masing-masing, anatomi, dan lain sebagainya. Salah satunya adalah fungsi garis tangan pada manusia.

Bukan merupakan penentu ramalan, garis tangan dapat orang pelajari dengan akar ilmu pengetahuan, meskipun juga berkaitan dengan kepribadian seseorang.

Setelah mengetahui jika lipatan tangan terbentuk pada saat bayi masih dalam rahim sekitar 12 minggu, maka terdapat sebuah pertanyaan tentang fungsi lipatan tersebut. Lantas, apakah dengan hal tersebut manusia dapat melenturkan tangan dengan sangat mudah?

Hal tersebut tentu saja mampu. Orang akan menggunakan lipatan tangan bagian dalam. Dengan demikian, orang kemungkinan besar dapat lebih terampil serta lebih baik saat memegang suatu benda.

Ketebalan, frekuensi, serta tonjolan dapat terpengaruh dengan gen masing-masing individu. Sementara itu, fungsi garis tangan juga terdapat jumlah lipatan yang terkadang memiliki hubungan dengan kondisi kesehatan.

Beberapa fakta tentang kondisi kesehatan yang juga mempengaruhi garis tangan, tentu dapat menjadi sebuah hal yang dapat orang pelajari dengan ilmu pengetahuan.

Dengan demikian, dapat menjadi ilmu yang berguna dalam menjelaskan tentang satu titik terkecil pun dari tubuh manusia. Karena, manusia terlahir dengan tubuh yang sempurna, dengan berbagai macam keunikan serta fungsi masing-masing.

Tak terkecuali dengan fungsi garis tangan. Akan tetapi, patut kita catat jika kondisi lipatan dari telapak tangan, tak mempunyai hubungan dengan garis kehidupan. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

The post Fungsi Garis Tangan Bukan Pertanda Ramalan, Ini Fakta Ilmiahnya! appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/fungsi-garis-tangan/

Di Ciamis, Mobil Elf Masuk Jurang, 1 Orang Meninggal Dunia

Di Ciamis, Mobil Elf Masuk Jurang, 1 Orang Meninggal Dunia

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Sebuah mobil angkutan umum jenis elf microbus terjun ke jurang di jalan raya Ciamis-Kawali tepatnya daerah Mekarmulya, Jelat, Kecamatan Baregbeg, Senin (26/10/2020) pagi.

Dalam kecelakaan tunggal tersebut, satu orang penumpang meninggal dunia.

Kepala Satuan atau Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Zanuar Cahyo Wibowo ,S.I.K membenarkan kejadian laka lantas yang terjadi di wilayah hukum Polres Ciamis.

Menurut Zanuar, kecelakan tersebut berawal saat kendaraan Mitsubishi Microbus Panser nopol E-7546-K yang dikemudikan Usup Setiadi, melaju dari arah Ciamis ke utara Cipaku.

Kendaraan elf tersebut membawa lima orang penumpang.

“Sesampainya di tempat kejadian yakni tikungan, mobil tersebut terlalu menikung ke kiri, sehingga ban depannya terperosok dan masuk jurang,” ujar Zanuar.

Akibat kecelakaan tersebut, 1 orang meninggal dunia dan tiga orang mengalami luka-luka sehingga dilarikan ke Puskesmas Cipaku.

Korban meninggal akibat kecelakaan mobil elf tersebut yakni Ny Ati Rusmiati, warga Dusun Urug, Desa Pusakasari, Kecamatan Cipaku.

“Korban meninggal dunia dalam perawatan medis,” pungkasnya.

Sementara itu, saksi mata Andi mengatakan, sebelum kejadian, mobil elf tersebut melaju dari arah Ciamis menuju Cirebon.

Namun sesampainya di lokasi kejadian, dari arah yang berlawanan muncul mobil yang menyalip salah satu kendaraan di depannya.

“Sehingga mobil elf ini membantingkan setir ke kiri lalu terjatuh masuk jurang ,” katanya. (Fahmi/R8/HR Online)

Editor: Jujang

The post Di Ciamis, Mobil Elf Masuk Jurang, 1 Orang Meninggal Dunia appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/di-ciamis-mobil-elf-masuk-jurang-1-orang-meninggal-dunia/

Tips Naik Sepeda Agar Nyaman dan Tetap Aman

Tips Naik Sepeda Agar Nyaman dan Tetap Aman

Berita Gaya Hidup, (HarapanRakyat.com).- Tips naik sepeda agar nyaman dan tetap aman. Sudah sejak lama, naik sepeda menjadi pilihan olahraga yang hemat. Selain untuk olahraga, naik sepeda juga menjadi alat transportasi alternatif, terutama di kota-kota besar.

Bahkan bersepeda sudah menjadi tren baru kalangan masyarakat Indonesia. Karenanya, penting juga memperhatian keamanan dan kenyamanan saat bersepeda.

Tips Naik Sepeda Nyaman dan Aman

Kenali Sepeda Anda

Tips ini tampak mudah, namun penerapannya tidak main-main. Anda harus tahu tipe sepeda Anda. Mulai bagaimana merawatnya, bagaimana mengatur dan mengganti rantainya, serta bagaimana mengubah kecepatan.

Anda harus tahu sendiri bagaimana cara memompa ban serta bagaimana cara menaikinya. Hal ini karena tipe-tipe sepeda dan perlengkapannya berbeda-beda pada tiap jenis dan merek.

Anda harus mengenali dan memahami supaya jika terjadi apa-apa saat berada di tengah perjalanan, Anda bisa mengatasinya.

Selain itu, persiapan dalam mengganti rantai atau mengatur semua yang berhubungan dengan sepeda akan menjadi pencegahan kecelakaan dalam bentuk apapun.

Gunakan Peralatan Lengkap dan Terbaik

Maksud dari peralatan tersebut adalah sepeda dan perlengkapannya. Dalam memilih sepeda Anda, harus berpikir tujuan anda dalam memiliki sepeda. Tujuan Anda akan berpengaruh kepada spesifikasi sepeda yang akan anda beli.

Sebaiknya, sebelum membeli anda memiliki referensi beragam jenis sepeda. Kemudian tentukan spesifikasi sepeda apa yang sesuai dengan tujuan Anda.

Tips naik sepeda dengan aman dan nyaman berikutnya adalah anda membutuhkan perlengkapan lain. Perlengkapan tersebut meliputi helm, spion dan bel sepeda.

Jika ingin lebih lengkap lagi, Anda bisa menggunakan pelindung tubuh untuk menjaga organ organ vital tubuh Anda dari luka serius.

Semua pengaman ini berguna untuk meminimalisir peluang yang membahayakan jiwa anda, apalagi bersepeda di jalanan kota besar.

Memahami Aturan Lalu Lintas

Jka Anda memutuskan naik sepeda ke jalan besar, Anda harus juga memahami aturan lalu lintas. Hal ini karena fokus anda bukan lagi ganggang kecil atau jalan-jalan dalam perumahan.

Untuk bersepeda di jalan besar, Anda harus fokus terhadap aturan lalu lintas dan kebiasaan dalam lalu lintas tersebut.

Meski hanya naik sepeda, Anda juga harus memperhatikan klakson atau tanda dari kendaraan lain sekitar Anda.

Naik Sepeda Pelan-pelan

Meskipun Anda bisa naik sepeda sedari kecil, naik sepeda untuk kebutuhan transportasi sangatlah berbeda.

Naik sepeda dengan pelan-pelan dan memahami medan merupakan tips naik sepeda yang sangat penting. Pelan-pelan maksudnya yakni tidak memaksakan batas kekuatan Anda dan sepeda anda.

Jadi sebaiknya, Anda berlatih dulu naik sepeda pada jalan-jalan kecil, sebelum kemudian menaikkan tantangan ke medan yang lebih sulit.

Medan yang lebih sulit seperti jalan yang berkelok, bergelombang atau bahkan jalan lurus namun mempunyai volume kendaraan yang tinggi.

