Manfaat dan Cara Kerja IoT

Manfaat dan Cara Kerja IoT

Berita Teknologi, (HarapanRakyat.com).- Manfaat dan Cara Kerja IoT. Teknologi IoT dikenal sebagai teknologi yang memiliki beragam manfaat bagi pekerjaan manusia.

Dengan teknologinya yang canggih, akan memberikan dampak berupa efisiensi, efektivitas dan kecepatan dalam melakukan tugas tertentu. 

Suatu kegiatan dapat dikatakan berbasis Internet of Things jika telah memenuhi tiga komponen penerapan, yaitu perangkat elektronik, jaringan internet dan aplikasi sebagai pengendali perangkat. 

Manfaat Internet of Things 

IoT memberikan banyak manfaat untuk mempermudah kehidupan hidup manusia. Penerapan IoT banyak diimplementasikan pada bermacam bidang. 

Adapun manfaat dari hasil penerapan internet of things antara lain pertanian, energi, lingkungan, transportasi, otomatisasi rumah, medis dan kesehatan. 

Pertanian 

Sektor pertanian menerapkan IoT untuk kemudahan dalam menjalankan usaha. 

Beberapa hal yang dilakukan dari penerapan IoT ini yaitu pengumpulan data suhu, kelembaban, curah hujan, kecepatan angin, serangan hama, serta muatan hama. 

Dari semua data-data tersebut kemudian dipakai untuk mengambil keputusan berdasarkan informasi yang diperoleh.

Manfaat IoT pada sektor pertanian yaitu meningkatkan kualitas dan kuantitas, meminimalisir risiko, mengatasi limbah, dan berbagai upaya lainnya yang dibutuhkan dalam mengelola tanaman. 

Contoh sederhana, saat ini para petani sudah bisa mengecek suhu dan kelembaban tanah dari jarak jauh. 

Data yang diperoleh dari internet of things ini nantinya akan dibuat program pemupukan agar lebih presisi. 

Energi 

Banyak peralatan atau perangkat yang sebagian besar menghabiskan energi terutama pada perangkat elektronik seperti lampu, televisi, outlet listrik dan lain-lain. 

Perangkat tersebut tentunya sudah bisa berintegrasi dengan terkoneksi internet. Integrasi tersebut akan membuat mesin dan jaringan berinteraksi untuk menyeimbangkan pembangkitan listrik, sehingga penggunaan energi menjadi hemat dan efektif. 

Hal ini juga dapat mengakses remote control dari penggunanya, atau manajemen dari satu pusat interface yang berbasis komputasi awan atau cloud computing. 

Pemanfaatan IoT ini juga bisa untuk aktifasi fungsi penjadwalan seperti untuk menyalakan ataupun mematikan mesin pemanas, mengendalikan suhu oven, mengatur pencahayaan, dan lain sebagainya.  

Lingkungan 

Manfaat penerapan IoT tentunya dapat memantau serta melindungi suatu lingkungan. 

Implementasinya yaitu dengan memantau tingkat kualitas air atau udara, kondisi atmosfer atau tanah, dan pemantauan khusus terhadap satwa liar beserta habitatnya. 

IoT juga bisa bermanfaat dalam penanggulangan bencana berupa sistem peringatan Tsunami atau gempa bumi. 

Dalam hal ini, perangkat IoT memiliki jangkauan geografis yang luas dan kemampuan bergerak. 

Transportasi 

Kecanggihan IoT mampu membantu dalam integrasi komunikasi, control serta pemrosesan informasi pada sistem transportasi. 

Penerapan IoT sangat pesat dan meluas hingga ke aspek transportasi. Pemanfaatan teknologi IoT bisa pada mesin kendaraan, infrastrukturnya dan fungsi pengemudinya. 

Beberapa manfaat IoT pada sistem transportasi misalnya adanya komunikasi antar dan intra kendaraan, efektivitas dalam mengontrol lalu lintas, parkir lebih cerdas, manajemen logistic dan armada, dan juga hal lain yang berkaitan dengan keselamatan berkendara di jalan. 

Otomatisasi Rumah 

Perangkat IoT ternyata juga mampu untuk memantau dan mengontrol sistem mekanis, elektrik, dan elektronik yang digunakan pada berbagai jenis bangunan (industri dan rumah). 

IoT dapat memantau pemakaian energi secara real time dalam penghematan energi, dan memantau para penghuninya. 

Sebagai contoh penggunaan IoT di rumah misalnya saat penghuni masuk rumah di malam hari, maka lampu akan menyala. 

Kemudian saat penghuni rumah akan tidur, secara otomatis akan mati. Keesokan paginya, jika terdapat taman di rumah, maka ada mesin yang menyiram secara otomatis. 

