Suara Berdecit pada Mobil, Periksa Komponen Beltnya yang Bermasalah

Suara Berdecit Pada Mobil, Periksa Komponen Beltnya yang Bermasalah

Suara berdecit pada mobil bisa terjadi karena beberapa faktor. Hal ini bisa terpengaruh dengan adanya kerusakan pada komponen kendaraan. Anda perlu tahu sumber suara yang menghasilkan bunyi tersebut.

Mobil menjadi alat transportasi pribadi yang sudah sering digunakan untuk berbagai aktivitas. Baik untuk bekerja maupun aktivitas sehari-hari lainnya.

Terkadang pemilik mobil karena aktivitasnya yang sibuk jarang untuk melakukan perawatan. Apalagi bagi kendaraan yang sudah lama tidak terpakai, justru bisa bermasalah.

Sebab, komponen kendaraan tidak bekerja jika digunakan setiap saat. Hingga akhirnya justru komponen mengalami masalah. Salah satu masalah yang sering terjadi yaitu mobil yang mengeluarkan suara ketika dinyalakan pagi hari.

Hal ini akan sangat mengganggu dan menyebalkan. Mobil tua atau yang sudah lama tidak digunakan tentu akan mengalami hal ini. Maka dari itu, sebaiknya sebagai pemilik kendaraan untuk selalu merawat dan menjaga kondisi mobil meski hanya berdiam di rumah.

Sebagian besar orang bisa menganggap hal ini hanyalah sepele. Namun, alangkah sebaiknya anda tahu penyebabnya agar tahu seberapa parah kerusakan yang terjadi.

Baca Juga : Penyebab Rem Depan Mobil Macet, Akibat Tidak Adanya Perawatan Rutin

Agar bisa mengetahuinya, tentu perlu anda lakukan pengecekan pada komponen mobil. Jangan terburu-buru membawanya ke bengkel, mungkin hal ini bisa anda bereskan sendiri.

Jika anda tahu otomotif dan memiliki waktu luang, mengatasi suara berdecit pada mobil bisa dilakukan sendiri. Namun, bagi anda yang tidak tahu tentang dunia otomotif, jangan mencoba untuk melakukannya justru bisa menambah kerusakan.

Bawa ke bengkel terbaik untuk bisa mengatasi kerusakan pada kendaraan. Sehingga tidak memperbesar kerusakan yang terjadi pada kendaraan.

Sumber Suara Berdecit pada Mobil

Banyak pemilik mobil yang sering mengalami mobilnya berdecit. Namun, masih tetap mengabaikannya, padahal hal ini perlu anda tahu dari mana asalnya.

Saat mobil mulai menyala pada pagi hari, terkadang akan terdengar bunyi decitan yang berasal dari belt/sabuk. Sabuk pada mobil memiliki peranan untuk memutar komponen pada mesin kendaraan.

Komponen tersebut antara lain pompa oli, water pump, kompresor AC, altenator, dan masih banyak yang lainnya. Karena komponen tersebut bekerja secara terus-menerus, bahkan dari mobil mulai nyala hingga mati.

Karena alasan inilah mengapa belt memiliki masa penggunaan yang cukup singkat. Selain itu, komponen tersebut juga terletak pada pulley mesin yang cukup terbuka.

Sehingga belt akan mudah terkena lumpur, air, tanah, bahkan kerikil. Dari sinilah muncul suara berdecit pada mobil. Belt yang terlalu kotor dan sering terkena kotoran tentu akan menghasilkan suara yang kurang nyaman terdengar.

Gejala Belt Dressing

Asal suara berdecit pada mobil juga bisa karena gejala belt dressing. Gejala yang timbul ini merupakan adanya gangguan pada komponen yang bernama pulley.

Pulley mengering karena terkikis berbagai macam noda dan kotoran yang menempel pada belt. Sehingga perputaran yang dihasilkan pun kurang baik.

Baca Juga : Penyebab Mesin Overheat pada Mobil, Perhatikan 6 Hal Ini!

Namun, hal ini bisa terjadi pada mobil tua keluaran lama. Sebab, mesin mobil masih menggunakan sistem mekanis.

Pada mobil keluaran terbaru sudah memiliki kelengkapan komponen tensioner dan pre-tensioner. Kedua komponen tersebut berfungsi untuk selalu menjaga ketegangan sabuk.

Kualitas Sabuk

Masalah suara berdecit pada mobil juga bisa karena kualitas belt/sabuk yang tidak baik. Sebab, kualitas tersebut dapat berpengaruh pada kekuatannya.

Jika kualitas belt tidak asli, tentu akan mengeluarkan bunyi decitan pada mobil. Padahal sebagian besar pemilik mobil sering menggunakan versi palsu karena harganya lebih terjangkau.

Baca Juga : Kaca Mobil Buram, Inilah Cara Tepat untuk Mengatasinya

Padahal cara ini salah karena bisa mengakibatkan suara yang berisik. Hal ini terjadi akibat bentuknya yang tidak simetris. Selain itu, bahan dan ketahanannya pun tidak seperti belt original.

Maka dari itu, sebaiknya saat mengganti belt pilih yang memiliki kualitas bagus. Selain itu, untuk mendapatkan yang berkualitas, anda bisa memilih belt original.

Kurangnya Tegangan pada Sabuk

Jika belt atau sabuk tegangannya tidak maksimal, tentu akan mengeluarkan suara decitan. Jika ketegangannya berkurang, tentu bisa menimbulkan suara tersebut secara otomatis.

Bahkan bunyinya akan mengganggu kenyamanan pengemudi. Ada beberapa faktor yang bisa membuat masalah ini timbul. Anda bisa memeriksa komponen kendaraan dari mana sumber suara berdecit pada mobil. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

The post Suara Berdecit pada Mobil, Periksa Komponen Beltnya yang Bermasalah appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/12/suara-berdecit-pada-mobil/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • seobet88@gmail.com
  • +62 877 9462 8641