Tips naik sepeda tersebut merupakan kombinasi cara supaya selamat dari kecelakaan dan juga nyaman dalam berkendara.

Jika melakukan itu semua dengan tepat, anda akan mendapatkan manfaat kesehatan dan juga keamanan yang maksimal. (Deni/R4/HR-Online)

Editor : Deni Supendi

The post Tips Naik Sepeda Agar Nyaman dan Tetap Aman appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/tips-naik-sepeda-agar-nyaman-dan-tetap-aman/

LSM PADI Tasikmalaya Ingatkan Masyarakat Jangan Kendor Prokes 3M

LSM PADI Tasikmalaya Ingatkan Masyarakat Jangan Kendor Prokes 3M

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- LSM PADI (Peradaban Demokrasi Indonesia) Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, mengimbau kepada anggotanya dan juga masyarakat agar jangan kendor untuk menerapkan protokol kesehatan.

Selain memberikan imbauan dan sosialisasi protokol kesehatan (prokes) 3M, LSM yang bergerak di bidang sosial ini juga membagian sembako kepada masyarakat.

Ketua LSM PADI, Andi Lala mengatakan, bahwa pandemi Covid-19 sampai saat ini masih melanda Kota Tasikmalaya.

Untuk itu, pihaknya mengajak kepada anggota dan masyarakat untuk jangan kendor, dan menyadari betapa pentingnya menerapkan 3M. Yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak.

Andi menuturkan, bahwa prokes 3M tersebut agar terhindar dari penyebaran virus Corona. Menurutnya, penerapan prokes bisa mulai dari bagian terkecil, seperti diri sendiri, keluarga atau kerabat.

“Saya melihat akhir-akhir ini masyarakat sering berkerumunan dan tidak mengindahkan prokes. Saya khawatir kalau ini dibiarkan begitu saja, akan terjadi peningkatan penyebaran Covid-19,” ujarnya kepada HR Online, Senin (26/10/2020).

Oleh karena itu, pihaknya sangat berharap adanya kerjasama antara pemerintah dan masyarakat. Selain itu, pihaknya juga akan memberikan masukan kepada pemerintah, dan mencari solusi terkait adanya program bantuan sosial terdampak Covid-19.

Andi mencontohkan, sekarang banyak orang mengantre berbondong-bondong datang ke kelurahan untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah. Tidak menutup kemingkinan penyebaran virus Corona itu bisa terjadi.

“Sekali lagi saya berharap pemerintah untuk mengambil tindakan. Dan kepada masyarakat, ingat selalu jaga keselamatan sendiri, keluarga dan masyarakat umum lainya. Jangan sampai kendor,” pungkasnya. (Apip/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

The post LSM PADI Tasikmalaya Ingatkan Masyarakat Jangan Kendor Prokes 3M appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/lsm-padi-tasikmalaya-ingatkan-masyarakat-jangan-kendor/

Di Ciamis, Wagub Jabar Serahkan Bantuan untuk Korban Gempa

Di Ciamis, Wagub Jabar Serahkan Bantuan untuk Korban Gempa

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum meninjau rumah warga Ciamis yang ambruk akibat gempa Pangandaran, Minggu (25/10/2020).

Uu bersama rombongan mendatangi keluarga Fatah Yasin di Lingkungan Sikuraja, Kelurahan Linggasari, Kecamatan/Kabupaten Ciamis, Senin (26/10/2020).

Selain melakukan peninjauan, Uu Ruzhanul Ulum juga memberikan bantuan berupa sembako kepada keluarga korban.

“Saya ditugaskan, oleh Bapak Gubernur, Ridwan Kamil untuk menyisir wilayah yang terkena bencana. Karena memang akhir-akhir ini di Jawa Barat bencana selalu ada, termasuk gempa bumi,” ujar Uu Ruzhanul Ulum.

Kang Uu menuturkan, bantuan yang ia berikan memang tidak seberapa. Tapi ini sebagai bentuk kepedulian dan silaturahmi dari Pemerintah Provinsi kepada masyarakat Jawa Barat.

Menurutnya, bencana di Jabar ini kebanyakan akibat perubahan situasi dan kondisi di wilayah.

“Seperti halnya kemarin di Pamengkpeuk, Garut itu memang hulu sungai di atas dijadikan hutan produksi. Saat ini di Ciamis dan Pangandaran itu karena adanya bencana gempa,” tuturnya.

Baca Juga: Korban Gempa Rumah Rusak di Ciamis Terus Bertambah

Pemda Harus Perhatikan Rutilahu

Kata Uu, jika memang rumah tidak layak huni segera lakukan peremajaan jangan sampai dibiarkan.

Maka dari itu, pihaknya meminta kepada masyarakat bagi yang memiliki rumah yang tidak layak harus berpikir segera merenovasinya.

“Kepada Pemerintah setempat, tolong memberikan perhatian kepada warga yang memiliki rumah tidak layak huni. Pasalnya, banyaknya berbagai program dari Provinsi, Pusat, serta kabupaten juga ada, jangan sampai terabaikan,” tuturnya.

Karena, lanjutnya, jika rumah yang tidak layak huni terus dibiarkan bisa membahayakan keselamatan penghuninya, masih untung tidak ada korban jiwa.

“Jadi sekali lagi, tolong berikan perhatian kepada mereka yang memang rumahnya sudah tidak layak huni oleh masyarakat dan juga Pemerintah setempat,” tegasnya.

Sementara itu, Fatah Yasin yang rumahnya ambruk akibat gempa Pangandaran, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Wakil Gubernur Jawa Barat Kang Uu, yang telah memberikan bantuan.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Baznaz Ciamis yang telah memberikan bantuan kepada kami, bantuan ini sangat bermanfaat sekali bagi keluarga kami,” pungkasnya. (Ferry/R8/HR Online)

Editor: Jujang

The post Di Ciamis, Wagub Jabar Serahkan Bantuan untuk Korban Gempa appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/di-ciamis-wagub-jabar-serahkan-bantuan-untuk-korban-gempa/

3 Sekolah di Pangandaran Rusak Akibat Guncangan Gempa

3 Sekolah di Pangandaran Rusak Akibat Guncangan Gempa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Tiga sekolah di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, rusak akibat guncangan gempa tektonik 5,9 SR, yang terjadi Minggu kemarin (25/10/2020).

Pantauan HR Online, dari tiga sekolah tersebut mengalami kerusakan mulai dari ambrol bagian plafon sampai retak-retak. Dan tidak ada korban jiwa ataupun terluka dalam kejadian tersebut, menginggat pada saat kejadian sekolah sedang libur.

Korwil UPTD Pendidikan Kecamatan Langkaplancar, Nana, mengatakan, salah satu ruangan SD 4 Karangkamiri mengalami ambrol bagian plafon belakangnya.

“Sebelum plafon ambruk ruangan tersebut digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Dan saat ini, para siswa pindah ke ruangan lain,” katanya kepada HR Online, Senin (26/10/2020).

Menurut Nana, ambruknya plafon ruangan kelas tersebut, akibat kondisi bangunan yang sudah lapuk termakan usia. Selain kondisi bangunan, ditambah kondisi cuaca yakni curah hujan terus mengguyur Langkaplancar dan juga guncangan gempa.

“Kami sudah melaporkan sekolah yang rusak tersebut ke Dinas Pendidikan dan BPBD Kabupaten Pangandaran,” ucapnya.

Sementara itu, Korwil UPTD Pendidikan Pangandaran, Gani, mengatakan tercatat dua sekolah yang rusak akibat guncangan gempa kemarin. Satu SD 3 Purbahayu mengalami retak-retak, dan satunya lagi adalah SDN 3 Wonoharjo mengalami hal serupa.

