Manfaat Terong Belanda yang Ampuh Atasi Kudis Hingga Kuatkan Tulang

Manfaat Terong Belanda yang Ampuh Atasi Kudis Hingga Kuatkan Tulang

Manfaat terong Belanda ternyata sangat besar. Meskipun kalah populer dan berbeda dengan terong sayuran lainnya, namun terong Belanda berguna untuk menjaga kesegaran dan imunitas tubuh, mengatasi kudis, menguatkan tulang, dan anti kanker.

Terong Belanda (Solanum Betaceum) memang berbeda dengan jenis terong lainnya. Buah asal Amazon, Amerika Serikat ini memang dipopulerkan oleh Belanda sehingga mendapat sebutan sebagai terong Belanda.

Begitu juga meskipun memiliki nama terong, namun bentuk maupun rasanya sangat jauh berbeda dengan terong yang kita kenal. Bentuk buah ini lebih mirip sawo namun dengan warna merah maron seperti apel impor.

Beragam Manfaat Terong Belanda

Terong Belanda sebenarnya tergolong ke dalam jenis buah dengan rasa yang cukup asam. Aroma baunya agak unik dan umumnya orang lebih suka mengonsumsinya dengan mengolahnya menjadi jus atau sup buah.

Buah ini juga populer dengan sebutan Tamarillo. Ada banyak nutrisi yang terkandung dalam buah ini. Nah, berikut ini berbagai manfaat terong Belanda untuk kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda tahu.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kandungan utama buah terong Belanda adalah vitamin C. Nutrisi ini sangat penting dan berguna untuk menjaga dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Mengonsumsi buah ini baik untuk menjaga tubuh jauh dari penyakit.

Bersifat Antioksidan

Selain kandungan nutrisinya, terong jenis ini juga mengandung lycopene dan antioksidan yang penting dalam melindungi tubuh dari radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit. Bahkan kandungan antioksidannya terbilang tinggi.

Menjaga Kesegaran Tubuh

Manfaat terong Belanda untuk kesehatan tubuh lainnya adalah khasiatnya dalam menjaga kebugaran tubuh. Rasanya yang khas asam selain enak kita konsumsi juga berguna untuk mengatasi lemah dan tak bersemangat.

Baik Untuk Pencernaan

Menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh penting untuk mencegah dari berbagai gangguan pada perut. Seperti diare, sembelit, ataupun susah BAB. Hal ini karena buah ini juga kaya serat yang baik untuk melancarkan pencernaan.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Terong Belanda juga terkenal dengan kandungan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan ketajaman dan kesehatan mata. Kadar vitamin A ini bahkan mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh.

Mengatasi Panas Dalam

Manfaat terong Belanda lainnya adalah kandungan nutrisinya yang ternyata ampuh dalam meredakan dan mengatasi panas dalam. Termasuk saat Anda mengalami tenggorokan yang kering atau panas bisa mencoba mengonsumsi jus buah terong ini.

Mengobati Kudis

Selain nutrisi yang penting untuk tubuh, terong Belanda juga mengandung banyak fitokimia yang berguna dalam mengatasi dan mengobati penyakit kudis. Rajin minum jus terong ini juga efektif mencegah penyakit kulit.

Menguatkan Jantung

Buah terong Belanda juga kaya dengan kandungan potasium, mangan, dan berbagai fitokimia penting untuk tubuh. Mengonsumsi buah ini juga sangat baik untuk menguatkan jantung.

Mengatasi Lemas dan Kantuk

Buat Anda yang mudah mengantuk atau gampang lelah, tak ada salahnya mencoba mengonsumsi jus terong Belanda. Manfaat terong Belanda baik untuk Anda yang tak suka kopi, namun masih ingin terjaga karena tugas yang menumpuk.

Menurunkan Kolesterol

Mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tidak baik untuk kesehatan tubuh. Selain bisa menyebabkan obesitas, kolesterol juga bisa mengundang penyakit berbahaya. Karena itu penting minum jus terong Belanda untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

Mencegah Kanker

Tumbuhnya sel kanker dalam tubuh sulit terdeteksi. Mengonsumsi terong Belanda secara rutin berguna mencegah dan melindungi tubuh dari serangan kanker. Hal ini karena kandungan likopen dalam buah ini.

Mencegah dan Mengatasi Anemia

Manfaat terong Belanda untuk kesehatan yang tak kalah pentingnya adalah kemampuannya dalam mencegah dan mengatasi anemia. Zat besi dalam buah ini penting agar produksi sel darah merah terjaga dan meningkat.

Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan potasium dalam buah terong Belanda juga berkhasiat dalam mengontrol tekanan darah. Minum jus buah ini sangat baik Anda lakukan secara berkala, khususnya untuk Anda yang menderita hipertensi maupun tekanan darahnya rendah.

Mengatasi Gastritis

Kandungan vitamin C dan sifat antioksidannya juga berkhasiat untuk meredakan sakit gastritis. Anda bisa membuat jus buah ini untuk mengatasi gangguan pada perut Anda.

Itulah berbagai manfaat terong Belanda untuk kesehatan tubuh. Namun kabarnya buah ini sebaiknya tidak untuk ibu hamil karena khawatir menimbulkan efek samping. Jika terlalu asam bisa tambahkan madu atau dicampur buah lainnya. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara

The post Manfaat Terong Belanda yang Ampuh Atasi Kudis Hingga Kuatkan Tulang appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/12/manfaat-terong-belanda/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • seobet88@gmail.com
  • +62 877 9462 8641