Terapkan Prokes 3M, Kemenag Pangandaran Gelar Manasik Haji

Manasik Haji Pangandaran

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, melalui seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) mengelar bimbingan manasik haji bagi seluruh calon jamaah haji asal Pangandaran yang rencananya akan berangkat tahun 2021.

Calon jamaah haji yang mengikuti manasik haji tersebut merupakan jamaah tahun 2020 yang batal berangkat akibat Pandemi Covid-19.

Kepala Seksi Urusan Haji dan Umroh Kemenag Pangandaran, H. Ujang Sutaryat mengatakan, bimbingan manasik tingkat KUA Kecamatan di Pangandaran digelar dalam rangka pemantapan manasik haji yang telah dilakukan kelompok bimbingan ibadah haji dan umroh sebelumnya.

“Pelaksanaan bimbingan manasik ini nantinya akan dibagi menjadi 5 zonasi,” kata Ujang saat menjadi narasumber pada kegiatan Bimbingan Manasik Haji tingkat kecamatan yang digelar di MTsN 1 Pangandaran, Selasa (15/12/2020).

Ia menyebut ke-5 zona itu terdiri dari gabungan jamaah haji asal Kecamatan Pangandaran dan Kalipucang, zona selanjutnya Kecamatan Padaherang, Mangunjaya, Sidamulih, Cigugur dan Parigi. Zona Kecamatan Langkaplancar, serta zona Kecamatan Cimerak dan Cijulang.

“Alhamdulillah manasik haji bagi calon jamaah haji asal Kecamatan Pangandaran dan Kalipucang ini hadir semua. Oleh karena itu, saya mengucapkan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua jamaah yang sudah hadir 100%,” ujarnya.

Manasik Haji di Pangandaran Digelar dengan 3M

Meski dalam situasi Pandemi Covid-19, kegiatan manasik akan tetap digelar masing-masing tempat sesuai zona, namun dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Termasuk menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan dengan sabun).

“Kegiatan ini sudah mendapat izin dari tim satgas Covid-19,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, meski tahun 2020 manasik tingkat kecamatan telah dilakukan, manasik haji di tahun 2021 nantinya tetap akan digelar Kemenag.

“Bapak dan Ibu, nanti dalam anggaran  tahun 2021 ada lagi manasik, untuk tingkat Kabupaten sebanyak 2 kali pertemuan. Sementara untuk di tingkat kecamatan sebanyak 6 kali,” imbuhnya.

Bimbingan manasik haji tingkat Kecamatan Pangandaran menghadirkan Kepala Kemenag Pangandaran, Dr. H. Cece Hidayat, M.Si, Kasubag TU, Dr. H. Supriana, M.Pd, Kasi Penyelengara Haji dan Umroh, Dr. H. Ujang Sutaryat, M.Ag.

Adapun materi yang disampaikan seputar pelaksanaan ibadah, proses perjalanan mulai berangkat dari tanah air hingga pulang ke tanah air.

Kegiatan bimbingan manasik tingkat kecamatan selanjutnya akan diikuti oleh 104 jamaah haji asal Padaherang dan Mangunjaya di Gedung Dakwah Kecamatan Padaherang pada 16 Desember 2020 mendatang. (Enceng/R7/HR-Online)

Editor: Ndu

The post Terapkan Prokes 3M, Kemenag Pangandaran Gelar Manasik Haji appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/12/terapkan-prokes-3m-kemenag-pangandaran-gelar-manasik-haji/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • seobet88@gmail.com
  • +62 877 9462 8641