Sumber Air Panas di Baregbeg Ciamis, Badan Geologi Lakukan Penelitian

Sumber Air Panas

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Sudah sejak lama sumber air panas di Dusun Nanggewer, Desa Jelat, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ditemukan. Namun kini Badan Geologi dari Bandung baru melakukan pengecekan dan penelitian mata air panas tersebut.

Camat Baregbeg Edi Yulianto mengatakan Badan Geologi telah datang beberapa hari dan melakukan penelitian dengan pendampingan dari Pemdes Jelat. Mereka melakukan penelitian hanya satu hari saja dengan mengecek suhu dan pengambilan sampel air untuk penelitian lebih jauh.

“Awalnya mereka tahu dari medsos, lalu datang ke sini untuk mengecek sumber air panas Nanggewer Jelat tersebut,” ujar Edi melalui sambungan telepon, Jumat (20/11/2020).

Edi menjelaskan berdasarkan hasil laporan langsung, penelitian ini untuk mengungkap asal sumber panas tersebut. Mengingat wilayah Ciamis tidak memiliki gunung berapi. Selain itu untuk mengetahui kandungan air tersebut.

“Memang dari hasil pengecekan itu, suhu air ini hanya sekitar 37 derajat Celcius, tidak terlalu panas tapi juga tidak dingin seperti air normal pada umumnya. Debit airnya pun cukup kecil,” ucap Edi.

Tujuan penelitian ini sekaligus untuk menggambarkan lokasi sumber air panas ini berpotensi menjadi lokasi wisata atau tidak. Untuk saat ini, sumber air tersebut dimanfaatkan untuk keperluan air bersih pesantren sekitar.

“Dengan penelitian ini tentunya kami bersama pemerintah desa akan melakukan pengkajian lebih dalam. Terutama untuk pemanfaatannya sebagai destinasi wisata. Karena memang harus mempertimbangkan sarana dan prasarana pendukung lainnya,” jelas Edi.

Eddy pun menyatakan tak menutup kemungkinan lokasi tersebut menjadi sebuah destinasi wisata, yang akan dapat memberikan pemasukan untuk desa. Namun ketika akan menjual destinasi air panas tersebut masih butuh penelitian lebih jauh.

HR-Online pun sempat mendatangi sumber mata air panas tersebut. Memang lokasinya cukup jauh dari jalan raya dan letaknya cukup tersembunyi. Hannya saja, lokasi sekitarnya cukup mumpuni dengan kondisi alam yang indah, serta terdapat Sungai Ciharus yang memiliki air jernih serta beberapa lokasi yang bisa menjadi beberapa obyek wisata untuk swafoto. (Dang/R9/HR-Online)

Editor: Dadang

The post Sumber Air Panas di Baregbeg Ciamis, Badan Geologi Lakukan Penelitian appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/11/sumber-air-panas-di-baregbeg-ciamis-badan-geologi-lakukan-penelitian/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064