Seluruh Desa di Jabar Segera Punya Penghafal Al-Qur’an, 2 Tahun Lagi

Seluruh Desa di Jabar Segera Punya Penghafal Al-Qur’an, 2 Tahun Lagi

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Seluruh desa dan kelurahan di Provinsi Jawa Barat (Jabar) bakal segera memiliki 1 penghafal Al-qur’an (hafidz) dalam kurun waktu dua bulan.

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan melalui program satu desa satu hafidz (Sadesha), pada tahun 2019 telah menciptakan 1.500 hafidz. Pemprov Jabar bekerjasama dengan PW JQH Nahdlatul Ulama.

Uu menerangkan, Program Sadesha ini ada dua kategori, yakni beasiswa untuk penghafal Al-Qur’an dan pemberdayaan hafidz untuk menjadi pengajar ke desa-desa. Tujuannya untuk mencetak hafidz baru.

Kali ini, Sadesha tahap II yang launching pada 21 Oktober 2020, memiliki 4.500 peserta. Jumlah tersebut masih adan bertambah dalam 2 tahun ke depan. Sehingga jumlahnya 5.312 dan 645 kelurahan se Jawa Barat. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan 1 hafidz setiap desa dan kelurahan.  

“Minimal dalam 2 tahun bisa memenuhi 1 desa atau 1 kelurahan memiliki 1 hafidz. Nantinya para hafidz ini akan menyampaikan ilmunya ke masyarakat Jabar setiap desa dan kelurahan,” ujar Uu, Kamis (12/11/2020).

Program Sadesha ini adalah untuk mewujudkan visi Jabar Juara Lahir Batin. Selain melahirkan para penghafal Al-qur’an, Pemprov Jabar pun memiliki segudang program keagamaan lainnya. Seperti, program magrib mengaji, OPOP atau One Pesantren One Product, Subuh Berjamaah, English for Ulama dan lainnya.

Program tersebut bertujuan untuk menciptakan nuansa Jabar yang religius, dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan masyarakat.

“Dengan keimanan kuat dan ketakwaan masyarakat kuat, serta ketaatan kepada pemerintah juga hebat, artinya Jabar akan tetap memiliki nuansa religius,” ungkap Uu.

Pembinaan keagamaan setiap daerah lewat beasiswa para calon penghafal Al-quran 30 juz serta pemberdayaan para hafidz ini menjadi inti pembentukan karakter. Masyarakat berpikir ke depan serta bisa bergerak dalam mengembangkan dakwah islamiah secara persuasif.  (R9/HR-Online)

Editor: Dadang

The post Seluruh Desa di Jabar Segera Punya Penghafal Al-Qur’an, 2 Tahun Lagi appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/11/seluruh-desa-di-jabar-segera-punya-penghafal-al-quran/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064