Gani menambahkan, pihaknya sudah melaporkan sekolah yang retak-retak tersebut ke Dinas Pendidikan serta BPBD Kabupaten Pangandaran.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa ataupun terluka, menginggat pada saat kejadian para siswa sedang libur,” singkatnya. (Entang/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

The post 3 Sekolah di Pangandaran Rusak Akibat Guncangan Gempa appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/3-sekolah-di-pangandaran-rusak-akibat-guncangan-gempa/

Kasus Covid-19 Kota Banjar Terus Bertambah, 20 Orang Dirawat di RS

kasus covid-19 kota banjar

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Kasus Covid-19 Kota Banjar terus bertambah. Data yang dirilis Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Banjar, Jawa Barat, menunjukkan, sebanyak 20 orang menjalani perawatan di Rumah Sakit, per hari ini, Senin, 26 Oktober 2020).

Total kasus konfirmasi positif Covid-19 Kota Banjar per hari ini menjadi, 60 orang. Rinciannya, 1 orang meninggal dunia, 39 orang sembuh, dan sisanya 20 orang masih aktif atau belum sembuh. Kedua puluh orang tersebut menjelani perawatn di Rumah Sakit.

Kedua puluh orang tersebut terdiri dari 4 orang dari kelurahan Purwaharja. Lalu 1 orang dari Kelurahan Pataruman, dan 1 orang dari Kelurahan Sinartanjung.

Selanjutnya 4 orang warga Kelurahan Hegarsari juga tercatat sebagai pasien positif Covid-19.  Terbanyak dari Kelurahan Muktisari, yakni sebanyak 10 orang terinfeksi Covid-19.

Sementara kasus kontak erat, yakni orang-orang yang melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19 Kota Banjar, saat ini mencapai 57 orang.

Untuk kasus suspek, yakni orang yang menderita gangguan pernafasan akut (ISPA) dan dicurigai terinfeksi Covid-19 sebanyak 8 orang. Tiga di antaranya menjalani perawatan di Rumah Sakit, sementara 5 orang lainnya menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

Kasus Covid-19 Kota Banjar Ditandai Munculnya Klaster Keluarga

Penambahan kasus Covid-19 Kota Banjar ini juga ditandai dengan munculnya klaster keluarga. Klaster keluarga muncul di Keluharan Muktisari, Kecamatan Langensari.

Awalnya 5 orang terinfeksi Covid-19 di Kelurahan Muktisari , yakni suami dari seorang penjual kelontongan, lalu seorang cucu yang masih balita, seorang karyawan, dan dua orang lainnya yang masih keluarga pasien. Saat ini pasien positif Covid-19 dari Kelurahan Muktisari bertambah menjadi 10 orang.

Selain di Kelurahan Muktisari, klaster keluarga juga muncul di Kelurahan Purwaharja. Pada Rabu, (21/10/2020), Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Banjar, Agus Nugraha, mengumumkan, adanya penambahan kasus Covid-19.

Pasien merupakan seorang laki-laki, usia 48 tahun yang merupakan seorang tukang rekrut penumpang di Terminal Kota Banjar.

Tak sampai di sana, keluarga dari pasien ini juga terinfeksi Covid-19 berdasarkan hasil tracing kontak erat. Saat ini di Kecamatan Purwaharja sendiri sudah 4 orang terinfeksi Covid-19. (SBH/R7/HR-Online)

Editor: Ndu

The post Kasus Covid-19 Kota Banjar Terus Bertambah, 20 Orang Dirawat di RS appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/kasus-covid-19-kota-banjar-terus-bertambah-20-orang-dirawat-di-rs/

Ingatkan Prokes, Dinkes Kota Banjar Imbau Masyarakat Waspadai Kluster Keluarga

Kluster Keluarga

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Dinas Kesehatan Kota Banjar, Jawa Barat, melalui Puskesmas Pataruman 1 mengimbau kepada warga agar selalu waspada dan berhati-hati munculnya penyebaran baru kasus positif Covid-19 dari kluster keluarga.

Menurut Kepala Puskesmas Pataruman 1 Kota Banjar, dr. Ika Rohantika, saat ini kasus penyebaran virus Corona sudah bukan lagi kasus migrasi virus ataupun transimisi lokal saja. Tetapi juga sudah memunculkan kluster baru yakni kluster keluarga.

Untuk itu, kewaspadaan masyarakat dengan cara menerapkan prokes seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, serta menghindari kerumunan perlu adanya peningkatan.

“Sekarang sudah muncul kluster keluarga. Semua harus mewaspadai itu” kata Ika Rohantika kepada awak media, Senin (26/10/20).

Ia menjelaskan, pencegahan melalui prokes itu sangat efektif setelah melakukan aktivitas luar rumah maupun saat berkumpul bersama keluarga.

“Selain itu, untuk menghindari penularan dari mereka yang terinfeksi virus Corona dengan status orang tanpa gejala,” kata Ika.

Lebih lanjut, ia mengatakan, selain pencegahan melalui prokes, petugas juga melakukan tracking dan swab test kepada yang pernah kontak dengan pasien positif covid-19.

Selain itu, petugas juga bersama dari relawan PMI dan BPBD rutin melakukan penyemprotan disinfektan ke tempat yang berpotensi menimbulkan penularan, seperti rumah warga yang terkonfirmasi positif.

“Kami saling koordinasi melakukan upaya tindak pencegahan dari prokes sampai penanganan,” terang Ika Rohantika.

baca juga: Peduli Covid-19, NPCI Ciamis Salurkan Ribuan Masker dan Sembako

BPBD Rutin Penyemprotan

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjar, Dedi Suardi, mengatakan, untuk mendukung upaya pencegahan covid-19 itu pihaknya rutin melakukan penyemprotan disinfektan.

Baik penyemprotan di area publik, perkantoran, maupun setiap lingkungan rumah warga ketika ada kasus warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kita rutin seminggu tiga kali untuk penyemprotan cairan disinfektan. Itupun selain yang bersifat emergency seperti adanya tracking kasus positif,” ujarnya (Muhlisin/R6/HR-Online)

The post Ingatkan Prokes, Dinkes Kota Banjar Imbau Masyarakat Waspadai Kluster Keluarga appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/ingatkan-prokes-dinkes-kota-banjar-imbau-masyarakat-waspadai-kluster-keluarga/

Sinopsis Film Patient Zero, Mencari Penawar untuk Wabah Mengerikan

Sinopsis Film Patient Zero

Sinopsis film Patient Zero adalah sebuah kisah film yang mengusung genre horror thriller. Aksi dari cerita film ini merupakan sebuah karya sutradara Stefan Ruzowitzky dengan penulis skenario Mike Le dan juga sang produser yakni Vincent Newman.

Film yang telah rilis pada tahun 2018 silam ini menjadi salah satu film populer yang mampu meraih perhatian penonton atau penikmat film horor.

Baca Juga: Sinopsis Film Bunraku, Aksi Balas Dendam Kematian Sang Ayah

Banyak sekali bintang yang bertebaran yang memerankan berbagai karakter. Seperti Matt Smith, Natalie Dormer, Agyness Deyn, Clive Standen, Stanley Tucci, serta banyak pemeran lain yang juga merupakan aktor dan artis berbakat.

Sinopsis Film Patient Zero

Film horor ini menceritakan tentang segerombolan orang yang berhasil selamat dari wabah infeksi virus rabies manusia. Infeksi tersebut mengakibatkan efek yang luar biasa mengerikan serta berbahaya. Karena, orang yang terinfeksi akan menyerupai zombie.

Film ini menghadirkan kisah tentang kondisi dunia yang tengah terjangkit sebuah wabah rabies mutasi. Rabies tersebut akhirnya menyebar dari binatang kepada manusia.

Sedangkan, orang yang terjangkit wabah tersebut mencapai 7 miliar lebih, baik yang hanya terinfeksi maupun yang telah mati. Lalu, banyak orang dalam sinopsis film Patient Zero berusaha menghentikan wabah yang terus meneror setiap orang. 

