Penyebab Bibir Hitam dan Cara Mengatasinya dengan Bahan Alami

Penyebab Bibir Hitam dan Cara Mengatasinya Dengan Bahan Alami

Penyebab bibir hitam menjadi kendala untuk sebagian wanita. Lantaran bibir hitam akan mengganggu penampilan sehingga perlu melakukan perawatan agar bibir sehat dan tidak hitam.

Namun pada dasarnya, bibir setiap wanita memiliki warna yang berbeda-beda, mulai dari warna merah muda sampai coklat. Tidak sedikit wanita mendambakan bibir merah muda. Dengan warna yang demikian, akan menambah rasa percaya diri seorang wanita ketika berpenampilan.

Untuk itu, perlu merawat bibir dengan baik agar mendapatkan bibir sehat dan terawat. Jika tidak terawat, maka warna bibir bisa menghitam. Tentu semua wanita tidak menginginkan warna bibirnya hitam bukan?

Penyebab Bibir Hitam dan Cara Mengatasinya

Warna bibir bisa menentukan rasa percaya diri dari seorang wanita ketika berpenampilan. Ayo temukan penyebab bibir hitam agar bisa menghindarinya untuk mendapatkan warna bibir idaman yang sehat dan terawat. Simak pula cara mengatasinya jika bibir anda sudah terlanjur menghitam.

Paparan Sinar Matahari

Kulit tubuh yang terlalu lama terkena paparan sinar matahari tentu tidak baik karena akan membuat melanin menyerap lebih banyak sinar ultraviolet. Ini bisa menjadi awal dari kerusakan kulit yang berakibat dari paparan sinar matahari.

Baca juga: Bingung Memilih Lipstik untuk Bibir Hitam? Ini Rekomendasinya!

Bukan hanya kulit yang bisa rusak, namun warna bibir juga bisa menghitam jika terus-terusan terkena paparan matahari. Sehingga perlu mengunakan pelindung untuk melindungi bibir agar terawat.

Nah, salah satu yang bisa anda gunakan dalam melindungi bibir yaitu dengan memanfaatkan lipbalm sebagai perlindungan untuk sinar UV. Dengan demikian, warna bibir tidak akan menghitam. Salah satu penyebab bibir hitam ini perlu anda hindari.

Rokok

Rokok sudah menjadi rahasia umum jika memberikan dampak buruk bagi seorang perokok, baik untuk kesehatan si perokok maupun sekitarnya. Ternyata rokok juga bisa memberikan dampak lain yang tidak hanya seputar kesehatan saja.

Salah satunya penyebab bibir hitam ini adalah adanya zat nikotin dan benzpyrene yang mengebul bersama asap rokok untuk memicu produksi melanin dalam kulit.

Sehingga lama-kelamaan kulit bibir akan menghitam, warna bibir berubah karena rokok tidak serta merta langsung terjadi namun secara bertahap.

Bagi anda yang baru mulai merokok, sebaiknya menghentikannya. Selain tidak menyehatkan, juga membuat penampilan menjadi kurang percaya diri, terutama wanita.

Masa Kehamilan

Beberapa wanita mengalami perubahan kulit ketika sedang masa kehamilan. Perubahan kulit ini karena adanya faktor perubahan hormon ketika sedang hamil.

Area kulit yang berubah ini tidak hanya pada bagian perut saja, namun area yang lain. Termasuk bibir, puting payudara, pipi, dahi, sampai dengan hidung.

Area-area ini akan terlihat bercak hitam, namun perubahan ini akan kembali normal usai melahirkan. Nah, bagi yang mengalami warna bibir hitam ketika hamil, jangan khawatir. Nantinya akan kembali normal dengan sendirinya. Sehingga penyebab bibir hitam yang satu ini tidak perlu anda pikirkan.

Konsumsi Obat

Ketika sedang mengkonsumsi obat tertentu, maka bisa menyebabkan hiperpigmentasi, yaitu perubahan warna kulit. Obat yang menyebabkan bibir hitam ini diantaranya antimalaria serta minocycline antibiotik oral.

Bibir menjadi area yang akan berdampak ketika mengkonsumsi obat tersebut. Dengan warnanya yang akan berbeda dari biasanya dan menghitam. Namun ketika anda selesai mengkonsumsi obat-obatan tersebut, maka warna bibir akan kembali normal.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bibir Hitam Agar Merekah dengan Bahan Alami

Akan tetapi, tidak jarang pula setelah mengkonsumsi obat tersebut untuk sebagian wanita akan mengalami perubahan warna bibir yang permanen.

Riwayat Kesehatan

Jika tadi penyebab bibir hitam karena obat tertentu, maka kali ini penyebabnya bisa dari kesehatan yang bermasalah. Salah satu permasalahan kesehatan yang sering membuat warna bibir hitam yaitu sakit Addison.

Penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang kekebalan tubuh dengan menghentikan kelenjar adrenalin dari pembuatan hormon esensial. Situasi ini akan membuat warna kulit dan gusi menjadi gelap.

Adapun gejala lainnya adalah mudah lelah, kurang energi, serta suasana hati melemah. Sehingga untuk anda yang merasakan gejala ini, segera melakukan pengobatan untuk menyembuhkannya dan membuat warna kulit kembali normal.

Bibir Kering

Kondisi bibir yang mudah kering apabila tidak anda lembabkan dengan sengaja, akan menjadi penyebab bibir hitam. Kulit yang terbuka akan mudah mengering dan kehilangan kelembabannya. Terlebih jika cuaca panas, akan lebih mempermudah kondisi bibir kering.

