Petani Porang Pangandaran Sekali Panen Tembus Rp 3 Miliar

Petani Porang Pangandaran Sekali Panen Tembus Rp 3 Miliar

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com).- Kabupaten Pangandaran berpotensi menjadi salah satu wilayah untuk pengembangan tanaman porang.

Selain karena perawatan mudah dan bernilai ekonomi tinggi, wilayah daerah ujung timur Jabar ini juga sangat mendukung.

Adang Hidayat, salah satu petani porang asal Langkaplancar, mengatakan, ia sudah mencoba membudidaya tumbuhan ini sejak tahun 2017 lalu dengan modal Rp 10 juta.

Pada tahun pertama, ia mendapatkan hasil sekitar Rp 75 juta. Sementara pada tahun kedua dengan modal Rp 850 juta setelah panen mencapai Rp 3 miliar.

“Makanya ini sangat layak sekali untuk dikembangkan di sini. Apalagi kalau benar-benar berkembang bisa mendongkrak ekonomi petani,” katanya.

Pada tahun ini, ia menanam pada tanah seluas 20 hektar, dengan rincian 10 hektar di Desa Bojongkondang, 5 hektar Desa Mekarwangi dan sisanya Desa Karangkamiri dengan mempekerjakan sebanyak 40 orang.

Selain itu, ia juga mengaku memiliki beberapa petani binaan se Kabupaten Pangandaran yang mengelola lahan sekitar 200 hektar. 

“Sehingga ke depan Pangandaran insya Alloh akan menjadi penghasil porang yang lumayan banyak,” katanya lagi.

Baca Juga: Jabar Akan Budidaya Porang, Perkuat Pertanian Saat Pandemi Covid-19

Benih Porang Mahal

Menurutnya, sebetulnya banyak sekali petani yang ingin mengembangkan porang, namun kebanyakan dari mereka tidak memiliki modal yang cukup karena benih yang tergolong mahal.

Untuk 1 kilogram harga benih saat ini mencapai Rp. 300 ribu sampai Rp. 350 ribu.

Sementara itu, untuk harga umbi porang basah lokal sekitar Rp. 10.000 sampai Rp.11.000 per kilogramnya, dan untuk porang kering atau cip kisaran Rp.50.000 sampai Rp.80.000 per kilogramnya.

“Sedangkan untuk harga tepung porang jenis premium kisaran harganya mencapai Rp.600 ribu sampai Rp. 1.600.000,” imbunya.

Porang, kata Adang sangat kaya akan karbohidrat. Sehingga jadi sangat baik untuk bahan makanan, bisa jadi bahan obat- obatan, kosmetik dan banyak lagi yang lainnya.

Melihat potensi seperti ini, ia berharap pemerintah memfasilitasi para petani agar Pangandaran benar-benar menjadi penghasil porang terbesar Jawa Barat.

“Pemerintah jangan hanya melirik saja, namun pemerintah harus mendorong dan memfasilitasi apa yang menjadi hambatan para petani,” pungkasnya. (Enceng/Koran HR)

The post Petani Porang Pangandaran Sekali Panen Tembus Rp 3 Miliar appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/11/petani-porang-pangandaran-sekali-panen-tembus-rp-3-miliar/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064