Hikmah Perilaku Jujur dalam Kehidupan Sehari-Hari, Biasakan Sejak Dini!

Hikmah Perilaku Jujur

Hikmah perilaku jujur penting untuk anda ketahui. Menurut islam, sangat penting dan dianjurkan untuk setiap umat manusia berperilaku yang jujur dalam kehidupan sehari-hari. Jujur memiliki makna yang luas, yaitu kesesuaian dari perkataan, perilaku, serta hati yang manusia lakukan.

Tentu saja, jika kesesuaian ketiga hal ini tidak seimbang, maka dapat dikatakan jika manusia tersebut bohong. Dengan demikian, akan sangat penting bagi semua umat menjalankan amalan ibadah ini untuk meningkatkan iman dan taqwa.

Baca juga: Perbedaan Infaq dan Shodaqoh yang Wajib Diketahui, Apa Saja?

Hikmah Perilaku Jujur

Jujur pada bahasa Arab berasal dari kata shidqu atau juga shiddiq yang artinya nyata atau berkata benar adanya. Salah satu sifat teladan Rasulullah SAW adalah jujur. Sehingga menjadi sosok yang teladan dan juga mulia untuk semua umat Islam di seluruh penjuru dunia.

Terdapat beberapa aspek yang ada dalam kehidupan sehari-hari mengenai sifat jujur. Sejak kecil, orang tua selalu mengajarkan kepada putra-putri mereka untuk berlaku jujur dan menghindari bohong.

Banyak hal yang dapat menjadi pelajaran atau bentuk dari sikap jujur tersebut. Kemudian, dalam agama Islam sendiri, jujur mempunyai keutamaan dan menjadikan manusia yang mempunyai sifat jujur bisa memperoleh rahmat serta pahala dari Allah SWT.

Berikut ini adalah beberapa hikmah perilaku jujur yang dapat anda ambil dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

Jujur sebagai Jalan Masuk Surga

Hikmah atau manfaat jujur bukan hanya untuk kepentingan duniawi saja, melainkan juga bermanfaat sebagai jalan manusia menuju surga kelak. Hal ini juga Rasulullah SAW sebutkan dalam sebuah hadits yang artinya:

Memperoleh Derajat yang Tinggi

Jujur adalah sifat yang mulia dan mendapatkan derajat yang tinggi oleh Allah SWT. Dengan menjadi orang yang bersifat jujur, maka hikmah perilaku jujur akan memperoleh kemuliaan serta derajat yang tinggi dari Allah. Seperti dalam firman Allah SWT dalam surat Al Maidah ayat 119:

Memperoleh Ampunan Dosa dan Mendatangkan Pahala

Setiap perintah dari Allah pasti akan mempunyai nilai kebaikan. Tak terkecuali perintah dalam melakukan sikap jujur. Jujur adalah salah satu amalan ibadah yang mulia dan tentunya akan mendapatkan pahala yang besar.

Memperoleh Pertolongan dan Doa Terkabul

Allah akan senantiasa menjamin kenikmatan setiap umat yang menjalankan amalan jujur. Salah satu hikmah perilaku jujur adalah memperoleh pertolongan serta mengabulkan doa yang umat tersebut panjatkan. Seperti yang tertuang dalam firman Allah dalam sebuah ayat QS. Ath Thalaq:2-4.

Terhindar dari Sifat Munafik

Terdapat ciri-ciri orang yang munafik seperti yang tertuang dalam sebuah hadits yang artinya,

Hikmah perilaku jujur dari bunyi hadits tersebut, manusia pun harus senantiasa berhati-hati untuk berbuat serta bertingkah laku. Kemudian, juga untuk senantiasa bersikap jujur dalam segala perbuatan serta bertutur kata supaya tidak termasuk dalam golongan orang yang munafik.

Baca juga: Senyuman adalah Ibadah Paling Murah Tanpa Rupiah

Memperoleh Ketenangan Hati

Orang yang memiliki sikap yang jujur bakal mendapatkan ketenangan dalam hatinya. Ia selalu merasakan kenyamanan dengan perbuatan yang ia lakukan serta kalimat yang ia ucapkan. Karena, segala sesuatu yang ia lakukan adalah benar serta tidak akan merugikan orang lain.

Sebagaimana hikmah perilaku jujur yang tertuang dalam sebuah hadits yang berbunyi:

(Muhafid/R6/HR-Online) Editor: Muhafid

The post Hikmah Perilaku Jujur dalam Kehidupan Sehari-Hari, Biasakan Sejak Dini! appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/12/hikmah-perilaku-jujur/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • seobet88@gmail.com
  • +62 877 9462 8641