Makanan Korea untuk Mukbang yang Cocok di Lidah Orang Indonesia

Makanan Korea untuk Mukbang

Makanan Korea untuk Mukbang yang cocok di lidah orang Indonesia sangat banyak. Namun sebelum itu, apa itu mukbang?

Akhir-akhir ini banyak channel youtube yang memiliki konten mukbang. Namun tidak sedikit pula yang belum mengetahui mukbang itu apa.

Mukbang, Moekbang atau Mokbang adalah video yang menampilkan pemandu acara memakan makanan dalam jumlah besar. Mukbang ini populer di Korea Selatan sejak tahun 2010an. Hingga sekarang banyak channel di Indonesia yang menayangkan mukbang.

Di Indonesia sendiri pun ada banyak daftar makanan khas yang dapat dijadikan kontent untuk mukbang. Antara lain, mie instan, bakso, chicken, gudeg, nasi goreng dan masih banyak lagi.

Daftar Makanan Korea untuk Mukbang

Bibimbap

Banyak yang belum mengetahui apa itu bibimbap? Bibimbap adalah makanan khas Korea. Yaitu nasi putih dengan toping lauk, biasanya berupa sayuran, daging sapi, telur dan saus gochujang.

Makanan Korea yang satu ini kaya akan gizi dan sangat mudah untuk dibuat. Selain untuk mukbang bibimbap bisa juga buat makanan rumahan biasa.

Baca Juga : Sate Galunggung Pangandaran, Kuliner Legendaris Citarasa Tinggi

Konon bibimbap ini harus terdiri dari lima dasar warna. Pertama, jamur dapat menghasilkan warna gelap. Warna orange dari cabai dan wortel. Hijau dari sayuran. Warna putih dari nasi dan kuning dari telur.

Jjapaghetti

Jjapaghetti merupakan jajangmyeon versi ramyun. Cara memasak makanan ini cukup mudah. Sama hal nya dengan memasak mie instan di Indonesia. Sudah bukan hal yang aneh lagi

Jjapaghetti merupakan salah satu daftar makanan Korea untuk mukbang. Karena banyak orang yang tertarik dengan makanan yang satu ini.

Jjapaghetti ini kental dan memiliki rasa yang pedas. Cocok untuk lidah orang Indonesia yang memiliki selera pedas. Ramyun ini dapat dibeli supermarket ataupun toko online.

Yukhoe

Yukhoe merupakan makanan khas Korea Selatan dengan berbahan dasar daging sapi mentah yang di cincang. Kecap asin, gula pasir, merica, wijen, bawang putih giling dan sari buah merupakan bumbu yang dipakai dalam yukhoe.

Yukhoe biasanya disajikan dengan kuning telur ayam mentah di atasnya. Lebih nikmat apabila ditambahkan saus gochujang. Yukhoe mirip dengan steak tartare khas Perancis namun berbeda dalam bumbunya.

Meskipun di Indonesia makanan mentah merupakan hal yang tabu. Namun makanan ini dapat menjadi salah satu mukbang Korea yang cukup populer.

Samgyeopsal

Samgyeopsal merupakan daging perut babi berlemak dan tebal yang dipanggang. Biasanya dimasak diatas meja dengan pemanggang yang kecil. Tanpa bumbu apapun, ketika matang langsung dicelupkan kedalam saus pedas.

Meskipun di Indonesia jarang orang yang memakan daging babi namun samgyeopsal ini cukup terkenal. Bahkan Korea Selatan mengimpor daging babi ini. Bagian perut daging babi ini pun merupakan yang paling mahal.

Samgyeopsal sendiri pun secara harfiah berarti “tiga lapis daging”. Karena bagian daging perut terlihat berlapis tiga.

Ada dua jenis saus sebagai pencelup Samgyeopsal. Yang pertama adalah Ssamjang dan Gireumjang. Ssamjang mengandung pasta cabai, pasta kacang kedelai dan minyak wijen. Sedangkan Gireumjang terbuat dari minyak wijen dan garam.

Yangnyeom

Daftar makanan Mukbang Korea selanjutnya adalah yangnyeom. Yangnyeom merupakan ayam goreng Korea yang memiliki cita rasa pedas, manis, gurih dan kriuk. Yangnyeom sering terlihat pada banyak channel youtube mukbang.

Saus untuk Yangnyeom merupakan hasil racikan sendiri. Karena membuatnya tidak sulit. Kita hanya perlu sediakan bahan yang akan digunakan. Seperti bawang putih cincang, saus tomat, saus gochujang, rice sirup, dan wijen untuk taburannya.

Baca Juga : Rumah Sosis Lembang, Destinasi Wisata Kuliner Kekinian Kota Kembang

Tumis semua bahan menjadi satu. Setelah itu tuangkan di atas ayam goreng yang telah diolah menjadi Yangnyeom. Yang membedakan Yangnyeom dengan ayam goreng biasa adalah cara pengolahannya dan penggunaan bahan.

Adapun Kimchi sebagai bahan pelengkap setiap makanan. Kimchi merupakan asinan sayur yang difermentasi dengan bumbu pedas. Terbuat dari sawi putih, lobak, cabai merah, daun bawang, dan masih banyak lagi. Manfaat kimchi pun banyak karena terdiri dari berbagai macam sayuran.

Nah itu beberapa daftar makanan Korea untuk Mukbang yang cocok di lidah orang Indonesia. Meskipun berbeda rasa dan selera namun makanan diatas dapat dinikmati. Tidak salahnya juga untuk mencoba kuliner dari seluruh negara. (Dang/R9/HR-Online)

Editor : Dadang

The post Makanan Korea untuk Mukbang yang Cocok di Lidah Orang Indonesia appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/12/makanan-korea-untuk-mukbang-yang-cocok-di-lidah-orang-indonesia/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • seobet88@gmail.com
  • +62 877 9462 8641