Cegah Warga BAB Sembarangan, Pemdes di Ciamis ini Bongkar Jerambah

Jerambah BAB Sembarangan

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka mencegah warganya buang air besar (BAB) sembarangan, pemerintah desa di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ini membongkar jerambah.

Jerambah sendiri merupakan tempat untuk buang air besar di atas kolam-kolam warga. Biasanya tempat BAB tersebut dihalangi dengan dinding dari bambu. Tempat untuk jongkoknya juga terbuat dari sebilah batang bambu yang diletakkan di tengah-tengah jerambah di atas kolam.

Pembongkaran jerambah tersebut bertujuan meningkatkan kualitas Kesehatan Masyarakat, selain itu juga mewujudkan Desa ODF (Open Defecation Free) atau bebas dari warga yang BAB sembarangan. 

Pemerintah Desa Pusakasari Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, bersama Tim Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), melakukan pembongkaran jerambah tersebut. 

Yayan MS, Camat Kecamatan Cipaku, mengatakan, pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat akan berpengaruh juga pada penyebaran penyakit di lingkungan sekitar. 

“Untuk memutus mata rantai penularan harus dilakukan rekayasa, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang Buang Air Sembarangan (BAB). Penyelesaian masalah sanitasi harus dilakukan melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat,” katanya, Jum’at (4/12/2020).

Yayan melanjutkan, Tim STBM harus menjadi ujung tombak dalam mengatasi persoalan Sanitasi, termasuk dalam pembongkaran jerambah. 

“Karena untuk mengatasi persoalan Sanitasi perlu menjadikan masyarakat sebagai subjek. Sehingga mereka sendiri yang akan menyusun, melaksanakan, dan mengevaluasi berbagai kegiatan yang dapat mengatasi persoalan Sanitasi di desa-nya,” jelasnya 

Yayan, menjelaskan, STBM merupakan pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan Sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat. 

“STBM mempunyai target yakni Bebas dari Buang Air Sembarangan (ODF). Lalu cuci tangan pakai sabun, pengelolaan makanan dan minuman rumah tangga. Serta pengelolaan sampah rumah tangga dan pengelolaan limbah air rumah tangga,” katanya.

Yayan, menambahkan, kelima target tersebut akan tercapai, apabila dilakukan melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat. (Edji/R7/HR-Online)

Editor: Ndu

The post Cegah Warga BAB Sembarangan, Pemdes di Ciamis ini Bongkar Jerambah appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/12/cegah-warga-bab-sembarangan-pemdes-di-ciamis-ini-bongkar-jerambah/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • seobet88@gmail.com
  • +62 877 9462 8641