Gubernur Jabar Arahkan DIPA dan Dana TKDD untuk Tangani Covid-19

Gubernur Jabar Arahakan DIPA dan Dana TKDD untuk Tangani COVID-19

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Gubernur Jabar Ridwan Kamil arahkan DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) dan dana TKDD (Transfer ke Daerah dan Dana Desa) tahun 2021 untuk memaksimalkan dalam penanganan Covid-19, serta pemulihan ekonomi.

“Kita fokuskan anggaran untuk memaksimalkan penanganan Covid-19. Semoga pandemi ini bisa segera terkendali,” ujar Ridwan Kamil saat penyerahan DIPA dan TKDD serta penyerahan piagam penghargaan WTP, Plaza Gedung Sate, Bandung,” Kamis (3/12/2020).

Dalam penanganan Covid-19 ini, Ridwan Kamil mengingatkan kepala daerah untuk perhatikan bantuan sosial bagi warga yang terdampak. Terutama masyarakat yang tingkat ekonominya terkendala. Pemberian bansos ini karena adanya kebijakan pengetatan kesehatan suatu daerah.

Penyerahan DIPA dan Dana TKDD ini sebagai awal rangkaian proses pelaksanaan APBN tahun 2021. Untuk Provinsi Jabar sendiri alokasi DIPA Satker (satuan kerja) kementerian/lembaga sebesar Rp 51 triliun. Kegiatannya tersebar di 27 kota /kabupaten.

Satker Kota Bandung Rp 21,6 triliun, Kabupaten Bogor Rp 2,8 triliun, Kota Bogor RP 2,3 triliun, Sumedang Rp 1,5 triliun, Subang Rp 1,4 triliun. Sedangkan untuk satker lingkup Pemerintah Provinsi Jabar sebesar Rp6,6 triliun. Antara lain kegiatan infrastruktur jalan Rp3,4 triliun, SDA sebesar Rp 617,4 miliar. Untuk sektor pendidikan Rp 390,3 miliar, pemulihan ekonomi sebesar Rp 386,9 miliar, kesehatan Rp76,1 miliar, perumahan Rp19,5 miliar, sosial Rp17,7 miliar, dan lainnya Rp1,7 triliun.

Sedangkan Dana TKDD adalah Rp68,7 triliun. Rincian, dana transfer Pemprov Jabar sebesar Rp 16,4 triliun dan dana transfer ke daerah kabupaten/kota sebesar Rp 52 triliun. Salah satunya meliputi Dana Desa Rp 5,6 triliun untuk 5.312 desa di Jabar.

Ridwan Kamil menuturkan terkait pemulihan ekonomi, pihaknya akan memanfaatkan TKDD dalam mendorong ketahanan pangan, pariwisata dan digitalisasi desa.

“Kita mencoba membantu desa, optimalisasi dalam jual beli untuk sektor UMKM. Juga memanfaatkan potensi pariwisata lokal dalam memulihkan ekonomi. Ketahanan pangan merupakan sektor penting dan akan menjadi unggulan Jabar pascapandemi Covid-19,” tegasnya. (Dang/R9/HR-Online)

Editor: Dadang

The post Gubernur Jabar Arahkan DIPA dan Dana TKDD untuk Tangani Covid-19 appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/12/gubernur-jabar-arahkan-dipa-dan-dana-tkdd-untuk-tangani-covid-19/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • seobet88@gmail.com
  • +63 929 163 2064