Jenis Penyakit Meningitis, Berbahaya Bahkan Menimbulkan Kematian

Jenis Penyakit Meningitis, Berbahaya Bahkan Menimbulkan Kematian

Jenis penyakit meningitis cukup banyak. Anda perlu tahu dan mewaspadainya. Dengan mengetahui jenis penyakit tersebut, anda bisa memberikan penanganan lebih cepat.

Penyakit yang berbahaya, namun memang tidak sepopuler demam berdarah atau malaria. Jenis penyakit yang satu ini memang jarang sekali dijumpai.

Penyakit yang satu ini termasuk golongan langka dan berbahaya. Bahkan gejala awal timbulnya meningitis pun sulit diketahui. Sebab, gejala awal yang timbul mirip jika seseorang terserang flu, demam, bahkan sakit kepala.

Meningitis juga dikenal dengan radang selaput otak. Hal ini terjadi peradangan pada lapisan meningen yang melindungi otak dan syaraf tulang belakang.

Jika sudah terserang sakit yang satu ini, tentu harus segera melakukan pengobatan. Jika hanya anda diamkan saja, justru bisa membahayakan kesehatan.

Bahkan bisa timbul komplikasi seperti kehilangan penglihatan, gangguan pendengaran, hingga rusak pada bagian otak. Ada beberapa penyebab timbulnya penyakit yang satu ini.

Baca Juga : Waspada! Kebanyakan Makan Durian Bisa Picu Penyakit Mematikan

Dari sinilah muncul jenis penyakit meningitis yang bervariasi. Penyakit yang tergolong serius ini butuh penanganan yang tepat. Jika hanya dibiarkan saja, tentu dapat berujung kematian.

Beberapa Jenis Penyakit Meningitis

Meningitis terdiri dari beberapa jenis yang bisa menyerang siapa saja. Tidak hanya orang dewasa, namun penyakit ini juga bisa menyerang anak-anak, bahkan bayi.

Gejala yang ditimbulkan misalnya kehilangan nafsu makan, rewel, terus menangis ,dan terdapat benjolan lembut diatas kepala. Penyakit yang satu ini juga meningkat pada ibu hamil yang tidak menjalani imunisasi.

Peradangan pada otak ini terdiri dari beberapa jenis. Anda perlu tahu apa saja jenisnya agar bisa memberikan penanganan secara serius. Berikut ini jenis-jenis meningitis yang bisa anda tahu, antara lain:

1. Meningitis Bakteri

Jenis penyakit meningitis yang pertama yaitu meningitis bakteri. Penyakit yang satu ini memiliki potensi cukup besar mengancam jiwa penderita. Sebab, dengan adanya penyakit akan menimbulkan komplikasi serius yang berakibat fatal.

Hal ini akan terjadi jika tidak mendapatkan penanganan yang serius. Bakteri akan mudah menyebar melalui aliran darah dan pindah ke sumsum tulang belakang bahkan otak.

Baca Juga : Bahaya Gaya Hidup “Mager” Bisa Picu Penyakit Mematikan

Bakteri yang bisa mengakibatkan timbulnya meningitis antara lain Streptococcus pneumoniae, Haemophilus influenzae, dan Neisseria meningitidis.

Penularan bakteri ini akan sangat mudah dari satu orang ke yang lainnya. Penularan bisa melalui batuk, bersin, hingga kontak fisik.

Ada juga penularan yang disebabkan dengan adanya kontaminasi makanan. Gejala yang timbul yaitu demam, sakit kepala, dan masih banyak yang lainnya.

2. Meningitis Parasit

Jenis penyakit meningitis yang kedua yaitu parasit. Penyakit yang satu ini memang jarang sekali terjadi. Jika sudah terserang, maka akan menyebabkan infeksi pada otak yang mampu berkembang dengan cepat. Bahkan bisa menimbulkan kematian.

Setelah 7 hari terinfeksi meningitis yang satu ini, baru akan timbul gejala. Biasanya penderita akan kehilangan keseimbangan, kejang, bingung, dan halusinasi.

Penyebab yang menimbulkan penyakit ini datang dari parasit Naegleria fowleri yang terdapat pada air tawar hangat. Parasit tersebut akan masuk melalui hidung dan menyerang bagian otak. Penyakit meningitis parasit tidak menular.

Baca Juga : 5 Jenis Penyakit Peredaran Darah dari yang Ringan Hingga Mematikan

3. Meningitis Virus

Meningitis virus memang lebih umum terjadi dari jenis penyakit meningitis lainnya. Penyakit yang satu ini tidak cukup membahayakan.

Penyebabnya yaitu Enterovirus dengan gejala sama seperti meningitis bakteri. Jenis penyakit yang satu ini bisa sembuh tanpa pengobatan.

Namun, juga bisa berakibat fatal tergantung dari kondisi pasien. Bisa karena umur, riwayat penyakit lain, hingga kekebalan tubuhnya.

4. Meningitis Jamur

Jenis penyakit meningitis yang satu ini sama seperti jenis parasit. Penyakit ini cukup langka dan berkembang saat jamur memasuki aliran darah.

Siapa saja beresiko terserang meningitis jamur, apalagi dengan daya imun yang rendah. Penyakit ini bisa timbul karena adanya spora jamur dari tanah dan kotoran burung yang terhirup oleh tubuh.

5. Meningitis Non-Infeksi

Pada jenis terakhir ini termasuk penyakit tidak menular. Penyakit ini bisa timbul karena akibat kondisi medis lainnya. Misal cidera kepala, kanker, lupus, atau obat tertentu.

Gejala yang timbul hampir sama pada jenis lainnya. Hanya saja, terjadi sedikit perubahan pada kondisi mental. Itulah beberapa jenis penyakit meningitis yang perlu anda waspadai. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

The post Jenis Penyakit Meningitis, Berbahaya Bahkan Menimbulkan Kematian appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/12/jenis-penyakit-meningitis/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • seobet88@gmail.com
  • +63 929 163 2064