Pengertian Aglutinogen dan Aglutinin pada Sistem Penggolongan Darah

Pengertian Aglutinogen dan Aglutinin pada Sistem Penggolongan Darah

Pengertian aglutinogen dan aglutinin perlu anda ketahui, sebab termasuk dalam sistem penggolongan darah. Kedua hal ini memiliki perbedaan serta persamaan yang saling berkaitan satu sama lainnya.

Pada sistem penggolongan darah yang paling umum menggunakan sistem ABO. Aglutinogen dan aglutinin ini yang akan menentukan penggolongan darah seseorang.

Penggolongan darah akan sangat penting, terutama ketika kita kehilangan banyak darah dan membutuhkan transfusi. Sebab bila menerima jenis darah yang tidak kompatibel, bisa mengakibatkan reaksi sistem kekebalan. Hal ini dapat menimbulkan masalah serius hingga mengancam jiwa.

Baca Juga: Pengertian Senyawa Hidrokarbon dan Fungsinya dalam Kehidupan

Pengertian Aglutinogen dan Aglutinin

Pada sistem penggolongan darah ABO berfungsi untuk menunjukkan salah satu, keduanya, atau bahkan tidak satupun. Yang merupakan dari antigen A dan B dalam eritosit atau sel darah merah. Antigen tersebut terdapat dalam aglutinogen.

Mengutip dari Wikipedia, aglutinogen merupakan kedua jenis antigen yang berbeda, namun saling berhubungan. Aglutinogen ini merupakan sebuah protein darah yang terdapat dalam eritrosit, berfungsi sebagai antigen dalam darah.

Menurut pengertian aglutinogen dan aglutinin, antigen pada seseorang yakni tipe A serta tipe B pada permukaan sel darah merah. Untuk antigen sendiri menurun dari orang tua kandung. Sehingga seseorang tidak memiliki salah satu dari gen tersebut.

Sementara aglutinin merupakan protein yang terkandung dalam plasma darah. Aglutinin dapat menjadi antibodi yang mengakibatkan antigen berkumpul dengan cara mengikat antigen dari antibodi.

Selain itu, aglutinin juga bisa berupa zat selain antibodi, seperti lektin protein pengikat gula. Aglutinin ini mampu menyebabkan aglutinasi. Sedangkan aglutinasi darah sendiri merupakan proses menempelnya dan menggumpalnya darah akibat bereaksi dengan antibodi.

Peran Antara Aglutinogen dan Aglutinin

Setelah mengerti pengertian aglutinogen dan aglutinin, anda juga perlu mengetahui peran keduanya. Aglutinogen merupakan zat antigenik yang memicu terbentuknya antibodi aglutinin spesifik. Aglutinin memiliki banyak lengan dalam menangkap antigen.

Saat aglutinogen mengikat aglutinin, rumpun ataupun agregat akan terbentuk. Sehingga patogen bisa dengan mudah hilang dari dalam tubuh kita. Sebagian besar dari keduanya adalah protein, mereka melibatkan antigen-antibodi dalam tubuh.

Baik aglutinogen maupun aglutinin ini terbagi ke dalam dua jenis. Aglutinogen terbagi menjadi aglutinogen A dan aglutinogen B. Sementara aglutinin yaitu aglutinin α (zat anti A) serta aglutinin β (zat anti B).

Bila aglutinogen A bertemu dengan aglutinin α, akan terjadi penggumpalan atau aglutinasi. Hal yang sama juga berlaku pada aglutinin β. Aglutinasi ini sangat penting dalam pengobatan, karena berfungsi sebagai alat diagnostik.

Baca Juga: Pengertian Gerak Peristaltik pada Sistem Pencernaan Manusia

Penggolongan Darah Manusia dengan Sistem ABO

Menurut sistem ABO dari pengertian aglutinogen dan aglutinin, penggolongan darah manusia terbagi menjadi empat macam. Hal ini berdasar pada ada tidaknya senyawa aglutinogen serta aglutinin tersebut dalam darah.

Yang pertama merupakan golongan darah A. Bila dalam sel darah merah atau eritrosit, terdapat aglutinogen A. Kemudian pada plasma darahnya mengandung aglutinin β.

Kemudian untuk golongan darah B, bila sel darah merah memiliki kandungan aglutinogen B. Sementara pada plasma darah mengandung aglutinin α.

Untuk golongan darah AB adalah pada sel eritrosit terdapat aglutinogen A dan B. Namun dalam plasma darahnya tidak mengandung aglutinin α maupun aglutinin β.

Penggolongan darah terakhir adalah golongan darah O. Untuk golongan darah ini, dalam sel darah merah (eritrosit) tidak terdapat aglutinogen A maupun aglutinogen B. Sementara pada plasma darahnya mengandung aglutinin α serta aglutinin β.

Setelah memahami pengertian aglutinogen dan aglutinin, kita akan mulai membahas pemeriksaan golongan darah ABO. Pemeriksaan ini dengan mengambil darah kapiler sebanyak dua tetes. Kemudian meletakkannya pada kaca objek secara terpisah.

Tetes pertama akan menambahkan satu tetes serum yang mengandung anti-A. Pada tetes kedua menambahkan satu tetes serum anti-B.

Selanjutnya dengan menambahkan larutan NaCl 0,9% secukupnya, barulah melakukan pengenceran. Yang akan terlihat adalah reaksi aglutinasi, yaitu penggumpalan berbentuk bintik-bintik gelap atau merah kehitaman.

Hal ini terjadi antara aglutinogen serta aglutinin yang sesuai. Serupa dengan pengujian Rh, penambahan serum mengandung anti-D. Oleh karena itu, bila tampak berhasil, maka aglutinasi Rh positif. Begitu pula sebaliknya.

Itulah pengertian aglutinogen dan aglutinin yang mempunyai peran penting dalam penentuan golongan darah seseorang. Dengan memahami hal tersebut, anda juga akan lebih mengerti mengenai sistem penggolongan darah ABO. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

The post Pengertian Aglutinogen dan Aglutinin pada Sistem Penggolongan Darah appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/11/pengertian-aglutinogen-dan-aglutinin/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064