Perbedaan Protein Hewani dan Nabati yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Perbedaan Protein Hewani dan Nabati yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Perbedaan protein hewani dan nabati memang sangat mencolok. Hal ini tentunya pada jenis kandungan yang ada pada masing-masing protein. Fungsi dari kedua protein ini juga berbeda bagi tubuh manusia.

Tubuh sudah pasti membutuhkan protein. Setidaknya ada 20 persen pembentuk tubuh adalah protein. Bahkan seseorang mendapatkan rekomendasi untuk mengonsumsi protein sebanyak 0,8 gram protein per kg berat tubuh.

Nah, protein ini bisa berasal dari hewan maupun tumbuhan. Sumber protein yang berbeda juga akan menghasilkan peran yang berbeda pula. Inilah salah satu perbedaan yang sangat mencolok bagi kedua protein ini.

Perbedaan Protein Hewani dan Nabati

Protein merupakan salah satu nutrisi penting bagi tubuh manusia. Berperan sebagai pembentuk sel baru dan memelihara sel dalam tubuh. Tak hanya itu, protein juga mempengaruhi kerja enzim, hormon, imunitas, dan cairan tubuh.

Unit dasar yang menyusun protein berupa asam amino esensial dan asam amino non esensial. Asam amino esensial merupakan kandungan yang ada pada makanan yang mengandung protein. Baik hewani maupun nabati.

Berikut adalah perbedaan protein nabati dengan protein hewani:

Baca Juga: Tanda Tubuh Kekurangan Protein, Waspada!

Kandungan Asam Amino yang Berbeda

Tubuh nantinya akan menyerap asam amino yang merupakan struktur terkecil dari protein. Ada 20 jenis asam amino yang tubuh gunakan dalam memenuhi kebutuhan protein. Untuk hasil yang optimal, tubuh membutuhkan semua jenis asam amino yang ada.

Protein hewani yang berupa daging, ikan, daging unggas, telur susu, dan lainnya mengandung asam amino esensial. Sedangkan protein nabati terkandung pada kacang-kacangan. Hal ini kecuali pada kandungan kacang kedelai.

Protein Hewani Kaya Akan Mineral dan Vitamin

Perbedaan protein hewani dan nabati selanjutnya adalah pada jumlah mineral dan vitamin yang terkandung. Makanan sumber hewani memiliki zat gizi mikro yang tinggi daripada nabati. Dengan kata lain, protein hewani kaya akan vitamin dan mineral.

Misalnya vitamin B12, vitamin D, DHA, zat besi heme, zink, dan lain sebagainya. Tentu masing-masing kandungan memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Protein Nabati Tanpa Ada Kolesterol dan Asam Lemak Jenuh

Walaupun protein hewani lebih banyak mengandung gizi yang lengkap, tapi anda harus berhati-hati ketika mengonsumsinya. Sebab kebanyakan dari protein hewani mengandung kolesterol dan asam lemak jenuh. Hal ini yang sangat berbeda dengan protein nabati.

Sebab protein nabati tidak mengandung kolesterol dan asam lemak jenuh. Bahkan mengonsumsi protein nabati bisa menurunkan kolesterol darah. Kolesterol yang ada pada protein hewani yang sangat tinggi justru memicu kanker, jantung, dan lain sebagainya.

Perbedaan protein hewani dan nabati perlu anda perhatikan. Sebab terlalu banyak konsumsi daging merah bisa memicu penyakit kardiovaskular. Salah satunya adalah penyakit stroke.

Dengan begitu, penting bagi anda berhati-hati saat mengonsumsi protein hewani. Namun, bukan berarti terlalu banyak mengonsumsi protein protein baik bagi kesehatan. Sesekali perlu mengonsumsi makanan yang mengandung protein hewani.

Baca Juga: Tahapan Sintesis Protein Berperan Penting Sebagai Pondasi Tubuh

Protein Nabati Bantu Turunkan Berat Badan

Mengonsumsi makanan tinggi protein seperti vegetarian memang banyak memberikan manfaat bagi kesehatan. Sebab kelompok vegetarian cenderung memiliki berat badan yang ideal. Mereka juga memiliki tekanan darah yang lebih rendah.

Hal ini berbeda dengan seseorang yang mengonsumsi makanan yang mengandung protein nabati. Mereka cenderung memiliki berat badan yang berlebih. Tak hanya itu, tekanan darah mereka juga lebih tinggi.

Tentu saja ini merupakan perbedaan protein hewani dan nabati yang sangat terlihat jelas. Makanan yang mengandung protein nabati mampu membantu mengontrol berat badan seseorang. Sebab asupan makanan ini bisa menimbulkan rasa kenyang yang lebih cepat.

Sehingga orang yang mengonsumsi makanan ini tidak mudah lapar. Protein nabati sangat baik untuk mengatur jumlah makanan dan kenaikan berat badan.

Kedua protein ini memiliki daya tarik masing-masing. Anda bisa mencampurkan protein mana yang sesuai dengan kebutuhan tubuh anda. Asalkan dalam mengonsumsi makanan yang mengandung kedua protein ini tidak berlebih akan aman bagi kesehatan.

Namun, dalam mengonsumsi protein ini perlu memperhatikan cara pengolahannya. Sebab cara pengolahan yang tidak tepat bisa mengurangi bahkan menghilangkan kandungan yang ada.

Itulah perbedaan protein hewani dan nabati yang perlu anda ketahui. Dengan begitu, anda bisa mengatur kebutuhan protein bagi tubuh anda. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

The post Perbedaan Protein Hewani dan Nabati yang Bermanfaat Bagi Tubuh appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/11/perbedaan-protein-hewani-dan-nabati/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064