Jenis Gempa Bumi Berdasarkan Kedalamannya, Mana Paling Dahsyat?

Jenis gempa bumi dapat dikategorikan berdasarkan kedalamannya. Foto: Net/Ist.

Jenis gempa bumi dapat dikategorikan berdasarkan kedalamannya. Gempa bumi akan terasa ketika kita berada dapat daratan maupun permukaan laut. Getaran yang timbul sering kali menyebabkan kerusakan. Bahkan peristiwa gempa bumi juga bisa memakan korban jiwa.

Selain gempa tektonik dan gempa vulkanik, ada pengelompokan gempa bumi berdasarkan kedalamannya. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini ulasannya mengenai gempa bumi untuk Anda ketahui.

Jenis Gempa Bumi Berdasarkan Kedalamannya

Gempa Bumi Dangkal

Baca Juga : Peristiwa Gempa Bumi Terdahsyat Sepanjang Sejarah Dunia

Gempa bumi dangkal mempunyai kedalaman 0-35 km dan 35 – 70 km, dan gempa jenis ini biasanya berinteraksi karena adanya patahan yang bergerak atau bergeser. Patahan tersebut mengakibatkan gerakan gempa tektonik.

Namun, bisa juga terjadi karena adanya gerakan magma yang sering disebut gempa vulkanik.Biasanya gempa dangkal ini memiliki kekuatan 4 – 5 skala richter.

Gempa dengan kekuatan tersebut masih dalam kategori ringan, walaupun getaran terasa. Gempa bumi ringan ini bahkan sudah mampu merobohkan bangunan, dan menyebabkan berbagai kerusakan pada permukaan.

Selain kerusakan bangunan, gempa bumi dangkal juga dapat menyebabkan ilusi pada pandangan yang menyebabkan pandangan mata serta otak tidak stabil. Gejalanya seperti orang mabuk.

Jenis gempa bumi dangkal juga bisa terjadi pada permukaan laut. Hal ini terjadi akibat adanya pergerakan kerak bumi yang menyebabkan dislokasi. Bahkan bisa sampai memicu timbulnya tsunami.

Baca Juga : Ancaman Gempa Bumi dan Potensinya untuk Beberapa Tahun Kedepan

Adapun yang menjadi penyebab dislokasi karena terangkatnya kerak benua akibat sundulan kerak samudera. Getaran tersebut bisa mengakibatkan longsoran bawah laut.

Sedangkan, longsoran bawah laut bisa terjadi karena adanya lempeng pada daerah tubrukan yang curam, dan berpotensi menyebabkan kelongsoran.

Gempa Bumi Menengah

Jenis gempa bumi berdasarkan kedalamannya yang berikutnya adalah gempa bumi menengah yang memiliki kedalaman antara 70 – 150 km, dan 150 – 300 km.

Gempa menengah terletak pada kedalaman di bawah kerak bumi. Dengan begitu, kemungkinan gempa ini masih dapat diprediksi kapan akan terjadi.

Kemudian, gempa menengah yang terjadi pada laut Jawa tidak akan menimbulkan bencana tsunami. Karena gempa menengah tidak menimbulkan dislokasi pada permukaan laut. Jenis gempa menengah tidak mengalami pergeseran batuan yang berada di atas permukaan laut.

Jenis gempa menengah masih bisa menimbulkan kerusakan, sama halnya seperti gempa bumi dangkal. Bahkan, getaran gempa menengah bisa jauh lebih besar dari pada gempa bumi dangkal.

Baca Juga : Ikan Oarfish Pertanda Gempa Bumi? Ini Penjelasan Ahli

Gempa Bumi Dalam

Gempa bumi dalam adalah salah satu jenis gempa bumi yang memiliki kedalaman antara 300 – 500 km, dan 500 – 800 km. Jenis gempa ini cukup sering terjadi. Hanya saja tidak begitu terasa getarannya karena berada pada kedalaman 300 km.

Gempa bumi dalam biasanya akan mempengaruhi beberapa hewan yang hidup pada perairan luas. Gempa dalam akan terasa pada permukaan, serta bisa menimbulkan kerusakan apabila mempunyai gelombang yang besar.

Tapi karena berada jauh dari permukaan bumi atau berada dalam kerak bumi, sehingga gempa ini tidak terlalu berbahaya. Bahkan getarannya pun sangat jarang terasa pada permukaan daratan.

Nah, itulah beberapa pengelompokkan jenis gempa bumi berdasarkan dari kedalamannya. Terpenting, selalu berhati-hati dan mengetahui cara menanggulanginya apabila terjadi gempa dadakan. Selalu lindungi keluarga Anda dari guncangan gempa yang sering memakan korban. (Eva/R3/HR-Online)

Redaktur : Eva Latifah

The post Jenis Gempa Bumi Berdasarkan Kedalamannya, Mana Paling Dahsyat? appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/12/jenis-gempa-bumi-berdasarkan-kedalamannya-mana-paling-dahsyat/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • seobet88@gmail.com
  • +62 877 9462 8641