Cara Screenshot di Laptop Berikut Bisa Anda Terapkan dengan Mudah

Cara Screenshot di Laptop

Berita Teknologi, (HarapanRakyat.com).- Seringkali orang mengetahui bahwa screenshot di laptop sebenarnya sangatlah mudah. Karena Anda bisa menggunakan tombol yang terdapat di laptop.

Namun beberapa orang terkadang masih bingung tentang cara menggunakannya. Berikut adalah beberapa cara screenshot di laptop yang mudah untuk Anda terapkan.

Screenshot dengan Menggunakan Print Screen

Cara yang paling mudah untuk melakukan screenshot di laptop adalah menggunakan tombol print screen. Pada laptop tombol print screen tertulis “Prtsc Sysrq”, berikut cara yang bisa Anda terapkan untuk melakukan screenshot pada laptop.

  1. Membuka Halaman

Pastikan Anda telah membuka halaman ataupun tampilan apapun yang ingin anda screenshot. Anda bisa men-screenshot tampilan desktop, word, video dan sebagainya.

  1. Tekan PrtSc Sysrq

Kemudian pastikan bahwa Anda sudah menampilkan tampilan yang benar. Tekan tombol print screen yang biasanya terletak di sisi kanan atas keyboard.

  1. Save As

Langkah terakhir, Anda hanya perlu mempaste bagian yang Anda screenshot tadi pada aplikasi Paint. Anda bisa mengeditnya terlebih dahulu, seperti memotong atau mengubah ukuran. Jika sudah, Anda tinggal menyimpan gambar tersebut sesuai dengan format yang anda inginkan.

Screenshot dengan Menggunakan Tombol Windows + Print Screen

Anda juga bisa melakukan screenshot menggunakan kombinasi tombol windows dengan print screen. Metode ini lebih mudah serta praktis jika ketimbang metode sebelumnya.

Anda tidak lagi membutuhkan Paint, karena gambar akan tersimpan secara otomatis.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda terapkan untuk screenshot menggunakan kombinasi windows + print screen.

Langkah pertama Anda harus membuka halaman yang ingin anda screenshot. Setelah berhasil membukanya Anda bisa menekan tombol windows + print screen secara bersamaan.

Jika sudah Anda bisa melihat hasil screenshot Anda dengan menuju direktori C:\Users[nama user]\Pictures\Screenshots. Hasil screenshot Anda sudah tersimpan secara otomatis di sana.

Screenshot dengan Menggunakan Kombinasi Tombol Alt + Print Screen

Cara screenshot di laptop berikutnya yaitu menggunakan kombinasi tombol alt + print screen. Metode ini akan men-screenshot tampilan layar yang aktif saja. Berikut ini cara penggunaannya:

  1. Tekan Alt + Print Screen

Langkah pertama hampir sama dengan langkah-langkah sebelumnya, Anda harus membuka halaman yang ingin anda ambil gambarnya. Kemudian tekan tombol alt + print screen secara bersamaan. 

  1. Save As

Anda bisa membuka Paint dan mempastenya di sana. Namun cara ini hanya menangkap gambar tampilan paling atas, jadi tidak semua tampilan akan tertangkap. Bagian belakang atau layar tidak akan tertangkap oleh cara ini.

Hal ini tentunya sangat membantu Anda yang hanya ingin mengambil bagian tertentu pada layar. Jadi tidak perlu mengeditnya, kemudian Anda tinggal menyimpan gambar tersebut.

Screenshot dengan Menggunakan Snipping Tool

Apabila tombol print screen bermasalah, Anda bisa menggunakan Snipping Tool. Aplikasi ini adalah bawaan windows, jadi Anda tidak perlu menginstalnya. Berikut ini cara penggunaan Snipping Tool:

  1. Buka Halaman

Langkah pertama Anda harus membuka tampilan yang ingin anda ambil gambarnya. Pastikan Anda sudah menampilkan semua hal yang ingin anda ambil gambarnya.

  1. Buka Snipping Tool

Setelah itu Anda bisa membuka aplikasi Snipping Tool. Cara yang paling mudah untuk membuka aplikasi ini adalah dengan mencarinya melalui fitur search. Anda bisa mengambil gambar dengan cara menekan bagian new.

Kemudian Anda bisa memilih bagian mana yang ingin anda ambil. Anda bisa mengambil semuanya, atau hanya bagian tertentu. Tentu saja cara screenshot di laptop yang satu ini jauh lebih mudah, karena Anda bisa menentukan bagian mana yang ingin anda ambil.

  1. Save As

Setelah preview screenshot tampil, untuk menyimpannya Anda tinggal memilih file > Save As. Kemudian Anda bisa menentukan tempat penyimpanan serta nama yang anda ingin gunakan untuk menyimpan file.

Screenshot dengan Menggunakan Tombol Windows + Shift + S

Cara yang selanjutnya adalah menggunakan kombinasi tombol windows + shift + s. Cara ini orang biasa menyebutnya dengan Snip & Sketch, yang juga menggunakan fitur bawaan Windows. Untuk melakukan Snip & Sketch Anda bisa melakukan cara di bawah ini:

  1. Buka Aplikasi Snip & Sketch

Anda harus membuka bagian atau halaman atau tampilan yang ingin anda ambil gambarnya. Kemudian Anda bisa tinggal menekan kombinasi tombol windows + shift + s, untuk membuka Snip & Sketch. Apabila aplikasi telah terbuka maka seluruh layar akan berubah menjadi abu-abu.

Kursor juga akan berubah menjadi tanda +, selanjutnya Anda hanya perlu menentukan area mana saja yang akan anda ambil. Aplikasi Snip & Sketch kemudian akan menampilkan bagian yang telah Anda ambil.

Ada beberapa notifikasi yang bisa Anda pilih. Anda juga bisa mengedit gambar dengan menambahkan highlighter, coretan dan lain-lain.

  1. Simpan

Setelah proses edit selesai Anda bisa menyimpan gambar tersebut. Caranya tinggal klik save dan gambar akan tersimpan secara otomatis. Cara screenshot di laptop satu ini cukup rumit namun Anda bisa memilih bagian tertentu dan mengeditnya. (Deni/R4/HR-Online)

Editor : Deni Supendi

The post Cara Screenshot di Laptop Berikut Bisa Anda Terapkan dengan Mudah appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/12/cara-screenshot-di-laptop/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • seobet88@gmail.com
  • +62 877 9462 8641