Tips Dapatkan Telkom 4 Dengan Mudah untuk Parabola C-Band

Tips Dapatkan Telkom 4 untuk Parabola C-Band

Tidak sedikit yang bertanya bagaimana tips dapatkan satelit Telkom 4 dengan mudah atau tidak ribet?. Seperti kita ketahui, bahwa satelit Telkom 4 ini dalam beberapa bulan terakhir menjadi buruan oleh banyak pengguna parabola tipe jaring, atau berukuran besar.

Pasalnya, satelit Palapa D yang sebelumnya favorit pilihan pengguna parabola karena dihuni banyak chanel, namun kini sudah beralih ke Telkom 4.

Sebelumnya, seluruh channel berada di satelit Telkom 1. Namun karena ada kerusakan atau gangguan, maka channel tersebut migrasi ke Telkom 3S.

Sedangkan arah Telkom 1 dengan 3S sangat berbeda. Sehingga untuk mendapatkan siaran televisi harus merubah arah.

Tips Dapatkan Satelit Telkom 4

Nah, pada 7 Agustus 2018 lalu, satelit Telkom 4 atau nama lainnya Merah Putih sukses mengorbit pada 108.0 °E (Bujur Timur). Sehingga, lagi-lagi para pengguna parabola harus merubah arah karena berbeda orbitnya dengan 3S.

Namun karena pada saat itu Telkom 4 hanya diisi beberapa channel saja, dan paling banyak di Palapa D, maka banyak yang mengabaikannya. Pada saat itu, hanya ada Trans grup termasuk CNN, ANTV, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Transponder Terbaru Telkom 4 Semua Channel, Ini Daftarnya

Setelah satelit Merah Putih mengorbit, sehingga yang tadinya arah parabola pada Palapa D dan Telkom 3S maka harus merubahnya. Sedangkan untuk mendapatkan satelit Merah Putih, Anda memerlukan tips untuk dapatkan satelit Telkom 4 tersebut.

Akan tetapi, masalahnya tidak semua orang bisa me-lock atau mengunci satelit tersebut. Sebab, jika Anda salah dalam mengatur arah parabola, maka resikonya adalah channel yang ada pada Palapa D menjadi hilang.

Dengan resiko tersebut, tidak sedikit orang yang mundur atau tidak jadi mengubah arah parabola.

Cara Tracking Telkom 4 Secara Manual

Umumnya memang untuk parabola terpasang 2 LNB (Low-noise block downconverter), yaitu Telkom dan Palapa D dengan jenis C-Band.

Sebelum ada Telkom 4, semua channel yang ada di Telkom 1 pindah ke 3S. Sehingga, Anda perlu mengubah arah parabola.

Setelah satelit Merah Putih mengorbit, maka untuk tips untuk dapatkan satelit Telkom 4 dari 3S, tinggal mengubah posisi arah LNB parabola tersebut.

Baca Juga : Frekuensi Terbaru Palapa Setelah Migrasi ke Satelit Telkom 4

Pasalnya, jarak antara LNB Palapa D dengan Telkom 3S berjarak 5 derajat, atau hampir sama dengan jarak antara Palapa dengan Telkom 4.

Sehingga, untuk yang sudah pernah mencari Palapa D-Telkom 3S dengan cara mengubah arah tiang fokus yang berbentuk seperti cangkul itu, maka Anda tinggal mengembalikan arah tiang tersebut kembali seperti semula.

Caranya adalah dengan memutar tiang fokus itu hingga 180 derajat, seperti posisi Palapa D-Telkom 1. Akan tetapi dengan catatan, untuk settingan receiver parabola tidak berubah.

Jadi, tips untuk dapatkan satelit Telkom 4 pada receiver seperti semula. Telkom 4 pada Port 1/LNB 1, untuk yang 22 KHz tetap ON. Sementara pengaturan Palapa D pada Port 2/LNB 2, untuk 22 KHz tetap OFF.

Ada cara lainnya untuk mendapatkan satelit Merah Putih, yaitu dengan tidak memutar LNB atau tiang cangkulnya. Jadi yang hanya berubah yaitu pada pengaturan receiver, atau kembali settingan awal.

Baca Juga : TP Telkom 4 Terbaru 2020, Dari yang Gratisan sampai Berbayar

Apabila sebelumnya Telkom 3S pada Port 1/LNB 1 untuk 22 KHz ON, dan Palapa D pada Port 2/LNB 2 22 KHz-nya OFF, maka harus diubah.

Caa mengubahnya, settingan Palapa D menjadi Port 1 dengan 22 KHz ON, sedangkan Telkom 4 pada Port 2 menjadi OFF.

Sesudah mengubah settingan receiver, maka langkah selanjutnya ialah menggeser atau menggerakkan arah parabola. Namun, ketika menggeser lakukan secara perlahan-lahan, sambil Anda memantau intensitas sinyal pada layar televisi.

Jika channel yang menjadi acuan sudah terkunci, langkah terakhir tinggal melakukan blind scan atau pencarian buta pada Palapa D serta Telkom 4.

Tips Dapatkan Satelit Telkom 4 Menggunakan Positioner

Sebelum membahas tips yang kedua, terlebih dulu harus mengetahui apa itu positioner. Positioner ini fungsinya adalah untuk menggerakkan atau menggeser arah secara otomatis. Tentunya dengan fungsi tersebut, maka sangat memudahkan pengguna ketika akan mengubah arah parabola.

Lantas bagaimana caranya mencari Telkom 4 jika pengguna menggunakan positioner?.

Baca Juga : Frekuensi RCTI, MNCTV dan Global TV Terbaru di Telkom 4

Langkah yang pertama adalah menambahkan atau memasukkan frekuensi atau transponder Telkom 4 ke receiver parabola. Untuk yang paling mudah adalah frekuensi milik Trans 7, yaitu 3875 H 6000.

Tips dapatkan satelit Telkom 4 menggunakan positioner selanjutnya, menggerakkan arah parabola dengan menggunakan remote actuator.

Gerakkan dengan perlahan-lahan sembari melihat layar televisi, atau sampai signal quality sangat besar.

Dan langkah terakhir, apabila sinyal salah satu channel Telkom 4 sudah Anda dapatkan, maka tinggal melakukan “pencarian buta” pada receiver.

Dengan panduan tips dapatkan satelit Telkom 4 tersebut, maka untuk pengguna yang masih awam dapat mencoba atau mempraktekkannya. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Subagja Hamara

The post Tips Dapatkan Telkom 4 Dengan Mudah untuk Parabola C-Band appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/11/tips-dapatkan-telkom-4/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064