Puskesmas Cigayam Ciamis Gencar Tes Warga Kontak Erat Covid-19

Puskesmas Cigayam Ciamis Gencar Test Warga Kontak Erat Covid-19

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Puskesmas Cigayam bersama Satgas Covid-19 Kecamatan Banjaranyar gencar melakukan swab test terhadap warga kontak erat pasien positif Covid-19. Terutama untuk warga Dusun Pangadegan, Desa Cigayam, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Kepala UPTD Puskesmas Cigayam Ari Angga Rianto mengatakan pemeriksaan tersebut bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat penyebaran Covid-19  wilayah kerjanya. Setelah sebelumnya ada temuan kasus terkonfirmasi positif.

“Kegiatan ini oleh Puskesmas Cigayam dan  lintas sektor, seperti pihak kecamatan , polsek dan Koramil,” katanya  kepada HR Online, Minggu (1/11/2020).

Ari mengakui dalam pelaksanaan swab test Sabtu (31/10/2020) kemarin tidak maksimal. Terutama saat menjaring sasaran karena berbagai alasan dari masyarakat. seperti karena sedang banyak yang beraktifitas, bekerja ke kebun, atau keluar daerah.

“Hal seperti ini yang menjadi salah satu kendala kami, dan ini akan kita jadikan evaluasi lagi,” katanya.

Ari mengatakan pihak nya juga mengaku kesulitan saat mengatasi masalah covid-19 saat ini. Pemikiran warga terutama yang kontak erat kurang pro aktif sering membuahkan benturan di lapangan.

“Sebagian masyarakat yang harus mengikuti swab test, mereka banyak yang menolak, berbagai alasan. Seperti halnya alasan takut ketahuan positif yang akhirnya harus isolasi mandiri. Mereka khawatir kebutuhan hidupnya tidak terpenuhi secara utuh,” ungkapnya.

Menurut Ari, masyarakat berpikir meski ada bantuan dari pemerintah tapi itu tidak sebanding. Mindset masyarakat selalu saja seperti itu, meski pihaknya gencar melakukan sosialisasi dan edukasi.

Ari berharap masyarakat lebih pro aktif dalam melawan penyebaran Covid-19. Warga harus konsosten mematuhi protokol kesehatan 3M. Mulai dari memakai masker, sering mencuci tangan dengan sabun, dan tetap ingat selalu menjaga jarak. (Suherman/R9/HR-Online)

Editor: Dadang

The post Puskesmas Cigayam Ciamis Gencar Tes Warga Kontak Erat Covid-19 appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/11/puskesmas-cigayam-ciamis-gencar-tes-warga-kontak-erat-covid-19/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064