Memulai Bisnis Petshop, dari Hobi Menjadi Jutawan

memulai bisnis petshop

Memulai bisnis petshop mungkin tak semudah berjualan makanan. Selain harus memahami tentang dunia hewan, Anda juga perlu melakukan riset yang mendalam untuk memetakan pasar bisnis petshop.

Saat ini banyak orang yang memelihara hewan peliharaan. Selain merupakan kecintaan terhadap hewan, aktivitas ini juga merupakan hobi yang sangat menyenangkan.

Beberapa jenis hewan peliharaan yang sangat populer itu seperti kucing, anjing, kelinci, ayam hias, dan lainnya. Jenis hewan ras saat ini juga makin banyak yang menyukainya dengan harga yang tidak murah.

Semakin banyaknya orang yang memelihara hewan peliharaan ini tentunya bisa memberikan peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Peluang usaha seperti ini bisa berupa petshop dengan beberapa jenis pelayanan.

Anda memiliki kesempatan untuk memulai bisnis petshop untuk memenuhi kebutuhan para penghobi hewan peliharaan tersebut. Baik dengan menjual makanan hewan hingga berbagai produk perawatan untuk hewan peliharaan.

Usaha seperti ini terbilang unik dengan target market yang sangat spesifik. Bahkan bila Anda menjalankan bisnis ini dengan baik, maka Anda akan memiliki konsumen loyal yang akan memberikan keuntungan tidak kecil untuk jangka panjang.

Cara Memulai Bisnis Petshop

Bila Anda tertarik untuk menjalankan atau membuka usaha petshop tentunya harus melakukan riset dan persiapan secara matang. Persiapan ini akan memberikan strategi yang penting untuk pengembangan bisnis jangka panjang.

Baca juga: Strategi Bisnis Jual Beli Motor Bekas yang Menguntungkan

Meskipun bisnis ini cukup potensial dengan segmen yang khusus, namun jenis usaha yang sama juga telah banyak muncul. Apalagi bisnis ini juga cukup populer. Hal ini tentunya membuat tingkat persaingan usaha juga tidak ringan.

Untuk Anda yang tertarik dengan usaha ini, berikut ini beberapa persiapan dan langkah penting untuk memulai bisnis petshop yang perlu Anda lakukan.

Membuat Perencanaan Bisnis

Langkah awal yang penting dalam menjalankan usaha ini adalah melakukan perencanaan usaha. Ada banyak hal yang perlu Anda lakukan, seperti melakukan riset, analisa SWOT, dan mempersiapkan modal.

Untuk beberapa daerah, khususnya kawasan perkotaan, mungkin persaingan bisnis ini cukup ketat. Namun untuk daerah pinggiran, seiring perkembangan kawasan tata kota, mungkin peluangnya jauh lebih besar.

Selain melakukan riset, Anda juga harus menentukan konsep bisnis petshop terbaik. Ini akan memberikan panduan cara memulai bisnis petshop dengan berbagai layanan sesuai kebutuhan konsumen.

Begitu juga untuk persiapan modal bisa Anda sesuaikan dengan konsep usaha petshop. Modal ini perlu memperhitungkan pula skala bisnis yang akan Anda jalankan. Semakin besar skala bisnis Anda tentunya akan membutuhkan modal yang besar.

Kebutuhan modal ini umumnya untuk menyewa tempat, pembelian perlengkapan perawatan, maupun biaya operasional lainnya. Anda juga perlu dana cukup untuk melakukan promosi agar efektif.

Tawarkan Layanan yang Bervariasi

Ada banyak jenis layanan yang bisa Anda berikan dari usaha petshop Anda. Salah satu layanan yang paling banyak orang perlukan tentu saja penjualan makanan untuk hewan peliharaan. Sediakan berbagai pilihan produk dan merk.

Anda juga bisa menyediakan berbagai pilihan aksesoris untuk hewan peliharaan. Misalnya saja Anda menawarkan berbagai wadah khusus untuk makanan yang unik. Anda juga bisa menjual kandang dari masing-masing jenis hewan peliharaan itu.

Baca juga: Barang yang Paling Laku di Toko Online untuk Bisnis Menguntungkan

Layanan lain yang bisa Anda sediakan adalah jasa perawatan hewan atau grooming. Untuk memulai bisnis petshop Anda bisa pilih yang paling potensial dari layanan Anda. Jadikan layanan ini sebagai primadona bisnis Anda.

Pilih Tempat Strategis

Seperti halnya usaha toko lainnya, bisnis petshop sebaiknya juga memilih lokasi atau tempat usaha yang strategis. Pilihan tempat seperti ini harus merupakan lokasi yang mudah dijangkau.

Bila perlu, sediakan tempat parkir yang ideal. Apalagi kebanyakan klien akan menggunakan mobil untuk membawa hewan peliharaan. Tempat usaha ini juga membutuhkan dekorasi yang ideal sesuai jenis layanan usaha Anda.

Apalagi bila Anda menawarkan layanan perawatan khusus, maka akan membutuhkan ukuran tempat yang lebih luas. Hal ini juga akan memberikan kenyamanan bagi hewan peliharaan yang masih dalam tahap perawatan atau penyembuhan.

Bekerja Sama dengan Dokter Hewan

Menjalankan dan memulai bisnis petshop sangat membutuhkan jasa dari dokter hewan. Karena itu penting Anda menjalin kerja sama dengan dokter hewan. Apalagi jika Anda memang ingin memiliki petshop yang lengkap.

Baca juga: Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga yang Mudah Laku dan Menjanjikan

Hal ini akan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis dengan sangat cepat. Apalagi perawatan untuk hewan peliharaan juga membutuhkan ahli dalam bidangnya seperti dokter hewan. Ini akan membangun citra yang baik untuk bisnis Anda.

Itulah beberapa strategi dan langkah penting dalam memulai bisnis petshop. Peluang usaha ini sangat potensial dengan makin banyaknya grup pecinta hewan. Apalagi jika Anda juga hobi hewan akan membuat bisnis lebih mudah berkembang. (R11/HR-Online)

Editor: Jujang

The post Memulai Bisnis Petshop, dari Hobi Menjadi Jutawan appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/11/memulai-bisnis-petshop/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064