Klik eform.bri.co.id/bpum Desember, Cek Penerima BLT UMKM Bulan Ini

Klik eform.bri.co.id/bpum Desember, cek penerima BLT UMKM bulan ini. Foto: Net/Ist.

Berita Nasional (harapanrakyat.com),- Klik eform.bri.co.id/bpum Desember 2020 untuk mengecek data penerima BLT UMKM bulan ini. Melalui link https://eform.bri.co.id anda juga bisa mendapatkan panduan lengkap proses pencairan Bantuan Presiden (Bapres) sebesar Rp2,4 juta.

Untuk bisa mendapatkan informasi-informasi tersebut, anda harus masuk dulu laman eform.bri.co.id, lalu input nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) anda.

Selain itu, anda juga akan mengetahui cara-cara untuk mendapatkan BPUM atau BLT UMKM tahap kedua bulan Desember ini yang pencairannya melalui BRI.

Klik eform.bri.co.id/bpum Desember, Cek Penerima BLT UMKM

Untuk mendaftar supaya bulan Desember ini bisa mendapatkan BLT UMKM atau BPUM, anda cukup mengklik link tersebut. Para pelaku UMKM memang mengharapkan bantuan tersebut berkelanjutan saat pandemi.

Oleh sebab itu, Menkop UKM RI, Teten Masduki, kini tengah mengusulkan supaya Banpres Produktif bagi pelaku UMKM diperpanjang.

Baca Juga : NIK di eform.bri.co.id Tidak Terdaftar, Apakah BLT UMKM Bisa Cair?

Bagi pelaku UMKM sudah memenuhi kriteria dan syarat bakal akan mendapatkan BLT UMKM yang besarannya mencapai Rp 2,4 juta. Penyaluran bantuan tersebut nantinya langsung dilakukan bank penyalur yang telah pemerintah tunjuk.

Dalam hal ini, ada tiga bank penyalur, yaitu PT BRI (Persero) Tbk (BRI), Bank Syariah Mandiri (BSM), dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI).

Cukup klik eform.bri.co.id/bpum Desember ini bagi penerima BLT BPUM (Bantuan Pelaku Usaha Mikro) yang penyalurannya melalui bank BRI.

Penerima Banpres Produkti juga akan menerima informasi dari pihak bank penyalur melalui pesan singkat (SMS). Jika sudah mendapat SMS, maka penerima bantuan harus segera melakukan verifikasi kepada pihak bank penyalur. Hal itu supaya anda bisa secepatnya mencairkan BLT UMKM Rp2,4 juta.

Cek Penerima BPUM Bulan Desember di Eform BRI

Cara untuk mengetahui kepesertaan penerima BPUM BLT UMKM akhir tahun 2020 yang bisa anda lakukan dengan mudah, yaitu cukup klik eform.bri.co.id/bpum Desember ini. Berikut cara-caranya;

– Gunakan nomor KTP lalu masukan kode verifikasi

– Klik tulisan “Proses Inquiry”

Jika Anda bukan sebagai penerima BLT BPUM, maka nantinya akan muncul keterangan “Nomor e-KTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM.”

Cara Mencairkan Banpres Produktif di BRI

Apabila sudah menerima notifikasi atau pesan singkat (SMS), Penerima Bantuan Presiden (Banpres) Produktif harus melakukan verifikasi langsung ke bank penyalur yang telah pemerintah tentukan. Hal itu supaya BLT UMKM Rp2,4 juta bisa segera cair.

Baca Juga : Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta Masih Dibuka, Ini Syaratnya

Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai salah satu bank penyalur Banpres BPUM. Bagi pelaku UKM yang telah tercatat sebagai menerima bantuan, dapat langsung mendatangi kantor BRI terdekat. Jangan lupa bawa identitas diri.

Untuk pencairan dana Banpres Produktif BPUM bisa dilakukan apabila nasabah sudah melengkapi dokumen. Dalam hal ini Surat Pernyataan dan atau kuasa Penerimaan Dana Banpres BPUM, serta SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak).

Dokumen Syarat Pencairan

Kemudian, dokumen yang menjadi syarat dalam proses pencairan bantuan meliputi;

– Buku Tabungan

– Kartu identitas diri dan Kartu ATM

Klik eform.bri.co.id/bpum Desember 2020 untuk melakukan cek penerima BLT UMKM BPUM. Kemudian, untuk mencairkan dana bantuan tersebut, penerima Banpres Produktif juga harus melengkapi dulu dokumen SPTJM (Surat Pernyataan, Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak). Atau surat Kuasa Penerima BLT BPUM.

