Mengenal Fintech atau Financial Technology

Mengenal Fintech atau Financial Technology

Berita Bisnis, (HarapanRakyat.com).- Financial Technology atau dikenal dengan Fintech merupakan sebuah gabungan antara teknologi dengan jasa keuangan yang dapat mengubah model bisnis konvensional menjadi moderat. 

Teknologi ini dapat melakukan transaksi jarak jauh dengan pembayaran secara cepat dalam hitungan detik, sehingga tidak perlu bertatap muka atau bersusah payah membawa uang kas untuk membayarnya. 

Platform ini tergolong sebagai inovasi di bidang jasa finansial atau keuangan, dimana inovasi ini berfokus pada finansial yang didukung dengan teknologi modern.

Fintech atau Financial Technology

Platform fintech adalah salah satu jenis perusahaan bidang jasa keuangan yang berkolaborasi dengan teknologi

Banyak pula perusahaan startup menjalankan teknologi ini untuk memaksimalkan, mengubah, serta mempercepat aspek dalam pelayanan keuangan. 

Pada platform fintech tersedia layanan berupa metode pembayaran, transfer dana, pinjaman, pengumpulan dana hingga pengelolaan aset yang dilakukan secara singkat dan cepat berkat bantuan teknologi tersebut. 

Maka tak heran jika fintech ini dapat mengubah gaya hidup seseorang, terutama bagi mereka yang sudah familiar dan terjun di bidang  keuangan.

Berkat adanya kecanggihan dari financial technology, sektor di bidang ekonomi dan pendanaan pun ikut meningkat perkembangannya. 

Jika di zaman dulu orang harus bertemu langsung untuk bertransaksi dan hal tersebut tentunya akan memakan waktu maupun tenaga. 

Namun dengan adanya fintech, maka semua transaksi dapat anda lakukan melalui gadget seperti bertransaksi online, mengecek bunga deposito, transfer online lewat aplikasi mobile banking, dan lain sebagainya. 

Kini, fintech cukup populer di kalangan masyarakat, khususnya bagi media dan orang-orang yang aktif pada dunia teknologi.

Manfaat Fintech 

Ada beberapa alasan yang membuat keberadaan financial technology mampu mempengaruhi gaya hidup seseorang. Berikut adalah manfaat dari financial technology bagi masyarakat.

Mengembangkan Perusahaan Startup

Saat ini, banyak sekali perusahaan startup baru yang merintis usaha sekaligus melahirkan inovasi produk, salah satunya pada bidang fintech. 

Contoh bisnis startup yang menggunakan fintech adalah Moneythor. Perusahaan ini telah menciptakan produk baru yang akan menambah pengalaman pada bidang digital banking dengan hasil analisa yang lebih detail dan spesifik. 

Perusahaan jenis tersebut biasanya mulai tumbuh di negara maju seperti Singapura yang selanjutnya meluas targetnya hingga se-asia.

Peningkatan Taraf Hidup

Fintech mampu memberikan keuntungan maupun pendapatan besar bagi perusahaan startup. Selain itu, fintech memberikan peningkatan taraf hidup serta daya beli masyarakat. 

Sebagai contoh perusahaan startup yang memiliki inovasi menghadirkan produk merchant, dimana merchant ini dapat menerima sistem pembayaran menggunakan kartu debit ataupun kredit dengan biaya relatif rendah. 

Contoh lainnya yaitu perusahaan startup yang menggunakan fintech untuk meningkatkan infrastruktur perbankan sehingga akan berdampak pada peningkatan daya beli konsumen maupun masyarakat. 

Fintech juga berperan cukup penting dalam upaya penurunan tingkat kemiskinan yang telah mencapai 600 juta jiwa. Oleh sebab itu, perusahaan startup perlu meyakinkan para investor terkait masalah tersebut.

Layanan Finansial yang Mudah

Manfaat paling bisa anda rasakan dari adanya financial technology yaitu kemudahannya dalam layanan finansial. 

Jika anda bandingkan dengan sepuluh tahun yang lalu, orang yang ingin mentransfer uang harus pergi ke teller bank atau mesin ATM yang tentunya membutuhkan waktu. 

Hal tersebut terbilang merepotkan karena butuh waktu cukup lama, belum lagi adanya antrian yang semakin memakan waktu dan cukup melelahkan. 

Beda halnya dengan kondisi saat ini, proses transaksi uang dapat berlangsung dengan mudah berkat bantuan dari teknologi fintech. 

