Tingkatkan SDM, Kabag Humas Setda Ciamis Inisiasi Inovasi Klimaks PPJ

Kabag Humas Setda Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kepala Bagian (Kabag) Humas Setda Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, membuat inovasi melalui Klinik Maksimalisasi (Klimaks) Protokoler, Photography, dan Jurnalistik (PPJ).

Peluncuran Klimaks PPJ ini dilakukan pada Senin, 2 November 2020, bertempat di Aula Rapat Setda Kabupaten Ciamis. Pjs Sekda Kabupaten Ciamis, Toto Marwoto meluncurkan Klimaks PPJ.

Perwakilan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kabupaten Ciamis juga turut hadir pada acara peluncuran Klimaks PPJ.

Ani Supiani, Kabag Humas Ciamis, mengatakan latar belakang inovasi Klimaks PPJ lantaran terbatasnya personil Humas Setda. Sementara intensitas kegiatan begitu padat. Karena itu, perlu adanya SDM yang mumpuni pada setiap SKPD di lingkup Pemkab Ciamis.

“Output yang kita harapkan adalah ada tim khusus yang paham teknis keprotokolan untuk mengatur suatu kegiatan, termasuk masalah fotografi untuk dokumentasi kegiatan. Selain itu juga perlu keahlian jurnalis untuk informasi publik,” katanya.

Inovasi Klimaks PPJ ini sudah sesuai dengan Pasal 40 Perbup Ciamis Nomor 37 Tahun 2016. Dasar hukum lainnya, yakni Undang-undang Nomor 14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Pelaksanaannya sudah berpegang teguh pada dasar hukum yang berlaku. Ini upaya penguatan inovasi yang dilakukan sesuai dengan tupoksi Humas sendiri,” jelas Ani.

Klimaks PPJ sendiri, menurut Ani, merupakan program optimalisasi SDM pada setiap SKPD bidang Kehumasan.

“Aksi ini disusun untuk mewujudkan kemandirian SKPD dalam menyelenggarakan setiap kegiatan sesuai protokol. Selain itu juga sebagai eksistensi lembaga dalam publikasi kepada media,” jelasnya.

Inovasi Klimaks PPJ Kembangkan SDM

Sementara Toto Marwoto, Pjs Sekda Ciamis, mengatakan, inovasi Klimaks PPJ merupakan inisiatif dari Kabag Humas. Ini merupakan upaya untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia di OPD lingkup Pemkab Ciamis.

“Kita tahu banyak kegiatan yang digelar di tiap OPD. Kadang kegiatan ini jarang terekspos. Harapannya dengan inovasi Klimaks PPJ ini bisa mewujudkan keterbukan informasi. Selain itu juga mewujudkan eksistensi dan target pencapaian kinerja tiap OPD,” kata Toto.

Terbatasnya SDM dalam bidang Kehumasan, menurut Toto bisa teratasi lewat Klimaks PPJ. “Semoga apa yang diupayakan oleh saudari Ani Supiani sebagai penginisiasi aksi ini bisa berjalan sukses dan tanpa hambatan,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan, Rizal Nurdiana, perwakilan PWI Kabupaten Ciamis. Rizal mengapresiasi aksi perubahan yang digagas Kabag Humas Setda Ciamis.

“Optimalisasi fungsi Kehumasan pada tiap OPD ini sangat diperlukan. Apalagi saat ini dengan cepatnya digitalisasi informasi. Itu perlu didukung dengan siapnya SDM,” katanya.

Ketua IJTI, Yopi Andreas juga mendukung inovasi yang digagas Kabag Humas Setda Ciamis. “Penetrasi informasi terkait kegiatan pada tiap OPD kepada masyarakat perlu dilakukan, bisa dalam bentuk narasi teks, grafik, maupun video,” jelasnya.

Menurut Yopi, kehadiran inovasi Klimaks PPJ ini diharapkan mampu memberi dampak terhadap eksistensi dan keterbukaan informasi,” katanya. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu

The post Tingkatkan SDM, Kabag Humas Setda Ciamis Inisiasi Inovasi Klimaks PPJ appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/11/tingkatkan-sdm-kabag-humas-setda-ciamis-inisiasi-klimaks-ppj/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064