Bank Penyalur BLT BPUM

Selain melalui BRI, pemerintah menunjuk dua bank lainnya sebagai penyalur BLT UMKM Banpres Produktif, yaitu BNI dan BSM (Bank Syariah Mandiri).

Bagi pelaku UMKM yang belum punya rekening pada ketiga bank penyalur tersebut, maka nantinya akan dibuatkan rekening. Penerima bantuan BPUM akan dibuatkan rekening melalui kantor cabang bank sebagai tempat pencairan bantuan.

Dalam proses pencairan bantuan tidak berlaku biaya administrasi, serta pengembalian atas Banpres Produktif. Pasalnya, bantuan ini adalah dana hibah, jadi bukan kredit atau pinjaman.

Itu artinya, penerima Banpres Produktif tidak akan kena biaya sepeserpun, baik saat proses administrasi maupun ketika penyalurannya.

Syarat dan Cara dapat BLT UMKM Rp2,4 Juta

Merangkum dari www.depkop.go.id, ada beberapa cara dan syarat untuk mendapatkan Banpres BPUM BLT UMKM yang jumlahnya sebesar Rp2,4 juta. Salah satunya dengan meng-klik eform.bri.co.id/bpum Desember sekarang ini.

Baca Juga : Dapat BLT UMKM Atau Tidak? Begini Cara Mengeceknya agar Cepat Cair!

Dalam bantuan tersebut, pemerintah hanya memberikannya kepada pelaku UKM yang sudah memenuhi kriteria. Untuk bisa mendapatkan BLT UMKM, calon penerima sebelumnya didaftarkan oleh pihak pengusul Banpres Produktif, yaitu;

– Bidang Koperasi dan UKM Dinas terkait

– Koperasi yang sudah mendapat pengesahan sebagai Badan Hukum

– Lembaga atau Kementerian

– Perusahaan pembiayaan dan perbankan yang telah terdaftar di OJK

Jika ingin mendapatkan Banpres Produktif BLT UMKM, segera mendaftar dengan mengajukannya kepada Kepala Dinas Koperasi dan UKM kabupaten/kota wilayah masing-masing.

Syarat Penerima BLT UMKM

Pemerintah hanya memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM sebesar Rp2,4 juta kepada;

– WNI (Warga Negara Indonesia)

– Memiliki NIK (Nomor Induk Kependudukan)

– Mempunyai Usaha Mikro

– Bukan TNI/POLRI, PNS/ASN, atau pegawai BUMD/BUMN

– Bagi pelaku UKM yang punya KTP serta domisili usaha berbeda bisa melampirkan SKU

Kemudian, calon penerima BLT UMKM dapat melengkapi data usulannya kepada pengusul dan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut;

– NIK (Nomor Induk Kependudukan)

– Mencantumkan nama lengkap

– Alamat tinggal yang sesuai KTP

– Bidang Usaha

– Nomor telepon atau handphone

Banpres Produktif Diperpanjang

Saat ini Menkop UKM RI, Teten Masduki, tengah mengusulkan kepada Komite PEN supaya Banpres (Bantuan Presiden) Produktif bisa diperpanjang.

Nilai bantuan yang telah tersalurkan mencapai 81,19 persen, atau sebesar Rp23,4 triliun dari jumlah yang pemerintah targetkan. Sedangkan, jumlah pelaku UKM yang telah mendapatkan bantuan baru sekitar 9,7 juta, sisanya sedang proses.

Klik eform.bri.co.id/bpum Desember untuk mengetahui data penerima BLT UMKM bulan Desember 2020. Program Banpres Produktif ini hanya berlaku bagi pelaku UKM yang masih unbankable.

Sementara itu, bagi UKM yang telah menjangkau fasilitas perbankan, bisa mengakses program, seperti bantuan lembaga pembiayaan maupun kredit perbankan. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

The post Klik eform.bri.co.id/bpum Desember, Cek Penerima BLT UMKM Bulan Ini appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/12/klik-eform-bri-co-id-bpum-desember-cek-penerima-blt-umkm-bulan-ini/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • seobet88@gmail.com
  • +62 877 9462 8641