Bibir kering ini akan semakin lama memperburuk warna bibir secara perlahan sehingga kulit bibir akan pecah dan mengelupas. Tentu ini bukan kondisi yang baik untuk anda karena bisa membuat bibir mengalami peradangan dan berdarah jika tidak terawat.

Kafein

Perhatikan dalam mengkonsumsi makanan dan minuman karena bisa jadi menjadi penyebab bibir hitam. Salah satu yang perlu anda waspadai adalah makanan dan minuman yang mengandung kafein akan membuat warna bibir gelap.

Baca juga: Ingin Bibir Berwarna Merah Alami? Begini Caranya!

Karena zat antidiuretik yang ada dalam kafein akan membuat anda sering buang air kecil yang bisa memicu untuk kekurangan cairan. Nah, kekurangan cairan ini bisa secara perlahan membuat bibir pecah dan lama-kelamaan menjadi hitam.

Kosmetik Kadaluwarsa

Penyebab bibir hitam selanjutnya ialah dalam penggunaan kosmetik biasanya sering melupakan tanggal kadaluwarsanya, terutama lipstik yang sering wanita gunakan untuk memberikan warna pada bibirnya. Untuk menunjang penampilan tentu lipstik merupakan item yang tidak boleh terlewatkan begitu saja.

Namun sebelum menggunakan lipstik, sebaiknya lihat dan perhatikan tanggal kadaluwarsanya terlebih dahulu. Salah-salah lipstik yang berfungsi untuk membuat bibir terlihat menarik, justru menjadi gelap karena tidak memperhatikan tanggal kadaluwarsanya.

Bahkan jika terlalu sering menggunakan lipstik, akan membuat bibir gelap. Untuk itu, perhatikan dalam penggunaan lipstik, baik dari intensitas maupun tanggal pemakaiannya agar tidak membuat bibir gelap.

Cara Mengatasi Bibir Hitam

Apabila sudah mengetahui penyebab bibir hitam, maka langkah selanjutnya bisa mempelajari cara menghilangkan bibir hitam dengan cara alami berikut ini.

Gunakan Pelembab Bibir

Sudah dijelaskan sebelumnya jika untuk melindungi dari paparan sinar matahari bisa menggunakan pelembab bibir atau lipbalm. Namun pelembab bibir ini haruslah mengandung SPF.

Tidak hanya menjaga bibir dari paparan sinar matahari, dengan menggunakan pelembab bibir bisa membuat bibir terlihat lebih cerah dan sehat. Sehingga tindakan melindungi ini sekaligus untuk merawat bibir.

Minyak Kelapa

Cara selanjutnya untuk mengatasi bibir hitam dengan menggunakan minyak kelapa. Lakukan dengan mengoles dan memijat kulit bibir menggunakan minyak kelapa agar aliran darah lancar. Apabila aliran darah lancar, akan membuat warna bibir hitam mulai memudar.

Jika tidak ada minyak kelapa, bisa juga menggunakan minyak almond. Cara yang anda gunakan sama dengan ketika menggunakan minyak kelapa. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan warna bibir idaman. Cara ini perlu anda ketahui selain harus tahu penyebab bibir hitam.

Air Lemon

Selanjutnya bisa menggunakan air lemon untuk mencerahkan kulit bibir yang hitam. Kandungan yang ada dalam lemon bisa mencegah tumbuhnya melanin pada kulit. Tidak hanya melanin yang akan berhenti tumbuh, namun sel kulit mati juga sekaligus menghilang dengan cara alami.

Gunakan air lemon pada bibir pada malam hari dan diamkan semalaman. Namun sebelum menggunakan air lemon, pastikan bibir tidak dalam kondisi pecah-pecah. Apabila anda memaksakan untuk tetap menggunakan air lemon padahal bibir pecah-pecah, maka akan menyebabkan iritasi.

Minyak Zaitun

Selain penyebab bibir hitam, cara mengatasi kulit warna bibir hitam dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak ini memiliki kandungan yang baik sehingga sering direkomendasikan untuk kecantikan, kesehatan kulit, dan rambut. Termasuk mencerahkan bibir yang gelap.

Baca juga: Lipstik yang Tahan Lama dan Cocok untuk Wanita Karier

Caranya mudah saja, campurkan minyak zaitun dengan gula dan gosok secara lembut pada bibir. Lakukan kegiatan ini dengan teratur untuk mendapatkan kulit bibir yang cerah. Selain mencerahkan kulit bibir, juga bisa membantu melembabkan bibir agar tidak pecah-pecah.

Jus Timun

Timun tidak hanya lezat untuk kudapan, namun juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit bibir. Dengan cara membuat jus timun dan simpan dalam lemari pendingin. Jika jus timun sudah dingin, maka bisa mengoleskan jus tersebut dan biarkan selama 30 menit untuk hasil yang maksimal.

Bukan hanya penyebab bibir hitam saja yang harus anda waspadai, namun cara mengatasinya juga harus anda ketahui untuk membuat bibir merah muda, sehat, dan terawat. Dengan cara alami tersebut, anda bisa memiliki bibir indah. (R10/HR-Online)

Editor: Ahmad Muhafid

The post Penyebab Bibir Hitam dan Cara Mengatasinya dengan Bahan Alami appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/11/penyebab-bibir-hitam/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064