Sekelompok warga sipil, ilmuwan, hingga militer yang berada dalam pangkalan nuklir bawah tanah berusaha menemukan cara. Kemudian, juga penyebab terjadinya fenomena penyakit mengerikan tersebut.

Obat yang dapat menyembuhkan semakin giat mereka cari demi menyelamatkan kehidupan. Orang-orang tersebut adalah Morgan (Matt Smith), Dokter Virology Gina Rose (Natalie Dormer), serta kolonel Knox (Clive Standen).

Baca Juga: Sinopsis Anaconda 3: Offspring, Perburuan Kembali Ular Raksasa Ganas

Dalam sinopsis film Patient Zero, mereka berusaha menginterogasi orang yang tengah terinfeksi. Sementara itu, orang-orang yang terinfeksi mereka sebut dengan The Infected, juga memiliki tingkat kepintaran yang tinggi.

Pencarian Penyebab dan Penawar Rabies

Kisah mereka berawal dengan Janet (Agyness Deyn), istri Morgan yang justru terinfeksi rabies dalam suatu perjalanan. Sementara itu, Morga tak terinfeksi.

Dengan kondisi yang tak terinfeksi tersebut menjadikannya dapat berkomunikasi langsung dengan The Infected. Morgan yang memiliki kemampuan istimewa tersebut terus berusaha menemukan penawar untuk penyakit mengerikan tersebut.

Salah satu yang harus ia lakukan adalah dengan menemukan Patient Zero, yakni orang yang pertama kali terinfeksi rabies. Perjalanannya dalam menemukan penawar rupanya tak selalu berjalan mulus.

Banyak hal yang menjadi penghalang untuk menuntaskan misinya dalam sinopsis film patient Zero. Ia bersama dengan kolonel Knox dan juga Gina Rose melakukan penyelidikan terhadap The Infected. Namun, ketegangan terjadi semakin berat saat ketiganya justru terlibat cinta segitiga.

Kemudian, dalam usaha mencari penawar dan penyebab utama, mereka bertemu dengan seseorang yang terinfeksi rabies. Akan tetapi, The Infected itu tak menunjukkan bahaya yang dapat menyerang atau berbahaya lainnya.

The Infected tersebut mengaku jika ia adalah seorang profesor (Stanley Tucci). Kemudian, ia menjelaskan kepada Morgan dan kawan-kawan jika ia juga menemukan sebuah hasil mengenai wabah tersebut.

Yang mana justru ada akhirnya menuduh jika Morgan yang menjadi Patient Zero yang dapat mengancam kehidupan manusia. Lalu, profesor itu pun berusaha untuk membunuhnya.

Film Horor Thriller Terlaris dan Populer 2018

Sinopsis film Patient Zero merupakan sebuah film yang laris manis sejak perilisan 14 September 2018 silam. Ia menjadi salah satu film aksi horor Amerika Serikat yang menegangkan serta menyedot banyak perhatian penyuka film genre seperti ini.

Lalu, hal tersebut menjadikan Patient Zero meraih rating 11 persen dari kritikus film serta 23 persen dari penonton dalam situs Rotten Tomatoes. Sedangkan, untuk situs IMDb, film ini meraih skor 4,4 dari 10 skor.

Pemeran Film

Banyak sekali artis dan juga aktor berbakat yang membintangi film ini, mereka adalah Matt Smith sebagai Morgan, Natalie Dormer sebagai Dr. Gina Rose, dan juga Clive Standen sebagai kolonel Knox.

Sementara itu, sang profesor telah dengan apik diperankan oleh Stanley Tucci. Agyness Deyn memerankan karakter Janet, John Bradley sebagai Scooter, dan Pippa Bennett Warner sebagai Linda.

Selain itu, terdapat pemeran pendukung lain yang juga ikut menyukseskan sinopsis film Patient Zero, seperti Frederick Schmidt dan James Northcote. Kemudian ada pula Colin McFarlane, Evie Wray, dan masih banyak lagi. (R10/HR-Online)

The post Sinopsis Film Patient Zero, Mencari Penawar untuk Wabah Mengerikan appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/sinopsis-film-patient-zero/

Drama Korea Live On, Mulai Tayang 17 November di JTBC

Drama Korea Live On

Drama Korea Live On akan menjadi daftar drama favorit yang sebentar lagi segera tayang di layar kaca. Tentu saja ini menjadi kabar gembira bagi para pecinta drama Korea.

Drama Korea tersebut adalah drama besutan JTBC. Belum lama ini, JTBC telah merilis sederet foto-foto karakter yang akan bermain dalam drama terbaru ini.

Drama ini merupakan drama romantis yang mana mempunyai dua karakter utama sangat berbeda. Namun, karena hal inilah yang membuat setiap kisahnya menjadi unik dan seru untuk kita saksikan.

Karakter pertama adalah Jung Da Bin yang akan berperan sebagai Baek Ho Rang. Ia merupakan seorang selebriti sekaligus influencer terkenal dari SMA Seo Yeon.

Sedangkan untuk karakter kedua dalam drama ini adalah Minhyun NU’EST yang akan berperan sebagai Go Eun Taek. Siapa sangka ia hanyalah seorang siswa biasa.

Baca Juga: Drama Moon Chae Won dengan Kumpulan Kisah-Kisah Seru

Pastinya anda mulai sangat penasaran dengan kisah cinta dari kedua tokoh ini bukan? Sebelum anda menyaksikannya secara langsung, simak terlebih dahulu sinopsis dan detail dramanya berikut ini!

Sinopsisi Drama Korea Live On

Kisah percintaan keduanya berawal ketika Baek Ho Rang bertemu dengan Go Eun Taek dalam klub penyiaran. Lucunya, Baek Ho Rang yang sebagai selebriti Seo Yeon High School ini memutuskan bergabung ke klub penyiaran bukan tanpa alasan begitu saja.

Ia masuk ke dalam klub tersebut dengan sejumlah motif yang mencurigakan. Pada saat yang sama, Go Eun Taek adalah seorang kepala dari klub penyiaran sekolah tersebut.

Kisah seru keduanya semakin terlihat ketika ada Do Woo Jae yang dimainkan oleh Noh Jong Hyun. Ia memiliki tanggung jawab untuk membantu dalam menjaga hal-hal teratur dalam Seo Yeon High School.

Baca Juga: Drama Korea Delayed Justice Segera Tayang di SBS dan VIU

Do Woo Jae, berteman dekat bersama Go Eun Taek, karena mereka berdua telah berbagi penghargaan demi menempatkan logika dan juga rasionalisme di atas segalanya. Dalam drama Korea Live On ini, tidak hanya menceritakan kisah ketiga tokoh tersebut.

Akan tetapi, juga ada Ji So Hyun yang akan berperan sebagai Yang Hye Ji. Ia merupakan wakil kepala dari klub penyiaran sekolah tersebut.

Selain itu, ia juga menjadi seorang siswa dengan sifat suka bekerja keras dan berhasil meraih nilai-nilai yang sangat mengesankan. Kisah dalam drama yang sangat menarik bukan?

Maka dari itulah, jangan lewatkan drama yang satu ini. Drama Live On ini akan mulai tayang dalam saluran JTBC mulai tanggal 17 November yang akan datang.

Sederet Para Pemain Drama Korea Live On

Dalam drama Korea terbaru ini akan dibintangi oleh sejumlah aktris dan aktor ternama serta berbakat. Dengan paras yang cantik dan tampan, tentu saja mampu mencuri perhatian setiap penggemar drakor.

Mau tahu siapa saja para pemain dalam drama Korea Live On ini? Berikut ini adalah daftar-daftarnya untuk anda.

