Penyebab Aki Motor Tekor, Periksa Sebelum Memutuskan Menggantinya

Penyebab Aki Motor Tekor, Periksa Sebelum Memutuskan Menggantinya

Penyebab aki motor tekor bisa karena anda terlalu banyak melakukan modifikasi kendaraan. Dengan memberikan beberapa aksesoris tambahan, tentu akan membuat boros aki.

Sebaiknya cari tahu apa saja penyebabnya agar anda bisa mengatasi dengan tepat. Semua komponen kendaraan tentu membutuhkan perawatan yang tepat.

Selain itu, ada beberapa komponen yang memiliki masa pemakaian sendiri-sendiri. Ketika sudah sampai batas waktunya, tentu dibutuhkan perbaikan atau penggantian komponen.

Baca Juga : Umur Pakai Aki Mobil, Bisa Dipengaruhi Oleh Beberapa Faktor

Jika tidak anda rawat, tentu dapat menimbulkan berbagai masalah pada kendaraan. Sehingga mengurangi performanya saat digunakan.

Aki menjadi komponen vital yang mempengaruhi mesin motor. Sebab sistem kelistrikan yang timbul terjadi karena adanya komponen tersebut.

Meski memiliki masa pakai, anda tetap harus melakukan pengecekan berkala. Anda tidak harus memperhitungkan waktunya ketika komponen mengalami masalah atau kerusakan.

Sebaiknya lakukan pengecekan dengan teliti. Sebagian besar orang memang sering mengalami masalah aki tekor. Jika sudah terjadi hal ini, tentu komponen tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Aki Basah, Gunakan 5 Langkah Mudah dan Hemat

Penyebab aki motor tekor pun cukup beragam. Maka dari itu, sebaiknya lakukan pengecekan sebelum menggantinya. Sebab, langsung menggantinya dengan yang baru bukanlah solusi yang baik.

Bukan selalu komponen tersebut yang bermasalah, mungkin karena komponen lainnya. Sebab, aki tekor juga bisa terjadi karena kerusakan komponen-komponen kecil lainnya.

Sebaiknya cek dulu sebelum memutuskan untuk mengganti komponen tersebut. Mengganti aki berarti bukan mencegah, namun langsung mengobati masalah yang ada. Padahal ada cara lain yang bisa anda lakukan.

Penyebab Aki Motor Tekor yang Biasa Terjadi

Sepeda motor memang menjadi transportasi alternatif yang simpel dan anti macet. Maka dari itu, kendaraan yang satu ini semakin banyak peminatnya.

Hampir semua orang kini bisa memiliki dan mengendarainya. Namun, namanya juga mesin, tentu bisa terjadi kerusakan pada komponennya.

Salah satu masalah yang sering muncul pada kendaraan ini yaitu aki tekor. Biasanya ketika sepeda motor terganggu dalam sistem kelistrikan, langsung tertuju pada bagian tersebut.

Saat terjadi masalah ini, tentu akan membuat anda merasa jengkel. Apalagi pada sepeda motor jenis matic, akan lebih sulit menyalakan kendaraan karena starter mati.

Dengan begitu, mau tidak mau pemiliknya harus melakukan secara manual. Hal ini memang sering membuat kerepotan pemiliknya. Sebaiknya segera berikan penanganan yang tepat ketika masalah ini terjadi.

Berikut ini ada beberapa penyebab aki motor tekor yang sering terjadi. Dengan mengetahuinya, anda bisa berikan penanganan yang tepat dan cepat. Tanpa harus ke bengkel, aki tekor bisa berfungsi kembali.

Stop Lamp

Penyebab aki motor tekor bisa terjadi karena bagian stop lampnya nyala terus. Masih banyak orang yang tidak memperhatikan komponen tersebut sehingga terjadi tekor pada aki.

Baca Juga : Waktu Ganti Filter Oli, Pahami Sebelum Mesin Terjadi Kerusakan

Sebab, arus listrik akan terus tersedot selama mesin nyala sehingga terjadi pemborosan aki. Pada umumnya, hal ini terjadi karena setelan switch rem bagian belakang berubah atau rusak.

Tidak hanya itu saja, handle rem yang menempel pada switch yang telah terkikis juga bisa sebagai salah satu faktor penyebabnya. Maka dari itu, selalu perhatikan semua komponen pada kendaraan. Hal ini untuk menghindari berbagai masalah yang bisa terjadi.

Kiprok

Faktor penyebab aki motor tekor juga bisa karena kiproknya. Komponen ini memiliki peranan penting dalam pengaturan pengisian aki. Jika komponen tersebut bermasalah, akhirnya berdampak pada overcharger atau tekor.

Anda bisa cari tahu pengisian normal atau tidak dengan cara menyalakan mesin dan lampu bagian utama. Gas sepeda motor dalam keadaan putaran mesin 4000-5000 RPM.

Pengisian normal berada dalam tegangan 14-15 Volt. Jika tegangan kurang otomatis, kiprok pada kendaraan anda mengalami masalah.

Muatan Kapasitas Listrik

Muatan kapasitas listrik pada sepeda motor bisa berkurang dalam kurun waktu singkat. Hal ini bisa timbul akibat kendaraan tidak pernah dinyalakan dalam waktu yang cukup lama.

Baca Juga : Waktu Ganti Busi Motor, Kenali Ciri-Ciri Penyebab Kerusakan

Padahal aki motor memiliki muatan kapasitas masing-masing. Semua bisa sesuai dengan penggunaannya. Pada umumnya, aki yang digunakan pada kendaraan roda dua ini berkapasitas muatan listrik 3-3,5 ampere bertegangan 13 volt.

Masih banyak penyebab aki motor tekor yang perlu anda tahu. Sebaiknya lakukan pengecekan sebelum memutuskan untuk menggantinya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

The post Penyebab Aki Motor Tekor, Periksa Sebelum Memutuskan Menggantinya appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/12/penyebab-aki-motor-tekor/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • seobet88@gmail.com
  • +62 877 9462 8641