Beberapa fintech bahkan ada pula yang menyediakan fitur untuk membayar tagihan bulanan seperti telepon, listrik, serta BPJS. 

Dengan menggunakan fintech, orang akan lebih menghemat tenaga serta waktunya tanpa perlu keluar rumah untuk melakukan berbagai transaksi

Pengurangan Jumlah Pinjaman Berbunga Tinggi

Fintech seolah telah menjawab permintaan masyarakat terkait sistem pinjaman uang yang transparan. 

Fintech dapat memberikan pinjaman dengan bunga relatif rendah, jika anda bandingkan dengan sistem pinjaman yang lainnya. 

Jumlah investasi pada fintech semakin lama semakin meningkat pesat di dunia termasuk negara Indonesia sendiri. 

Berdasarkan peluang tersebut, perusahaan startup yang bergerak di bidang fintech juga ikut mendapatkan dana investasi dengan mudah dari investor karena tingkat keuntungannya yang kemungkinan juga tinggi. 

Pendukung Inklusi Keuangan

Kehadiran fintech tentu dapat menjadi solusi alternatif untuk mencapai target inklusi keuangan yang hingga kini telah mencapai 49%. 

Layanan dari fintech sendiri pada dasarnya berbasis online sehingga penggunanya dapat dengan mudah mengaksesnya kapanpun selama telah tersambung dengan jaringan internet yang memadai. 

Membantu UMKM Untuk Modal Usaha

Sebelum muncul keberadaan financial technology, para UMKM yang ada di Indonesia dulunya mengandalkan pinjaman dari bank untuk modal usahanya. 

Secara umum, pinjaman bank biasanya terdapat bunga yang cukup tinggi dan prosedur beserta persyaratannya yang cukup sulit. 

Bagi para pelaku UMKM harus memperhatikan persyaratan saat mengajukan pinjaman dana di lembaga crowdfunding seperti untuk besarnya bunga pinjaman. 

Perlu anda perhatikan pula bahwa lembaga yang anda pilih sudah terdaftar serta mendapatk pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Peran fintech dapat memberikan solusi untuk mendapatkan modal usaha. 

Sistem pinjaman ini orang biasa mengenalnya dengan nama peer to per (P2P) lending. P2P lending yaitu platform untuk pinjam meminjam berbasis online yang akan mempertemukan pelaku UMKM dengan investor atau orang-orang yang bersedia investasi untuk meminjamkan uang untuk modal usaha.

Jenis Fintech

Fintech memiliki berbagai jenis layanan dan produk yang dapat anda manfaatkan sesuai kebutuhan. Berdasarkan jenisnya, fintech terbagi menjadi 4 jenis:

Peer to Peer Lending dan Crowdfunding

Platform jenis ini berperan sebagai marketplace finansial yang akan mempertemukan pihak yang membutuhkan dana dengan pemberi dana sebagai pemodal atau investor. 

Proses dari P2P lending ini dilakukan dalam satu online platform sehingga lebih praktis dan mudah.

Payment, Clearing and Settlement

Beberapa perusahaan startup finansial ada yang menyediakan payment gateway atau e-wallet dimana produk tersebut termasuk dalam kategori payment, clearing and settlement.

Manajemen Risiko Investasi

Pada jenis ini, fungsinya dapat memantau kondisi keuangan serta membuat perencanaan keuangan secara lebih mudah dan praktis. 

Manajemen ini umumnya dapat anda akses melalui smartphone, pengguna hanya perlu memberikan data yang dibutuhkan agar dapat mengontrol keuangannya.

Market Aggregator

Market aggregator berfokus pada portal yang mengumpulkan berbagai informasi keuangan untuk diberikan kepada target audiens atau si pengguna. 

Fintech jenis ini akan menjelaskan informasi berupa tips keuangan, kartu kredit dan investasi.

Kemunculan fintech di bidang jasa keuangan tentunya memberikan kemudahan bagi masyarakat. Inovasi finansial dari fintech semakin banyak orang yang meminatinya karena ada dukungan oleh teknologi modern. 

Sentuhan teknologi pada bidang keuangan ini memberikan banyak manfaat bagi perusahaan maupun perorangan bahkan mampu mengubah gaya hidup seseorang, khususnya saat melakukan transaksi atau apapun yang berkaitan dengan keuangan. (Deni/R4/HR-Online)

Editor : Deni Supendi

The post Mengenal Fintech atau Financial Technology appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/12/mengenal-fintech-atau-financial-technology/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • seobet88@gmail.com
  • +62 877 9462 8641