  1. Minhyun sebagai Go Eun Taek
  2. Jung Da Bin sebagai Baek Ho Rang
  3. Ro Jong Hyun sebagai Do Woo Jae
  4. Yang Hye Ji sebagai Ji So Hyun
  5. Yeon Woo berperan sebagai Kang Jae Yi
  6. Choi Byung Chan berperan sebagai Kim Yoo Shin
  7. Yang Jung Yeon berperan sebagai Hee Won
  8. Lee Se Hee berperan sebagai Jung Hee Soo
  9. Woo Da Vi berperan sebagai Eun Ha
  10. Ji Ui Jung berperan sebagai Ho Rang’s classmate
  11. Choi Su Jin berperan sebagai Ho Rang’s classmate
  12. Kang Hae Lim berperan sebagai Park Hye Rim

Detail Drama Korea Live On

Drama Korea ini merupakan hasil karya dari director Kim Sang Woo dan juga penulis berbakat Bang Yoo Jung. Drama Live On ini akan tayang dengan 8 episode.

Live On yang akan tayang dalam JTBC ini terjadwal setiap hari Selasa pukul 21.30 dengan bahasa Korea. Bagi anda yang sudah tidak sabar dengan drama asal Korea Selatan ini, menjelang peluncuran drama tersebut, pihak produksi telah mulai merilis teasernya.

Dalam unggahan video yang baru rilis tersebut, terlihat Go Eun Taek yang tengah memimpin sebuah siaran radio sekolahnya. Lalu, bagaimana kelanjutan dari kisahnya, silahkan saksikan teaser drama Korea Live On ini segera. (R10/HR-Online)

The post Drama Korea Live On, Mulai Tayang 17 November di JTBC appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/drama-korea-live-on/

Desain Arsitektur Lanskap, Kenali Lebih Dalam di Sini!

Desain Arsitektur Lanskap, Kenali Lebih Dalam Disini!

Desain arsitektur lanskap identik dengan ruang terbuka yang kompleks dan memiliki nilai estetika tinggi. Sebelum mengaplikasikan ini, anda harus mengenal mengenai apa itu arsitektur lanskap.

Biasanya desain lanskap memadukan berbagai interaksi serta unsur air, udara, batu, hewan, manusia, dan tumbuhan. Yang mana tidak hanya menambah keindahan, namun memiliki nilai fungsional. Lalu berperan besar dalam menyelamatkan lingkungan hidup.

Baca Juga: Elemen Pembentuk Ruang Interior dalam Suatu Bangunan

Arsitektur berkaitan erat dengan desain maupun konstruksi suatu bangunan. Sedangkan arsitektur lanskap ini memiliki fokus pada tanaman lingkungan atau area luar bangunan.

Mengenal Desain Arsitektur Lanskap

Secara umum, arsitektur lanskap mencakup bidang besar untuk mencapai keseimbangan lingkungan yang akan anda bangun serta lingkungan alami. Arsitektur ini memiliki fokus pada lanskap, meliputi tumbuhan serta ruang terbuka lainnya.

Arsitektur ini secara akademis merupakan proses formal studi desain serta konstruksi. Yang mana lanskap ini mereka bangun untuk memenuhi aspirasi orang yang bersangkutan. Sehingga arsitektur ini melibatkan membingkai proyek perencanaan yang tepat.

Daerah-daerah yang terkena dampak perubahan dan mengalami kerusakan parah sangat membutuhkan arsitektur lanskap. Sebab tujuan dari proyek perencanaan ini adalah untuk secara langsung membentuk kembali lanskap yang rusak.

Desain arsitektur lanskap ini membutuhkan pendekatan multidisiplin yang melibatkan ilmu lingkungan, seni, ekologi, dan lain sebagainya. Yang mana mengarahkan hasil untuk memulihkan lahan yang terancam punah hingga keamanan lingkungan.

Konsep Arsitektur Lanskap

Mungkin sebagian besar orang mengira arsitektur lanskap berkaitan dengan urusan dunia taman atau tukang kebun profesional. Namun perlu anda pahami bahwa desain arsitektur ini merupakan seni yang sangat luas dengan skala proyek bervariasi.

Tidak jarang arsitektur ini dapat mencakup sebuah area yang luas. Mulai dari desain dengan konsep urban, fasilitas umum, ruang terbuka, hingga detail pada konstruksi.

Baca Juga: Inspirasi Kitchen Set dengan Konsep Minimalis yang Unik dan Elegan

Sehingga dapat kita simpulkan bila seni arsitektur ini cukup vital fungsinya. Baik itu dalam menentukan ruang publik yang ramah pakai serta kontribusi tinggi terhadap masyarakat.

Desain arsitektur lanskap juga memiliki peran penting dalam pembangunan sebuah negara secara global. Indonesia sendiri, arsitektur ini tidak hanya penataan berbasis lahan. Namun juga mementingkan sifat daerah tropis dengan memperhitungkan potensi serta bencana alam.

Baca Juga: Motif Keramik Dinding Kamar Mandi Cantik dan Artistik

Sehingga seni arsitektur ini akan membawa keuntungan, baik untuk jangka pendek maupun panjang. Dengan meningkatkan keindahan, kenyamanan, keselarasan, serta keamanan lingkungan.

Manfaat Arsitektur Lanskap

Arsitektur lanskap secara jangka panjang dapat memperbaiki dan menyelamatkan lingkungan. Hal ini karena desain lingkungan akan terbentuk sedemikian rupa untuk pemenuhan kebutuhan manusia. Baik itu dalam kebutuhan alam yang efisien, tidak merusak sumber daya alam, serta menunjang kehidupan sosial ekonomi.

Menggunakan desain arsitektur lanskap dapat menciptakan tempat tinggal yang lebih baik daripada sebelumnya. Mulai dari segi kependudukan, hubungan dengan alam, hingga struktur kualitas hidup yang lebih baik.

Secara garis besar, arsitektur ini mampu meningkatkan kualitas hidup karena dapat memperbaiki kelestarian lingkungan sekitarnya. Selain itu, juga dapat memberikan ketenangan dengan hadirnya tempat yang berdampak dan bermanfaat untuk banyak orang.

Membuat Arsitektur Lanskap

Dalam membuat rancangan arsitektur lanskap sendiri anda bisa memulainya dengan mudah cukup menggunakan media kertas saja. Anda bisa memulainya dengan membuat grid dasar. Jangan lupa untuk mengukur daerah yang akan anda bangun.

Kemudian dalam menggambar sketsa desain arsitektur lanskap, anda bisa menjiplak berbagai bentuk komposisi, jalur, serta proporsi. Jangan abaikan penempatan sistem irigasi dan pencahayaan, listrik untuk pompa kolam, dan akses. Dalam hal ini, anda bisa memulai untuk menambahkan warna sebagai visualisasi.

Pahami juga mengenai apa yang anda gambar dalam perencanaan lanskap ini. Umumnya desain ini menggunakan simbol untuk menunjukan taman, bahan hardscape, tumbuhan, serta berbagai fitur arsitektur.

Anda harus memahami setiap gambar serta simbol yang anda gunakan dalam desain ini. Kemudian jangan lupa untuk memeriksa rancangan akhir anda. Hal ini untuk memastikan anda memiliki simbol yang tepat pada tempatnya.

Itulah beberapa ulasan mengenai desain arsitektur lanskap. Arsitektur ini dapat memberikan tampilan bangunan yang mampu mengusung nilai estetika. Terlebih lagi dengan banyaknya manfaat yang sangat baik untuk keseimbangan alam. (R10/HR-Online)

The post Desain Arsitektur Lanskap, Kenali Lebih Dalam di Sini! appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/desain-arsitektur-lanskap/

Korban Gempa Rumah Rusak di Ciamis Terus Bertambah

Korban gempa rumah rusak di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terus bertambah. Foto: Suherman/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Korban gempa rumah rusak di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terus bertambah. Gempa Pangandaran berkekuatan 5,9 SR yang terjadi pada hari Minggu (25/10/2020), mengakibatkan kerusakan sejumlah rumah milik warga Tatar Galuh.

