Wagub Uu Dukung Pemekaran Daerah di Jabar untuk Pemerataan Layanan

Pemekaran Daerah di Jabar

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mendukung adanya pemekaran daerah di Jabar. Hal itu ia ungkapkan saat beraudiensi bersama Forum Koordinasi Desain Penataan Daerah (Forkodetada) dan CDOB (Forum Calon Daerah Otonomi Baru), dari Gedung Sate, Bandung, Selasa (3/11/2020).

Dalam kesempatan ini, Forkodeta Jabar mengajukan 9 daerah pemekaran, yakni  Kota Lembang, Kabupaten Bandung Timur, Cikampek, Garut Utara, Indramayu Barat, Subang Utara, Bekasi Utara, Cianjur Selatan dan Cirebon Timur.

Uu mengatakan pengajuan pemekaran daerah di Jabar merupakan bukan hal baru. Asprasi dari masyarakat yang ingin adanya daerah otonom baru ini pun harus mendapat dukungan. Pemprov Jabar pun siap menjembataninya ke pemerinah pusat.

Saat ini Jabar terdapat 27 Kota/Kabupaten, terdiri dari 18 kabupaten dan 9 kota, 627 kecamatan, 5.312 desa dan 645 kelurahan.

“Memang keinginan pemekaran beberapa daerah kini muncul kembali. Pemprov Jabar pun harus mengakomodir keinginan masyarakat. Semoga dengan audiensi ini para pemegang kebijakan bisa mendengar keinginan warga Jabar. Karena ini keinginan bersama, tidak hanya satu atau dua kelompok,” jelasnya.

Menurut Uu, pemekaran daerah di Jabar juga penting untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Sekaligus dapat menunjang pemerataan anggaran ke daerah dan mempercepat pembangunan daerah. 

“Melalui pemekaran, pelayanan kepada masyarakat semakin hebat, dekat dan pembangunan semakin cepat, anggaran bisa semakin besar ke daerah,” kata Uu.

Uu pun meminta kepada pemerintah pusat untuk memperhatikan aspirasi pemekaran daerah ini. Karena keinginan ini tidak hanya sekarang melainkan sudah 20 tahun bergulir.

Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat webinar Universitas Paramdia, Rabu (14/10/2020) lalu, menyatakan pemekaran daerah adalah solusi untuk meningkatkan pembangunan Jabar. Karena secara ekonomi dalam pemerintahan, ada ketidakadilan fiskal untuk Jabar dari pemerintah pusat. Kondisi ini berpengaruh terhadap penggerakan ekonomi dan pelayanan publik. Untuk itu Jabar idealnya memiliki 40 Kota/Kabupaten. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang

The post Wagub Uu Dukung Pemekaran Daerah di Jabar untuk Pemerataan Layanan appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/11/wagub-uu-dukung-pemekaran-daerah-di-jabar-untuk-pemerataan-layanan/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064