Manfaat Wudhu Sebelum Tidur, Inilah Beberapa Keutamaannya

Manfaat Wudhu Sebelum Tidur

Manfaat wudhu sebelum tidur penting untuk anda ketahui. Karena selain dilakukan ketika hendak menunaikan ibadah shalat, wudhu juga dapat anda lakukan menjelang anda tidur. Hal tersebut juga karena wudhu adalah salah satu sunnah yang Rasulullah ajarkan sebelum tidur.

Manfaat Wudhu Sebelum Tidur

Umat manusia, terutama dalam ajaran agama Islam, sebelum tidur hendaknya melakukan beberapa hal terlebih dahulu. Misalkan membaca doa dan beberapa adab sebelum tidur. Salah satu adab sebelum tidur adalah berwudhu.

Karena, melakukan wudhu sebelum tidur merupakan hal yang dianjurkan untuk setiap muslim dengan beberapa keutamaan yang terkandung. Sebenarnya, wudhu dapat anda lakukan dalam berbagai hal, tak hanya untuk shalat dan membaca Alquran saja.

Seperti apa yang telah tertuang dalam sebuah hadits tentang anjuran wudhu oleh Ibnu Hibban. Rasulullah SAW bersabda:

Selain malaikat yang mendampingi, berikut ini adalah beberapa manfaat wudhu sebelum tidur yang dapat anda peroleh. Antara lain adalah sebagai berikut:

Baca juga: Keajaiban Berdoa di Multazam, Akibat Energi Positif yang Besar

Memperoleh Perasaan Tenang dan Nyaman Ketika Tidur

Dengan melakukan wudhu terlebih dahulu, maka akan memperoleh ketenangan perasaan sehingga tidur akan menjadi lebih nyaman. Apalagi, setelah berwudhu, anda mengucapkan doa sebelum tidur dan dzikir kepada Allah SWT.

Kesehatan Kulit dan Wajah Terjaga dengan Baik

Para ulama pun memiliki pendapat jika aktivitas wudhu ini akan membantu anda mempunyai kulit yang bersih dan sehat. Kemudian, anda juga akan mempunyai wajah yang sehat dan cerah.

Dengan manfaat wudhu sebelum tidur, seseorang akan membersihkan kulit dari semua kotoran, debu, dan hal-hal yang menyumbat pori-pori yang kemungkinan besar menempel pada kulit dan wajah. Dengan melakukan wudhu rutin, bahkan menjelang tidur pun akan menjadikan kebersihan serta kesehatan kulit tetap terjaga.

Otot Tubuh Menjadi Lebih Rileks

Air wudhu yang selalu menyegarkan, akan memiliki kemampuan dalam menjadikan otot-otot tubuh yang tadinya kaku menjadi lebih rileks dan nyaman. Mungkin akan terasa dingin setelah terkena air pada malam hari.

Akan tetapi, air yang meresap pada kulit tubuh dengan rasa ikhlas akan terasa semakin menyegarkan. Jika otot pada tubuh terasa rileks, maka kualitas tidur yang akan anda lakukan nantinya terjaga semakin baik.

Pencegahan Resiko Terserang Kuman dan Virus Berbahaya

Wudhu adalah salah satu aktivitas bersuci serta membuat tubuh lebih bersih, sehingga kuman serta virus yang menyerang akan menghilang bersama dengan air wudhu yang membasuh untuk setiap jengkal anggota tubuh.

Dengan demikian, manfaat wudhu sebelum tidur ini akan membantu tubuh menjadi lebih kebal dari serangan kuman dan bahkan juga virus.

Mengatasi Masalah Insomnia

Jika anda adalah salah satu orang yang sering atau menderita insomnia, maka dapat anda cegah dan hindari dengan melakukan wudhu sebelum tidur malam. Karena, aktivitas bersuci ini akan membuat tubuh rileks dan nyaman, pikiran akan menjadi lebih tenang.

Apalagi, malaikat akan senantiasa menemani pada saat anda tidur dalam keadaan bersuci. Jadi, hal ini dapat menjadikan tubuh terbebas dari permasalahan insomnia serta kualitas tidur akan lebih berkualitas.

Baca juga: Hikmah Perilaku Jujur dalam Kehidupan Sehari-Hari, Biasakan Sejak Dini!

Menjadikan Lebih Dekat dengan Sang Pencipta

Dengan bersuci sebelum tidur, maka anda akan melaksanakan salah satu sunnah atau anjuran dari Rasulullah SAW. Dengan demikian, anda akan memperoleh pahala dan manfaat wudhu sebelum tidur dari amalan ibadah yang mulia tersebut. Hal tersebut menjadi salah satu syarat untuk umat Islam bertemu dengan sang Pencipta melalui ibadah shalat.

Jadi, tak heran jika para umat Islam akan selalu menjaga wudhunya agar semakin dekat dengan Allah SWT sebagai sang Pencipta langit dan Bumi beserta seluruh isinya. Sehingga, dengan berwudhu, akan memiliki rasa tulus saat menjalankan ibadah dan berbagai amalan.

Dengan mengetahui manfaat wudhu sebelum tidur, maka juga akan mengetahui beberapa berkah yang Allah SWT berikan kepada umatnya dalam berbagai cara. Sehingga, bagi kita semua umat muslim dan juga umat yang beriman, usahakan untuk menjaga wudhu serta melakukan pula aktivitas bersuci tersebut menjelang tidur. Niscaya rahmat Allah SWT akan selalu terlimpah kepada umat yang beriman dan bertakwa. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid

The post Manfaat Wudhu Sebelum Tidur, Inilah Beberapa Keutamaannya appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/12/manfaat-wudhu-sebelum-tidur/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • seobet88@gmail.com
  • +62 877 9462 8641