Buah untuk Asam Lambung yang Efektif, dari Pisang hingga Apel

buah untuk asam lambung

Buah untuk asam lambung bisa menjadi solusi praktis untuk mengatasi nyeri yang sering terjadi. Ada pisang, apel, pepaya, atau mangga. Selain tidak perlu repot, rasanya yang enak dan efektif mengatasi gangguan asam lambung.

Ada beberapa jenis gangguan lambung yang sering terjadi. Yang cukup sering adalah naiknya asam lambung atau populer dengan sebutan GERD. Gangguan ini memang mirip dengan maag namun agak berbeda.

Rekomendasi Buah untuk Asam Lambung

Saat asam lambung naik ada sejumlah gejala yang kita rasakan. Dari mual, sakit perut, hingga kondisi tubuh yang tidak nyaman. Sebelum memeriksakan ke dokter, Anda bisa mencoba mengonsumsi buah.

Ada beberapa jenis buah-buahan yang sangat direkomendasikan untuk mengatasi gangguan lambung. Nah, berikut ini beberapa jenis buah untuk asam lambung yang bisa Anda coba konsumsi.

Buah Pepaya

Siapa tak kenal dengan jenis buah yang rasanya manis ini. Pepaya kaya dengan berbagai jenis vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Termasuk dalam menurunkan asam lambung yang naik.

Pepaya banyak mengandung vitamin A, C, dan E yang bermanfaat untuk metabolisme tubuh. Buah ini juga mengandung papain, sejenis enzim protein larut yang ampuh dalam mengatasi gangguan lambung.

Sejumlah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi pepaya cukup efektif untuk meredakan naiknya kadar asam lambung. Karena itu saat gejala gangguan ini muncul segara makan buah pepaya.

Buah Semangka

Pilihan buah untuk asam lambung lainnya adalah semangka. Camilan yang kaya dengan kandungan air ini juga efektif untuk menurunkan dan mengatasi gangguan lambung. Apalagi rasanya juga manis dan menyegarkan.

Semangka juga kaya serat yang baik untuk menjaga sistem pencernaan. Yang menarik, buah berbentuk bulat halus ini juga kaya dengan fitokimia yang mampu mengontrol dan mengendalikan tingkat keasaman dalam lambung.

Buah Melon

Jenis lainnya yang masih sejenis dengan semangka, yaitu melon juga sangat baik dikonsumsi orang yang menderita gangguan asam lambung. Melon kaya dengan magnesium yang sangat berguna dalam mengontrol asam lambung.

Rasanya yang enak dan juga banyak mengandung air dan serat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh. Mengonsumsi melon secara teratur juga berguna mencegah asam lambung naik.

Buah Pisang

Rekomendasi buah untuk asam lambung yang juga baik adalah pisang. Makanan ini memiliki pH 5,6 sehingga baik untuk meredakan pH lambung yang naik. Kandungan vitamin dan mineralnya juga berguna untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Yang menarik, pisang juga kaya antioksidan yang sangat berguna untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Dengan mengonsumsi buah pisang akan bisa segera mengatasi gangguan lambung. Apalagi rasanya yang enak dan cukup mengenyangkan.

Buah Apel

Alternatif lainnya yang juga efektif mengatasi gejala asam lambung adalah buah apel. Buah yang sangat populer ini sangat kaya dengan kandungan kalsium, magnesium, maupun zat pektin yang efektif untuk mengatasi kolesterol.

Jika Anda merasakan perut yang terasa perih seperti gejala maag cobalah mengonsumsi buah apel. Rasanya yang manis asam cukup efektif untuk mengatasi gangguan asam lambung. Anda sebaiknya mengonsumsinya sebelum tidur.

Buah Mangga

Untuk alternatif buah untuk asam lambung lainnya yang bisa Anda pilih adalah mangga. Namun untuk mengatasi asam lambung sebaiknya pilih jenis mangga yang telah masak.

Rasanya yang manis dan kandungan nutrisinya sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Sedangkan kandungan antioksidan dan fitokimia dalam buah ini berguna untuk melindungi lambung dan menetralkannya.

Air Buah Kelapa Muda

Jika pilihan buah sebelumnya dengan mengonsumsi daging buahnya, kali ini pilihan lainnya adalah air degan atau kelapa muda. Minum air degan juga sangat berkhasiat untuk meredakan dan mengatasi asam lambung yang naik.

Makanan ini juga cocok sebagai buah untuk asam lambung. Kandungan elektrolit dalam air kelapa banyak khasiatnya untuk kesehatan. Selain bisa mencegah dehidrasi, elektrolit ini juga berfungsi menjaga kadar asam lambung tetap stabil.

Buah Mentimun

Berbeda dengan jenis buah sebelumnya, buah sayuran ini juga efektif untuk mengatasi asam lambung yang naik. Buah ini juga kaya cairan dan serat yang sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

Yang menarik, mentimun juga mengandung niacin yang ternyata efektif untuk mengatasi naiknya asam lambung. Unsur ini bersama serat sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Demikianlah beberapa rekomendasi buah untuk asam lambung yang bisa Anda pilih. Mengonsumsi makanan ini selain bisa mengendalikan gangguan lambung yang terlalu tinggi juga baik untuk kesehatan tubuh. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara

The post Buah untuk Asam Lambung yang Efektif, dari Pisang hingga Apel appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/12/buah-untuk-asam-lambung/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • seobet88@gmail.com
  • +63 929 163 2064