Sederat rumah warga mengalami kerusakan. Seperti halnya empat rumah warga Desa Sukajaya, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, mengalami kerusakan akibat guncangan gempa yang terjadi kemarin.

Sekretaris Desa Sukajaya, Ani Yuningsih, mengatakan, ada rumah warganya yang mengalami kerusakan akibat gempa Pangandaran.

“Hingga hari ini kami sudah mengecek ke lapangan. Ada empat rumah warga yang saat gempa mengalami kerusakan,” katanya, kepada HR Online, Senin (26/10/2020).

Baca Juga : Janji Tak Kunjung Tiba, Korban Gempa Bumi di Ciamis Akan Beraksi Lagi

Ani menyebutkan, empat rumah yang rusak masing-masing milik Edah dan Uju, warga Dusun Sukamaju, RT. 21/06. Kemudian, rumah milik Holidin, warga Dusun Sukamaju, RT. 23/06, dan rumah milik Muklis, warga Dusun Kertajaya, RT. 06/02.

“Korban gempa rumah rusak rata-rata mengalami kerusakannya pada bagian atap. Ada pula yang rusak pada bagian dindinnya. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian gempa kemarin. Hanya saja korban mengalami kerugian jutaan rupiah,” terang Ani.

Sementara itu, FK Tagana Kabupaten Ciamis, Baehaki Efendi, mengatakan, sampai saat ini jumlah korban gempa rumah rusak terus bertambah.

“Hingga hari ini kami juga masih terus menerima laporan dari setiap desa. Untuk wilayah Kabupaten Ciamis, saat ini sudah masuk sekitar 53 rumah yang rusak,” ungkapnya. (Suherman/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

The post Korban Gempa Rumah Rusak di Ciamis Terus Bertambah appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/korban-gempa-rumah-rusak-di-ciamis-terus-bertambah/

Wali Kota Ditahan KPK, Roda Pemerintahan Tasikmalaya Tetap Berjalan

Wali Kota ditahan KPK karena kasus dugaan suap, Wakil Wali Kota Tasikmalaya, H. Muhammad Yusuf, menegaskan bahwa roda pemerintahan Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, akan terus berjalan. Foto: Apip Wilianto/HR.

Berita Tasikmalaya (harapanrakyat.com),- Wali Kota ditahan KPK karena kasus dugaan suap, Wakil Wali Kota Tasikmalaya, H. Muhammad Yusuf, menegaskan bahwa roda pemerintahan Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, akan terus berjalan.

Hal itu Wakil Wali Kota Tasikmalaya sampaikan saat menggelar konferensi pers, bertempat depan Kantor Setda Kota Tasikmalaya, Senin (26/10/2020).

“Hari ini saya akan memberikan penjelasan seputar keberadaan wali kota yang kemarin pada hari Jum’at, tanggal 23 Oktober 2020, KPK resmi menahannya. Apa yang beliau alami saat ini tentunya salah satu dari konsekwensi jabatan. Mau tidak mau, suka tidak suka harus beliau hadapi. Namun pada intinya, roda pemerintahan Kota Tasikmalaya akan terus berjalan,” ungkap Muhammad Yusuf.

Baca Juga : Wali Kota Tasikmalaya Ditahan KPK Terkait Dugaan Suap Rp 700 Juta

Selain itu, ia juga menyampaikan keprihatinan yang sangat mendalam atas penahanan Wali Kota Tasikmalaya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Wakil Wali Kota Tasikmalaya, Muhammad Yusuf pun berharap proses hukum dapat berjalan lancar, serta menghasilkan putusan yang seadil-adilnya.

“Saya sebagai wakil negara yang baik menghormati proses hukum yang sedang berjalan. Sebagai manusia biasa, wali kota tidak luput dari kesalahan dan kelemahan. Apapun yang terjadi saat ini sudah kehendak dan ketentuan dari Allah SWT yang harus kita terima dengan ikhlas dan penuh kesabaran,” ucap Muhammad Yusuf. (Apip/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

The post Wali Kota Ditahan KPK, Roda Pemerintahan Tasikmalaya Tetap Berjalan appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/wali-kota-ditahan-kpk-roda-pemerintahan-tasikmalaya-tetap-berjalan/

Peduli Covid-19, NPCI Ciamis Salurkan Ribuan Masker dan Sembako

Peduli Covid-19, NPCI Ciamis Salurkan Ribuan Masker dan Sembako

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Sebagai bentuk kepedulian dan juga pencegahan Covid-19, Nasional Paralympic Committe Indonesia atau NPCI Kabupaten Ciamis memberikan bantuan berupa masker dan sembako kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis, Senin (26/10/2020).

Ketua NPCI Kabupaten Ciamis, Oman Heryadi mengatakan, pemberian masker dan sembako ini merupakan bentuk sumbangsih dari NPCI dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan bersinergi dengan Pemerintah.

Bantuan tersebut berupa masker sebanyak 5 ribu untuk Pemda Ciamis.

2 ribu masker untuk TNI dan Polri, serta 100 sembako untuk kaum disabilitas.

Oman berharap, dengan adanya bantuan ini, semoga dapat bermanfaat bagi semua pihak, termasuk bisa mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Ciamis.

“Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi masyarakat Ciamis, dan Covid-19 bisa segera berakhir. Supaya kita bisa hidup normal kembali,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya mengatakan, bantuan masker ini berupa kepedulian dari NPCI Kabupaten Ciamis terhadap pencegahan Covid -19.

Pihaknya akan segera menyalurkan bantuan masker ini kepada masyarakat Kabupaten Ciamis.

“Saya mengucapkan terimakasih, kepada NPCI Kabupaten Ciamis atas kepedulianya atensinya kepada masyarakat Kabupaten Ciamis,” kata Herdiat.

Menurutnya, kondisi Covid-19 saat ini sampai hari kemarin trekcingnya naik terus. Konfirmasi positif ada 193 orang, dengan rincian sembuh 112 orang, isolasi mandiri 67 orang, melakukan perawatan 5 orang dan meninggal dunia 9 orang.

“Kita terus sosialisasi kepada masyarakat untuk menekan agar kasus Covid-19 tidak naik terus, menghimbau dan mengajak masyarakat agar menerapkan 3M memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” pungkasnya. (Ferry/R8/HR Online)

Editor: Jujang

The post Peduli Covid-19, NPCI Ciamis Salurkan Ribuan Masker dan Sembako appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/peduli-covid-19-npci-ciamis-salurkan-ribuan-masker-dan-sembako/

Intensitas Hujan Tinggi di Langkaplancar Pangandaran Harus Diwaspadai

Intensitas hujan tinggi, Camat Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, mengimbau warganya untuk meningkatkan kewaspadaan. Foto: Enceng/HR.

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Intensitas hujan tinggi, Camat Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

“Tiap hari hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Langkaplancar. Untuk itu, saya selau mengingatkan masyarakat, baik secara langsung atau melalui instruksi kepada desa untuk meningkatkan kewaspadaan,” kata Camat Langkaplancar, Deni Ramdani, Senin (26/10/2020).

Baca Juga : Menghindari Sambaran Petir di Musim Hujan

Karena akhir-akhir ini intensitas hujan tinggi, Deni juga mengingatkan masyarakat agar menghindari daerah-daerah yang rawan longsor, dan pohon tumbang. Serta ancaman bencana lainnya. Mengingat wilayah Kecamatan Langkaplancar merupakan daerah pegunungan dan perbukitan.

Sedangkan, bagi masyarakat yang rumahnya berdekatan dengan tebing dan dianggap rawan longsor, sebaiknya hindari dulu. Apalagi ketika hujan lebat dan angin kencang.

