Shock Upside Down, Lakukan Perawatan Agar Bisa Bekerja Optimal

Shock Upside Down, Lakukan Perawatan Agar Bisa Bekerja Optimal

Shock upside down atau yang biasa disebut dengan shock USD merupakan salah satu komponen yang ada pada sepeda motor. Agar bisa bekerja secara optimal, tentunya anda perlu melakukan perawatan yang benar pada komponen tersebut.

Ada dua jenis shock pada kendaraan roda dua ini, yaitu sistem suspensi teleskopi dan shock USD. Suspensi shock USD memiliki bahan berkualitas tinggi sehingga harganya cukup mahal.

Bahan dasarnya yaitu dari alumunium dan magnesium. Ada banyak kelebihan dari suspensi shock USD daripada teleskopik. Karena alasan inilah mengapa sebagian besar orang memilih menggunakannya.

Hanya saja, jenis suspensi yang satu ini memang tidak tepat jika anda gunakan untuk kendaraan harian. Pada umumnya, suspensi jenis shock USD ini biasa ada pada motor GP dan superbike.

Sebagian besar orang menggunakannya karena desainnya menarik dan keren. Namun, jika komponen kendaraan tersebut tidak anda rawat dengan baik, tentu tidak bisa bekerja secara optimal.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Bagi pecinta dunia otomotif, mungkin hal ini bukan menjadi aktivitas yang sulit. Namun, bagi pemula tentu belum tahu bagaimana cara merawat shock upside down yang baik dan benar.

Cara Merawat Shock Upside Down

Sokbreker atau redam kejut memang selalu mengalami perkembangan. Hal ini terjadi sesuai dengan peningkatan teknologi sepeda motor.

Salah satu yang berkembang saat ini yaitu sistem upside down atau USD. Bahkan piranti kendaraan yang satu ini sudah banyak tersedia pada penjual aksesoris kendaraan.

Bagi yang hobi dunia otomotif, tentu tidak asing lagi dengan sistem USD. Bahkan lebih memilih menggunakannya daripada teleskopik.

Bagi kendaraan yang sudah menggunakan komponen tersebut, wajib untuk merawatnya. Karena harganya yang cukup tinggi, sebaiknya berikan perawatan yang tepat agar komponen bisa lebih awet.

Cara merawat komponen ini tidaklah sulit. Jenis suspensi yang satu ini memang berbeda dengan yang konvensional. Bagian bawah yang masuk ke dalam akan lebih rentan terkena kotoran.

Jika hal ini tidak anda bersihkan, akan mengganggu performanya. Anda bisa melakukan perawatan dengan cara membersihkan batang shock upside down. Hal ini agar menjaga suspensi tetap dalam kondisi baik.

Gunakan lap basah, kemudian anda lap kering. Alangkah sebaiknya anda bersihkan menggunakan air dan sabun agar kotoran yang melekat bisa hilang.

Baca Juga : Komponen Fuel Pump Motor, Mempengaruhi Kinerja Mesin Kendaraan

Kemudian isi oli yang sesuai agar pas. Penggantian oli pada shock biasanya mencapai kurang lebih 2-3 tahun. Jika kondisi oli sudah encer, tentunya daya redamnya juga akan berkurang.

Tidak hanya itu saja, sebaiknya buang angin yang ada pada shock upside down. Jika tidak anda lakukan, akan mempengaruhi pada keawetan sealnya.

Membuang angin pada shock USD perlu anda lakukan, sebab pergerakan as naik turun yang kelamaan bisa menghasilkan angin. Jika belum ada pelengkap air blandernya, anda bisa buka bagian cover yang atas.

Kelebihan Suspensi Shock Upside Down

Suspensi USD memiliki spesifikasi mesin berkapasitas tinggi atau moge. Bentuknya seperti tabung yang terikat segitiga. Suspensi yang satu ini memiliki redam yang lebih keras daripada teleskopik.

Baca Juga : Fungsi Lubang Kecil pada Rem Cakram Motor

Sehingga cocok untuk sepeda motor yang memiliki kecepatan tinggi. Adapun kelebihan dari suspensi shock USD. Pertama, tampilan kendaraan akan lebih keren dan eye catching.

Kelebihan yang bisa anda rasakan yaitu peredam lunak dan nyaman untuk kecepatan tinggi. Saat anda gunakan juga bisa membuat sepeda motor lebih stabil yang dipacu dengan kecepatan tinggi.

Itulah beberapa kelebihan yang mengapa sebagian besar orang menggunakan suspensi USD pada kendaraannya. Namun, USD kurang tepat untuk kendaraan sehari-hari dan reboundnya cukup lama dan keras.

Kekurangan Suspensi Shock Upside Down

Selain memiliki kelebihan, shock yang satu ini juga memiliki kekurangan. Suspensi jenis yang satu ini sering bocor dan mudah patah. Hal ini bisa terjadi jika kendaraan membawa bobot yang terlalu berlebihan.

Tidak hanya itu saja, suspensi yang satu ini juga memiliki harga yang lumayan tinggi. Tergantung dari spesifikasinya. Menggunakan suspensi USD ada kelebihan dan kekurangannya.

Namun, sudah banyak orang yang menggunakan suspensi ini karena nyaman dan empuk. Agar bisa bekerja secara optimal, jangan sampai anda melupakan perawatan shock upside down. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Rem Sepeda Motor, Kenali Sistem Kerja dan Jenisnya

The post Shock Upside Down, Lakukan Perawatan Agar Bisa Bekerja Optimal appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/11/shock-upside-down/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • seobet88@gmail.com
  • +62 877 9462 8641