Bahkan saat kehabisan stok bahan makanan, kulkas bisa memesan stok makanan sendiri ketika habis. Semuanya terintegrasi dengan baik layaknya rumah pintar.  

Medis dan Kesehatan 

Teknologi IoT juga ikut berkermbang di dalam dunia medis dan kesehatan. Kedepan, hasil seluruh rekaman kesehatan manusia dapat ditransfer langsung pada tenaga medis maupun rumah sakit. 

Data yang dikirim adalah data yang dapat dideteksi misalnya detak jantung, tingkat gula darah, dan lain-lain. 

Nantinya, smartphone akan menjadi alat pantau kesehatan yang canggih dan memberikan kemudahan manusia.  

Bisnis 

Keterkaitan antara internet pada e-commerce memang sangat berpengaruh terhadap perkembangan sebuah bisnis. 

Para pengusaha kecil atau pebisnis pemula pun berpotensi untuk berkembang maju menembus pasar berkat bantuan teknologi canggih masa kini. 

Teknologi dari IoT menjadi titik awal baru dunia digital dalam sebuah bisnis. Hal ini akan membawa era yang baru dalam pertumbuhan dan peningkatan profitabilitas bagi bisnis yang memanfaatkan teknologi IoT.  

Manfaat yang pertama dari teknologi IoT pada bidang bisnis adalah menghemat biaya operasional. 

Dalam sebuah bisnis tentunya bertujuan untuk menghasilkan profit yang bagus dengan minimum pengeluaran. 

IoT akan membantu bisnis untuk memangkas biaya operasional demi peningkatan profit. Peran IoT dapat meningkatkan proses control kualitas serta mampu memprediksi adanya kegagalan peralatan pada jalur produksi. 

Penggunaan IoT akan membantu bisnis mengurangi biaya energi dengan memakai solusi yang lebih cerdas. 

Selanjutnya manfaat IoT yaitu dapat memaksimalkan produktivitas pada bisnis atau usaha. 

Produsen bisa memaksimalkan produktifitas ketika sudah mengetahui produk apa yang paling banyak konsumen minati, mengetahui asal mula datangnya permintaan dan tingkat persaingannya.

Disitulah peran Internet of Things yang bertindak sebagai game-changer.

Dalam meningkatkan produktivitas bisnis, IoT perlu mendapatkan data dari pengadaan bahan baku hingga berbagai tahapan mulai dari pembuatan, hingga pengiriman. 

Terakhir, teknologi IoT di dalam bisnis akan memberikan kepuasan bagi para pelanggan. 

Tujuan utama bisnis salah satunya yaitu untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, maka penggunaan IoT dapat menjadi alat terbaik untuk mewujudkannya. 

Dengan fungsinya sebagai perangkat yang mengumpulkan data, teknologi IoT akan membantu bisnis dalam mengidentifikasi ketidakpuasan para pelanggan mereka dan mengambil tindakan proaktif atau reaktif seperti yang telah ada di dunia perbisnisan.  

Cara Kerja Internet of Things 

Pada dasarnya, IoT bekerja dengan menggunakan argumentasi pemrograman. Setiap perintah argument dapat menghasilkan suatu interaksi pada mesin yang telah terkoneksi otomatis tanpa bantuan manusia dan tanpa batasan jarak. 

Fungsi internet di sini menjadi faktor penghubung antara kedua interaksi mesin. Peran manusia pada teknologi IoT bertugas sebagai pengawas dan pengatur mesin yang bekerja secara langsung.  

Tantangan terbesar yang menghambat dalam konfigurasi IoT adalah cara penyusunan jaringan komunikasinya itu sendiri. Oleh sebab itu, IoT sangat memerlukan sistem keamanan yang ketat. 

Biaya pengembangan teknologi IoT yang terbilang mahal menjadi salah satu penyebab kegagalan sehingga pembuatan dan pengembangannya pun kemungkinan dapat berakhir gagal produksi.

Kecanggihan Internet of Things saat ini sudah bisa anda temukan di berbagai sektor kehidupan manusia.

Kemudahannya dalam membantu pekerjaan, membuat banyak perusahaan memanfaatkan dan mengembangkan teknologi IoT.

Konsep IoT juga memberikan dampak baik bagi berbagai sektor di Indonesia mulai dari pertanian, bisnis, kesehatan dan masih banyak lainnya karena manfaatnya yang membuat pekerjaan lebih cepat dan efisien.  (Deni/R4/HR-Online)

Editor : Deni Supendi

The post Manfaat dan Cara Kerja IoT appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/12/manfaat-dan-cara-kerja-iot/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • seobet88@gmail.com
  • +62 877 9462 8641