Kawah Misterius di Mars, Diperkirakan Berumur 4 Miliar Tahun

Kawah Misterius di Mars

Kawah misterius di Mars yang merupakan cekungan tumpang tindih telah para astronom temukan. Hal menarik pada salah satu planet keempat dalam tata surya tersebut terletak pada dataran tinggi yang mereka sebut dengan nama Noachis Terra.

Yaitu, sebuah tempat yang merupakan area dampak asteroid serta komet pada kurang lebih 4 miliar tahun yang silam.

Satu lagi hal misterius yang para astronom temukan sebagai ilmu baru tentang tata surya untuk mengamati dan menyelidiki bagaimana planet-planet ini terbentuk. Bahkan proses yang mereka alami selama ratusan juta hingga milyaran tahun yang lalu.

Kondisi tersebut sebenarnya lumrah terjadi karena planet-planet dapat dengan bebas mendapatkan hantaman dari asteroid. Yang mana memang bergerak secara bebas pada saat mengorbit Matahari bersama dengan beberapa benda lainnya.

Baca Juga: Penampakan Mars Paling Terang, Begini Cara Melihatnya!

Kawah Misterius di Mars

Planet-planet yang berada dalam galaksi ini memang seringkali menjadi objek hantaman bebatuan dalam ruang acak ketika mereka mengorbit pada matahari.

Terdapat beberapa dampak yang mungkin terjadi. Seperti bencana, akan tetapi kali ini meninggalkan kawah yang kecil tapi rumit. Bahkan, para ilmuwan yang memiliki mata yang cenderung tajam pun sulit melihatnya.

Melansir dari Science Alert, jika selama sejarah sekitar 4,6 miliar tahun, planet Mars mengambil bagian dampak dari komet dan asteroid. Saat ini, permukaan planet merah ini tertutup tidak lebih dari 43 ribu kawah benturan sekitar 5 kilometer. Beberapa area yang lama lebih banyak dampak daripada area lain.

Cekungan kawah misterius di Mars tersebut seperti diagram Venn yang tidak terlalu besar. Bahkan, terdapat beberapa kawah yang membentang hampir seluas 140 kilometer serta berbentuk kawah kecil dengan ukuran 28 kilometer.

Asal-Usul Kawah Belum Jelas

Lalu, ukuran ketiga dari penemuan kawah baru ini seperti tumpang tindih dengan lebar 45 kilometer. Namun, asal-usulnya belum dapat para peneliti jelaskan. Para ilmuwan astronomi ini mengatakan jika benda yang menabrak Mars kemungkinan pecah dalam tiga bagian.

Hal tersebut terjadi kira-kira sebelum menghantam permukaannya. Walaupun demikian, kawah dengan hantaman ganda serta triple bisa saja terjadi pada planet ini.

Meskipun tidak semuanya dapat terbentuk dengan proses yang sama. Kawah misterius di Mars rangkap tiga menjadi sebuah penemuan peneliti yang serupa dengan Elysium dekat dari ekuator planet merah ini.

Ketika itu, para peneliti telah memperkirakan kawah tersebut dapat terjadi karena terdapat asteroid yang pecah saat sampai pada lapisan atmosfer. Kemudian, mereka juga mengatakan jika batu luar angkasa tersebut mengorbit pada pasangan biner yang ukurannya lebih besar.

Selanjutnya, pada tahun 2017, wahana Mars Reconnaissance Orbiter pun melihat terdapat tiga kawah misterius di Mars akibat benturan yang bersatu. Menurut para ilmuwan tersebut, kawah tiga rangkap terjadi akibat tiga bagian terbang dengan formasi yang cukup dekat.

Baca Juga: Tupai Alien di Mars yang Mengejutkan dari Temuan Foto NASA

Perkiraan Hantaman Asteroid Ganda

Kemudian, para astronom memiliki teori jika kawah ganda tersebut berasal dari asteroid ganda. Yakni terdiri atas dua atau lebih benda batu yang bersinggungan dekat atau orbitnya dekat satu dengan yang lain.

Akan tetapi, hanya terdapat 2 persen kemungkinan asteroid yang ada dalam galaksi ini dengan bentuk dua atau lebih atas penemuan kawah misterius di Mars tersebut.

“Penjelasan yang lain tentang penemuan ini dapat menjadi sebuah kebetulan. Lalu, pada titik berbeda, terjadi tiga tabrakan yang terpisah dan menghantam Mars pada lokasi tersebut. Lalu menyebabkan superposisi untuk kawah secara kebetulan,” tulis ilmuwan pada ESA, Badan Antariksa Eropa.

Akan tetapi, jika hal ini bukan merupakan akibat dari pertemuan tiga kawah serta objek menabrak benar-benar terpecah (sebelum menabrak permukaan). Hal tersebut menjadi sebuah informasi jika 4 miliar tahun silam.

Lapisan atmosfer pada planet Mars terlihat lebih sulit untuk asteroid tembus daripada saat ini. Lalu, hal itu, menandakan tentang kelembaban dan kehangatan planet. 

Serupa dengan beberapa kawah lain yang berada dalam satu wilayah ini. Kawah tiga rangkap ini menunjukan seperti pelek pipih dengan lantai yang dangkal yang merupakan pembuktian waktu yang lama.

Kemudian, beberapa tanda kawah misterius di Mars tersebut bahkan telah menunjukkan seperti aliran gletser. Hal ini kemungkinan dapat membentu melunakkan tanah yang berada bawah kawah ini. Yang mana dengan cara bertahap akan mengisi cekungan pada saat es mencair. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

The post Kawah Misterius di Mars, Diperkirakan Berumur 4 Miliar Tahun appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/11/kawah-misterius-di-mars/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064