Pengertian Senyawa Hidrokarbon dan Fungsinya dalam Kehidupan

Pengertian Senyawa Hidrokarbon dan Fungsinya dalam Kehidupan

Pengertian senyawa hidrokarbon memang perlu kita pelajari. Sebab senyawa ini sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Bahkan kini sumber utama energi listrik dunia dan panas berasal dari senyawa hidrokarbon.

Salah satu contoh yang dekat dengan kehidupan kita adalah bahan bakar bensin. Bahan bakar ini merupakan contoh senyawa hidrokarbon yang sederhana.

Karena senyawa ini penting bagi kehidupan manusia, keberadaannya harus selalu terjaga. Hal ini untuk menghindari kelangkaan dari senyawa hidrokarbon. Caranya adalah dengan menjaga keseimbangan alam agar tetap lestari.

Pengertian Senyawa Hidrokarbon

Minyak bumi dan gas alam tersusun atas hidrokarbon. Bahan ini umumnya mudah dijumpai pada pertambangan yang pengolahannya dari permukaan bumi. Minyak bumi adalah campuran dari hidrokarbon cair dan gas alam yang terdiri dari senyawa metana.

Sumber utama dari hidrokarbon dalam tanah adalah fosil. Pembentukan fosil ini melalui berbagai tahapan organik. Sehingga mampu membentuk molekul yang lebih kompleks dan bervariasi. Untuk membentuk senyawa hidrokarbon dalam tanah, fosil mengalami berbagai aktivitas biologis.

Tak hanya itu, fosil juga akan mengalami penataan ulang dalam definisi reaksi kimia. Pengambilan hidrokarbon juga tidak serta merta mudah. Namun, memerlukan berbagai macam proses yang panjang untuk bisa menjangkau senyawa hidrokarbon sesuai dengan keinginan.

Hasil tambang dari proses ini berupa bahan mentah. Bahan ini masih akan melewati berbagai tahapan hingga fraksi terpisah. Hasilnya nanti akan melalui proses sintetis menggunakan bahan tersebut.

Pengertian senyawa hidrokarbon adalah senyawa dalam arti kimia yang tersusun atom hidrogen dan atom karbon. Molekul terbentuk secara alami dalam minyak mentah, gas alam, dan sumber energi lainnya. Hidrokarbon bisa terbakar apabila ada oksigen.

Hal ini bisa menghasilkan CO2 dan air dengan melepaskan panas tertentu. Dengan begitu, hidrokarbon berguna sebagai bahan bakar. Salah satu contoh mudahnya adalah metana yang termasuk komponen utama penyusun gas alam.

Senyawa hidrokarbon memiliki banyak sekali struktur terbentuknya. Hal ini karena cara karbon yang berbeda-beda dalam mengikat hidrogen dan karbon.

Baca Juga: Senyawa Kovalen Polar, Pengertian, Contoh dan Ciri-Cirinya

Jenis Hidrokarbon

Setelah mempelajari pengertian senyawa hidrokarbon, ada baiknya juga mengetahui jenis dari hidrokarbon. Pada dasarnya, senyawa hidrokarbon terbagi dalam dua jenis senyawa hidrokarbon alifatik dan aromatik. Hidrokarbon alifatik terbagi atas tiga jenis yaitu:

Alkana

Merupakan suatu senyawa hidrokarbon jenuh yang termasuk dalam golongan alifatik. Hal ini karena tidak terdapat ikatan rangkap antar atom karbon. Sehingga jumlah atom hidrogen akan banyak atau jenuh.

Alkena

Merupakan suatu senyawa hidrokarbon tak jenuh yang memiliki ikatan rangkap dua. Alkena tidak mengandung banyak hidrogen yang berbeda dengan alkana.

Alkuna

Senyawa alkuna merupakan hidrokarbon tak jenuh. Sebab dalam senyawa alkuna memiliki ikatan rangkap tiga yang mengandung atom hidrogen dengan jumlah yang tidak banyak.

Sedangkan pengertian senyawa hidrokarbon aromatik merupakan senyawa yang memilih bentuk melingkar atau siklis. Contoh paling sederhana adalah benzena. Sebab memiliki ikatan rangkap dua yang berselang-seling untuk atom karbon melingkar.

Pada dasarnya, ikatan rangkap ini tidak khusus pada satu karbon saja. Tetapi ikatan tersebut bergerak dan bergantian karena benzena mengalami resonansi. Sehingga ikatannya juga akan ikut untuk bergerak.

Dengan begitu, banyak orang yang menggambarkan benzena dengan bentuk segi enam. Hal ini bermaksud lingkaran tengah menunjukkan ikatan rangkap yang berputar.

Baca Juga: Senyawa Organik dan Anorganik, Mari Kenali Perbedaannya!

Kegunaan Hidrokarbon

Selain pengertian senyawa hidrokarbon dan jenisnya, kini juga ada contoh kegunaan senyawa hidrokarbon. Hal ini tentunya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Kegunaan tersebut adalah:

Bensin Kendaraan

Bahan bakar yang sering masyarakat gunakan adalah bensin. Ternyata bensin adalah senyawa hidrokarbon dengan rantai panjang. Struktur bensin yaitu C7 hingga C11. Hal ini sesuai dengan angka oktan.

Sebagai Makanan

Nasi yang merupakan makanan pokok kita mengandung suatu senyawa hidrokarbon. Kandungan karbohidratnya tersusun oleh senyawa glukosa. Hal ini merupakan sumber energi bagi manusia dan hewan.

Plastik

Salah satu bahan buatan yang mengandung senyawa hidrokarbon adalah plastik. Hidrokarbon mampu membentuk polimer yang baik. Salah satu pengaplikasian bisa melalui laptop.

Setelah mempelajari pengertian senyawa hidrokarbon, jenis, dan fungsinya harus bisa memanfaatkan dengan sebaik mungkin. Terlebih dalam menjaga keseimbangan lingkungan agar tetap lestari. Hidrokarbon akan terus bertambah dan tidak akan habis. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

The post Pengertian Senyawa Hidrokarbon dan Fungsinya dalam Kehidupan appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/11/pengertian-senyawa-hidrokarbon/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064