Penyebab Muncul Jerawat Pasir di Wajah dan Cara Mencegahnya

Penyebab Muncul Jerawat Pasir di Wajah dan Cara Mencegahnya. Foto: Net/Ist.

Penyebab muncul jerawat pasir di wajah tentunya akan mengganggu penampilan kita. Jerawat pasir adalah salah satu jerawat dengan level sedang. Jenis jerawat ini umumnya dialami kaum wanita.

Kemunculan jerawat pasir seperti beruntusan dengan jumlah yang relatif banyak. Siapapun tidak akan “pede” jika mengalaminya. Namun, bukan berarti tak ada cara untuk mengatasinya.

Merangkum dari berbagai sumber, Minggu (08/11/2020), berikut ini ulasan mengenai penyebab jerawat pasir dan cara-cara pencegahannya.

Penyebab Muncul Jerawat Pasir dan Cara Mencegahnya

Mengenal Jerawat Pasir

Jerawat pasir sering disebut sebagai jerawat beruntusan. Dalam dunia kesehatan jenis jerawat ini masuk kategori sedang. Jerawat pasir pada umumnya meliputi komedo putih, papula dan juga pustula.

Namun, jerawat ini bukan masuk kategori komedo hitam. Karena komedo itu hanya penyumbatan bagian pori-pori, lalu mengalami oksidasi. Sedangkan, jerawat terjadi akibat adanya penyumbatan yang bisa menimbulkan peradangan.

Baca Juga : Tips Menggunakan Skincare Wajah agar Bebas dari Jerawat

Ciri-ciri Jerawat Pasir

Penyebab muncul jerawat pasir dan ciri-cirinya. Supaya bisa membedakan antara jerawat pasir dengan jenis jerawat lainnya, tentu kita harus mengetahui dulu ciri-cirinya. Jerawat pasir ini memiliki ciri dari ukurannya yang kecil, berwarna putih yang isinya nanah dan lemak.

Jerawat pasir juga munculnya dalam jumlah banyak hingga merata pada permukaan kulit. Jika kulit mengalami peradangannya sudah parah, tak jarang jerawat jenis ini warnanya akan berubah menjadi kemerahan.

Perlu kamu ketahui pula kalau jerawat pasir gampang menyebar pada permukaan wajah. Terutama pada bagian pipi dan dahi. Potensi penyebaran akan semakin tinggi jika penderitanya sering memencet secara paksa untuk mengeluarkan isinya.

Tindakan seperti itu tentunya sangat fatal, karena dapat menyebabkan timbulnya infeksi, dan nantinya akan meninggalkan bekas. Tentunya lumayan sulit untuk menghilangkan bekasnya pada kulit.

Penyebab Jerawat Pasir

Baca Juga : Cara Mengempeskan Jerawat dengan Bahan Alami yang Efektif dan Cepat

Penyebab muncul jerawat pasir akibat adanya penyumbatan pada bagian pori-pori kulit oleh minyak, kombinasi bakteri, serta sel kulit mati.

Pori-pori sendiri berfungsi sebagai tempat untuk mengeluarkan minyak. Yang mana minyak ini dihasilkan dari kulit dan keringat. Bukaan ini dapat menyempit, atau bahkan tertutup sel kulit yang mati dan menebal hingga menumpuk.

Pada akhirnya minyak berlebih yang tidak bisa keluar itu akan terperangkap. Hal ini yang mengundang munculnya bakteri, lalu berkembang biak. Pori-pori yang tersumbat akhirnya akan meradang, kemudian timbul benjolan bernanah.

Potensi kemunculan jerawat pasir akan semakin besar jika kamu sedang stress, atau dari kebiasaan menyentuh langsung permukaan wajah.

Cara Mencegah Jerawat Pasir

Penyebab muncul jerawat pasir dan cara mencegahnya. Karena mencegah itu lebih baik ketimbang mengobati. Begitu pula dengan masalah jerawat.

Untuk mencegahnya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yaitu menjaga kebersihan kulit wajah. Ini penting untuk memastikan tak ada sisa kotoran pada pemukaan kulit wajah yang dapat menyebabkan jerawat pasir muncul.

Baca Juga : Rekomendasi Masker Bilas Terbaik untuk Mengatasi Kulit Berjerawat

Kemudian, setiap pagi dan sebelum tidur gunakan pembersih wajah. Gunakan pula pembersih wajah setelah selesai melakukan olahraga. Tapi ingat, jangan menggunakan pembersih wajah berupa scrub. Karena scrub yang kasar bisa membuat kulit wajah iritasi.

Cara mencegah jerawat pasir berikutnya, kamu harus lebih bijak saat memakai kosmetik. Karena, penggunaan kosmetik sangat berpengaruh pada kondisi kulit. Salah satunya memicu munculnya jerawat.

Hindari memakai kosmetik tebal, jangan menggunakan kosmetik yang memiliki kandungan minyak. Hal itu akan memperburuk kondisi wajah yang berjerawat. Jadi, pilih kosmetik yang memiliki sedikit kandungan minyak, dan oleskan tipis saja.

Cara berikutnya yaitu, menjaga kebersihan rambut. Ini penting, karena biasanya jerawat pasir pada bagian dahi akan terkena rambut/poni.

Apabila kondisi rambut kamu kotor, maka otomatis akan memengaruhi kondisi jerawat. Kotoran yang ada pada rambut bisa berpindah ke dahi. Selain akan memperburuk kondisi kulit wajah, juga dapat memicu munculnya jerawat pasir.

Kamu juga bisa menggunakan sunscreen untuk mencegah muncul jerawat pasir. Gunakan sunscreen, dan sesuaikan dengan jenis kulitmu.

Saat ini banyak sekali varian sunscreen yang dapat kamu pilih. Jadi kamu tidak harus bingung-bingung lagi mencari sunscreen yang pas sesuai dengan jenis kulit wajahmu.

Itulah ulasan mengenai beberapa penyebab muncul jerawat pasir pada kulit wajah, berikut dengan cara-cara pencegahannya. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

The post Penyebab Muncul Jerawat Pasir di Wajah dan Cara Mencegahnya appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/11/penyebab-muncul-jerawat-pasir-di-wajah-dan-cara-mencegahnya/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064