Pencegahan Penyakit Kudis, Hindari Kontak Langsung dengan Penderita

Pencegahan Penyakit Kudis, Hindari Kontak Langsung dengan Penderita

Pencegahan penyakit kudis bisa anda lakukan agar tidak menyerang. Dengan mengatasinya sejak awal, tentu akan memperkecil resiko penyakit menyerang anda.

Penyakit kulit cukup banyak dan bisa menyerang siapa saja. Rasa gatal bahkan timbul bercak dan luka bisa terjadi pada kulit. Penyakit yang satu ini cukup bervariasi, bahkan pengobatannya pun tidak sama.

Salah satu penyakit kulit yang bisa anda alami yaitu kudis. Selain panu, penyakit yang satu ini membuat banyak orang merasa tidak nyaman. Rasa yang bisa anda rasakan gatal dan ruam pada kulit, terutama saat malam hari.

Bahkan akan timbul bintik-bintik mirip jerawat pada permukaan kulit. Hal ini akan terjadi akibat tungau yang bersarang pada kulit. Jika hewan tersebut sudah menempel dan berkembang biak di kulit, tentu bisa menimbulkan rasa gatal yang berkepanjangan.

Ada kurang lebih 10-15 tungau yang mampu menimbulkan rasa gatal hingga menimbulkan sakit kudis. Ketika penderita sudah mulai mengalami gatal yang berkepanjangan, sebaiknya segera berikan pengobatan.

Baca Juga : Penyakit Kulit pada Anak, Gejala, Cara Mencegah dan Mengobatinya

Jika tidak, justru tungau akan berkembang biak hingga jutaan. Semua bisa menyebar dengan mudah hingga ke seluruh bagian tubuh. Meski penyakit ini tidak berbahaya, namun anda tidak bisa menyepelekan hal tersebut.

Pencegahan penyakit kudis bisa membantu mengurangi resiko penyakit anda miliki. Secara jelas jika menjaga kebersihan badan dan lingkungan menjadi kunci utamanya. Selain itu, masih banyak hal yang bisa anda lakukan.

Pencegahan Penyakit Kudis

Kudis atau scabies menjadi salah satu penyakit kulit yang sering terjadi dalam kehidupan masyarakat. Namun, hal ini sering terjadi pada lingkungan yang berkelompok seperti pesantren.

Penyakit kulit ini disebabkan karena adanya tungau yang bersarang pada permukaan kulit. Meski tidak berbahaya, namun mengakibatkan anda merasa kurang nyaman.

Pada umumnya, tungau akan menyerang kulit bagian tangan, kepala, hingga bagian tersembunyi lainnya. Gatal yang terjadi sangat parah, bahkan tidak ada berhentinya.

Rasa gatal yang terlalu akan anda rasakan saat malam hari. Agar anda bisa terhindar dari sakit scabies, sebaiknya berikan pencegahan yang tepat.

Hal ini bisa membantu anda memiliki resiko kecil terserang kudis. Tungau dapat berpindah dari kulit ke kulit atau melalui perantara.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Kudis, Gejala dan Cara Pengobatan yang Tepat

Maka dari itu, sebaiknya anda perlu berhati-hati ketika berdekatan dengan seseorang yang menderita kudis. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk pencegahan penyakit kudis, antara lain:

Mencuci Semua Pakaian

Cara pencegahan penyakit kudis yang pertama yaitu mencuci semua pakaian anda. Menjaga kebersihan diri menjadi salah satu cara agar anda bisa terhindar dari tungau.

Jika anda takut terserang tungau karena sudah merasa gatal, segeralah mencuci semua pakaian. Bahkan anda juga harus mencuci seprei dan selimut. Gunakan air panas dan sabun agar tungau mati.

Jika anda masih ragu, rebuslah agar tungau yang tersisa bisa mati sempurna. Cara ini bisa anda lakukan untuk menghindari tungau menyerang. Pastikan semua dalam keadaan bersih.

Bersihkan Ruangan

Baca Juga : Obat Kurap di Apotik yang Paling Ampuh Atasi Penyakit Kulit

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Begitu juga dengan scabies. Dimana tungau bisa bersarang hingga jumlah banyak. Dengan membersihkan ruangan di rumah, anda bisa melakukan pencegahan penyakit kudis.

Anda bisa memulai membersihkannya dengan sedot debu. Tidak hanya bagian kasur dan tempat tidur. Anda juga bisa lebih teliti sehingga bisa membersihkan karpet dan furniture lainnya.

Dengan cara ini, pencegahan bisa anda lakukan dengan mudah. Selalu menjaga kebersihan tempat tinggal dan lingkungan menjadi kunci terhindar dari tungau.

Hindari Kontak dengan Penderita

Tungau bisa menyerang siapa saja dengan mudah. Maka dari itu, tungau akan lebih mudah berpindah tempat. Semua memiliki resiko terserang, apalagi anda yang tidak mau menjaga kebersihan.

Kudis menjadi salah satu jenis penyakit yang cukup mudah menular. Baik dengan menggunakan perantara atau tidak. Hindari kontak langsung dengan penderita agar bisa menjaga anda tetap aman.

Penyakit kulit memang bisa menyerang dengan mudah. Scabies ini pun memiliki tingkat kenyamanan yang kurang jika sudah menyerang. Berikan pengobatan yang tepat.

Dengan melakukan pencegahan penyakit kudis, anda bisa menghindari resiko yang ada. Ada banyak yang bisa anda lakukan untuk menghindarinya. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

The post Pencegahan Penyakit Kudis, Hindari Kontak Langsung dengan Penderita appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/12/pencegahan-penyakit-kudis/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • seobet88@gmail.com
  • +62 877 9462 8641