“Intinya utamakan keselamatan jiwa. Segera laporkan kepada pemerintah desa setempat jika ada musibah, dan pemdes harus cepat respon. Saya berharap musim hujan ini tidak menimbulkan musibah apapun. Namun menjadi berkah dan barokah bagi kita semua,” harapnya. (Cenk/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

The post Intensitas Hujan Tinggi di Langkaplancar Pangandaran Harus Diwaspadai appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/intensitas-hujan-tinggi-di-langkaplancar-pangandaran-harus-diwaspadai/

Sinopsis Over The Moon, Petualangan ke Bulan Buktikan Chang’e

Sinopsis Over The Moon Petualangan ke Bulan Buktikan Chang'e

Sinopsis Over The Moon menceritakan petualangan Fei yang mempercayai mitos Chang’e. Film Over The Moon merupakan film animasi musikal yang tayang perdana pada 23 Oktober 2020.

Over The Moon merupakan karya dari produser Gennie Rim dan Pelini Chou. Merupakan arahan dari sutradara animator pemenang Oscar, yaitu Glen Keane. Kebetulan film ini adalah debut penyutradaraannya yang pertama.

Film ini adalah adaptasi dari kisah mitologi China yang berkaitan dengan Dewi Bulan. Terinspirasi oleh Festival Bulan Musim Gugur yang dirayakan pada hari ke-15 bulan ke-8 sebagai budaya Asia.

Baca Juga: Sinopsis Fortress 2: Re-Entry, Upaya Pelarian dari Penjara Luar Angkasa

Turut merangkul artis ternama seperti John Cho, Sandra Oh, Ken Jeong, dan masih banyak lagi. Hal ini adalah bentuk Netflix yang semakin melebarkan sayapnya ke dunia film animasi. Film ini menyemarakkan platform streaming Netflix.

Sinopsis Over The Moon

Menjelang penayangan film ini terdapat trailer terbaru. Menggambarkan kisah perjalanan Fei Fei (Cathy Ang). Fei adalah perempuan yang memiliki kecerdasan luar biasa.

Bahkan Fei memiliki ketertarikan terhadap sains. Karena kecerdasannya Fei membangun sebuah roket. Tujuannya agar bisa pergi ke bulan.

Fei sejak lama tertarik pada mitologi China. Sampai akhirnya berkeinginan untuk pergi ke bulan dan membuktikannya. Fei sangat antusias dalam hal ini karena beranggapan bahwa akan mendapatkan hasil yang fantastis.

Kisah sinopsis Over The Moon ini bermula saat Fei masih usia anak-anak. Saat itu Fei dan keluarganya piknik bersama. Momen inilah yang membuat Fei tertarik pada Dewi Bulan.

Hal ini karena sang ibu menceritakan keberadaan Chang’e. Sosok Chang’e merupakan Dewi Bulan yang sedang menunggu kekasih hatinya di Bulan. Cerita ibunya itu membuat hati Fei tergugah.

Tak hanya itu, masyarakat sekitar memang mempercayai keberadaan Chang’e sebagai Dewi Bulan. Namun, mereka tidak memiliki antusias seperti Fei. Hanya sekedar percaya dan tidak mau tahu.

Ketika beranjak remaja Fei semakin yakin dengan cerita ibunya saat kecil dulu. Setelah ibunya meninggal, kepercayaan ini membuat Fei tidak sabar lagi membuktikannya.

Ny. Zhong

Permasalahan pada sinopsis Over The Moon pertama kali muncul saat ayah Fei bertemu dengan Ny. Zhong. Perempuan yang tidak Fei sukai sebab akan menggantikan posisi ibunya yang sudah meninggal. Hingga Fei juga menilai bahwa ayahnya sudah melupakan sang ibu.

Baca Juga: Sinopsis Film Ghost Storm, Roh Jahat Badai Supranatural

Meskipun tidak begitu suka, Fei berusaha untuk bisa membaur dengan keadaan yang seperti sekarang ini. Bahkan Fei berusaha menerima kedatangan Ny. Zhong. Walaupun berat rasanya harus menerima takdir ini.

Hingga pada saat ada jamuan makan, Fei menceritakan kembali tentang Chang’e. Cerita yang Fei ungkapkan justru mendapat tanggapan berupa guyonan oleh seluruh anggota keluarganya.

Akibat lelucon yang keluarganya lontarkan semakin membulatkan tekad untuk memberikan bukti pada keluarganya. Fei memiliki niat untuk bisa pergi ke bulan. Berbekal dengan keahliannya terhadap matematika dan sains, akhirnya Fei membuat roket.

Roket Impian

Dalam sinopsis Over The Moon tampak Fei mulai menggarap roket impiannya. Perlu usaha yang sangat keras agar bisa menciptakan roket tersebut. Tak ada yang mudah dalam menempuh usaha agar bisa ke bulan.

Bahkan Fei melibatkan kawan-kawannya dalam pembuktian Chang’e sang Dewi Bulan. Chang’e merupakan mitos yang terpisah dengan kekasihnya. Hal ini karena Chang’e meminum ramuan ajaib yang membuatnya terbang ke bulan.

Namun, tujuan utama Fei tidak untuk membuktikan kebenaran mitos yang ada. Tetapi Fei ingin menunjukkan kepada ayahnya akan cinta sejati. Agar ayahnya percaya dan bisa kembali mengingat sang ibu yang sudah meninggal.

Hal ini karena ketakutan Fei yang mulai melupakan kenangan indah bersama ibunya. Fei tidak ingin ayahnya serta merta menerima orang baru sebagai pacarnya. Singkatnya Fei ingin segera menyadarkan ayahnya.

Bulan

Sinopsis Over The Moon menunjukkan bahwa Fei berhasil mencapai ke bulan. Banyak hal aneh yang Fei temukan saat di bulan. Bahkan Fei menemukan sebuah kampung yang baginya sangat aneh.

Makhluk yang Fei lihat juga berbeda dengan makhluk yang ada di bumi. Fei berharap misinya kali ini bisa terpenuhi. Sempat tak percaya bahwa Fei bisa mendarat dengan selamat di bulan.

Antusias kawan-kawannya yang turut mengikuti Fei juga terlihat. Bahkan mereka juga tak sabar melihat lingkungan kampung Chang’e sang Dewi Bulan.

Apakah Fei berhasil menyadarkan ayahnya? Bagaimana kelanjutan kisah dari sinopsis Over The Moon? Saksikan film ini untuk menemukan jawabannya. (R10/HR-Online)

The post Sinopsis Over The Moon, Petualangan ke Bulan Buktikan Chang’e appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/sinopsis-over-the-moon/

Raja Galuh Ciamis Dinobatkan Sebagai Tokoh Budaya Nusantara

Tokoh Budaya Nusantara

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Raden Rasich Hanif Radinal, budayawan Ciamis, Jawa Barat menerima penghargaan dari Pangeran Raja Abdulgani Natadiningrat. Pangeran Raja Abudlgani Natadiningrat dari Kacirebonan IX tersebut menobatkan Raden Hanif sebagai Tokoh Budaya Nusantara.

Penghargaan juga diberikan kepada Raden Hanif sebagai Human Excelence 2020 dari Yayasan Peduli Anak Indonesia yang dipimpin oleh BRAy Erna Santoso. Pemberian penghargaan tersebut juga dalam rangka perayaan 75 tahun PBB.

Pemberian penghargaan di Kesultanan Cirebon pada Sabtu, 24 Oktober 2020 lalu itu, dihadiri oleh sejumlah Raja-raja nusantara, para budayawan, dan anggota Sarikat Dagang Indonesia. Terlihat hadir juga Wakil Walikota Tegal. Sementara motor penggerak acara ini adalah seorang pejuang perdamaian sekaligus sutradara film, Damien Dematra.

“Benar kemarin baru saja mendapatkan penghargaan. Semoga langkah dan niat kami ini dalam mempersiapkan generasi Indonesia utk 100 tahun Sumpah Pemuda 2028 dan 100 tahun Indonesia Emas 2045 mendapat Ridho Tuhan Yang Maha Esa. Tak luput terima kasih kepada semua sahabat. Persahabatan ini tak akan lekang oleh waktu,” ujar budayawan yang pernah dinobatkan sebagai Raja Galuh, Senin (26/10/2020).

Raja Galuh yang baru dinobatkan sebagai Tokoh Budaya Nusantara ini berpesan kepada seluruh elemen masyarakat, khususnya pemerintah dan akademisi untuk menjaga dan melestarikan adat tradisi budaya yang ada di nusantara.

Ia menyebut tradisi budaya merupakan sebagai aset, jati diri dan pemersatu bangsa dalam frame Bhineka Tunggal Ika. Salah satunya dengan mengusung adanya hari Budaya Nasional maupun Internasional. 

“Khusus sehubungan dengan Kebudayaan di Ciamis, budaya Kegaluhan adalah budaya yang sangat dikenal secara luas (international). Kegaluhan mempunyai nilai-nilai yang sangat adhiluhung. Sehingga kita patut berbangga dan menjadikan spirit dalam pembangunan kabupaten Tatar Galuh Ciamis,” pungkasnya.

Raden Rasich Hanif Radinal sendiri saat ini ditunjuk sebagai Plt Ketua Forum Silaturahmi  Keraton Nusantara (FKSN). Raden Hanif menggantikan jabatan ketua sebelumnya yakni PRA Arief Natadiningrat, Sultan Sepuh Cirebon yang meninggal beberapa waktu lalu. (Fahmi/R7/HR-Online)

Editor: Ndu

The post Raja Galuh Ciamis Dinobatkan Sebagai Tokoh Budaya Nusantara appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/raja-galuh-ciamis-dinobatkan-sebagai-tokoh-budaya-nusantara/

Laboratorium Pembentukan Bintang dan Planet dengan Simulasi MRI

Laboratorium Pembentukan Bintang dan Planet

Laboratorium pembentukan bintang dan planet merupakan sebuah metode paling baru yang para ilmuwan buat. Tempat ilmiah tersebut telah ilmuwan ungkap pada sebuah laboratorium Fisika Plasma Princeton (PPPL) untuk Departemen Energi Amerika Serikat.

Mereka mengembangkan sebuah metode terbaru untuk menjelaskan bagaimana planet dan juga bintang dalam tata surya terbentuk. Meskipun saat ini, pembentukan dari benda-benda langit itu masih belum menemukan bukti, sebab banyak macam versi dari para ilmuwan.

Laboratorium Pembentukan Bintang dan Planet

Belum lama ini, para ilmuwan dalam sebuah Laboratorium di Departemen Energi di Amerika Serikat telah mengembangkan sebuah metode paling baru.

Princeton Plasma Physics Laboratory (PPPL) tersebut membuat tempat ilmiah untuk memverifikasi adanya teori tentang pembentukan planet dan juga bintang.

Mereka pun akhirnya memberikan persembahan sebuah simulasi yang mereka sebut dengan nama simulasi eksperimen MRI (Magnetic Rotational Instability). MRI ini merupakan sebuah perangkat dari laboratorium yang unik.

Perangkat dalam laboratorium pembentukan bintang dan planet ini memiliki tujuan dalam mendemonstrasikan tentang proses MRI. Yang mana mereka telah yakin jika sudah mengisi kosmos dengan benda-benda langit.

Mengutip Phys.org, kosmos adalah sebuah kekosongan yang terdapat bintang-bintang serta planet-planet baru yang ada pada ruang luar angkasa tata surya. Akan tetapi, tentang pembentukan dari benda-benda langit tersebut tetap saja masih menjadi sebuah misteri yang harus terpecahkan.

Seperti yang telah banyak terungkap dari pernyataan penelitian para ilmuwan jika mereka (benda langit) terbentuk melalui gas dan debu antar bintang, tetap saja masih misterius.

Dengan hal tersebut terciptalah laboratorium yang akan sangat berguna dalam meneliti hal-hal tersebut. Perangkat MRI akan menduplikasi dari proses yang mengakibatkan awan debu kosmik serta plasma yang berputar menjadi bintang serta planet.

Baca Juga: Planet Mars Dekati Bumi Mulai 6 Oktober, Pertanda Apa?

Sistem Eksperimen MRI

Kemudian, perangkat MRI ini juga terdiri atas dua buah silinder konsentris dan berisi cairan yang berputar-putar dengan kecepatan berbeda pada laboratorium pembentukan bintang dan planet.

“Dalam simulasi yang kami jalankan, benar-benar dapat terlihat jika MRI berkembang dalam eksperimen tersebut,” kata Himawan Winarto, seorang mahasiswa pascasarjana Program PPPL.

Selanjutnya, pada eksperimen MRI, para ilmuwan telah menyatakan jika sistem sebaiknya memakai kekuatan medan magnet yang radial atau melingkar. Kekuatan medan magnet tersebut akan memiliki korelasi dengan ketidakstabilan turbulen.

Kemudian, hal tersebut mereka harapkan dapat membantu dalam menentukan sumber turbulensi. Salah satu mentor Himawan, Erik Gilson juga mengungkapkan tentang penelitian tersebut.

Ia mengungkapkan jika penelitian dalam laboratorium pembentukan bintang dan planet ini akan menarik untuk masa depan nantinya. Metode dengan menggunakan MRI akan dapat mereka pakai dalam memperoleh esensi MRI terhadap proses pembentukan planet dan juga bintang.

“Tujuan dari semua hal dari kami yaitu menunjukkan pada dunia jika kami telah melihat secara jelas akan efek MRI dalam laboratorium,” kata Gilson.

Simulasi yang mereka lakukan tersebut nyatanya telah menunjukkan hasil yang mengejutkan. Walaupun MRI pada umumnya bisa mereka lihat hanya dengan kecepatan putaran silinder yang tinggi.

Akan tetapi, metode yang terbaru menunjukkan jika ketidakstabilan bisa mereka lihat secara baik sebelum batas paling atas dari laju putaran eksperimen tercapai.

“Hal tersebut berarti jika kecepatan yang kami jalankan lebih mendekati proyek dalam melihat kemampuan MRI,” imbuh Himawan.

Baca Juga: Planet Super Panas WASP-189b Berwarna Biru Mampu Melelehkan Besi

Kendala Berat untuk Sumber MRI

Terdapat kendala yang cukup berat dalam melakukan eksperimen pada laboratorium pembentukan bintang dan planet atau menemukan sumber MRI. Hal tersebut adalah dampak lain yang bisa bertindak layaknya MRI, akan tetapi sebenarnya bukan prosesnya.

Terdapat efek manipulasi, yaitu ketidakstabilan Rayleigh. Memecah cairan hingga ke dalam ukuran yang lebih kecil serta sirkulasi Ekman yang mampu mengubah aliran fluida.

“Simulasi yang baru jelas menunjukkan jika MRI (daripada ketidakstabilan Rayleigh atau sirkulasi Ekman) telah mendominasi dari perilaku fluida. Hal tersebut sebagaimana kami harapkan dari MRI,” ucap Hilmawan.

Selanjutnya, Gulson juga menambahkan jika simulasi tersebut dapat berguna. Sebagai pengarah yang benar dalam penafsiran tentang beberapa hasil diagnostik dari eksperimen. Temuan yang memberi cahaya baru terhadap pertumbuhan bintang beserta planet yang mengisi alam semesta.

Jadi, dengan adanya laboratorium pembentukan bintang dan planet, memberikan gambaran yang lebih terang tentang proses pembentukan benda-benda langit. Kemudian, akan menjadi satu patokan dalam menelaah kembali tentang sisi misterius dari alam semesta kita. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

The post Laboratorium Pembentukan Bintang dan Planet dengan Simulasi MRI appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/laboratorium-pembentukan-bintang-dan-planet/

Template

Services

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service