Jadwal Tahapan Pilkades Serentak Beredar, Bupati Ciamis: Itu Baru Usulan

Jadwal Tahapan Pilkades Serentak Beredar, Bupati Ciamis: Itu Baru Usulan

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Beredar jadwal lanjutan tahapan Pilkades serentak Ciamis tahun 2020 di media sosial Senin (9/11/2020).

Pada potongan screenshotan tersebut, tertera jadwal rencana melanjutkan tahapan Pilkades serentak Ciamis tahun 2020.

Tahapan tersebut dimulai drai tanggal 1 Desember 2020. Sementara rencana pemungutan suara, yakni tanggal 19 Desember 2020.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menegaskan, jika rencana Pilkades serentak pada bulan Desember 2020, itu tidak benar atau alias hoax.

Herdiat menjelaskan, surat tahapan pemilihan kepala desa (Pilkades) itu baru usulan yang ditujukan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Saya menandatangani surat usulan tentang Pilkades Serentak untuk Kemendagri. Ada 3 lembar dalam surat tersebut, lembar pertama sebagai pengantar tempat dan tujuan, kemudian lembar ketiga itu usulan rencana jadwal yang direncanakan oleh Pemkab Ciamis,” ujar Herdiat, Senin (9/11/2020).

Herdiat mengatakan, lampiran surat usulan tersebut disebarluaskan di media sosial oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, seolah-olah rencana itu sudah pasti.

Karena, yang diuploadnya itu hanya rincian jadwal. Padahal, itu hanya usulan tahapan Pilkades di Ciamis.

“Itu baru usulan dan rencana Pilkades serentak di Ciamis, jadi bukan jadwal yang sudah pasti. Tetapi kita baru mengusulkannya ke Kemendagri,” katanya.

Minta Camat Beri Penjelasan

Herdiat meminta kepada seluruh Camat di Kabupaten Ciamis agar bisa mensosialisasikan dan menjelaskan surat usulan tersebut, kepada para kepala desa, calon kepala desa dan masyarakat. Bahwa itu bukan jadwal yang sudah pasti, tapi itu baru usulan.

“Kenapa diusulkan pada akhir tahun 2020, karena ini sesuai dengan arahan dari Kemendagri ketika kami konsultasi ke Jakarta, bahwa pelaksanaan Pilkades bisa dilaksanakan setelah Pilkada, dan tetap dilaksanakan pada tahun 2020. Sehingga kita buat round down acara baru usulan ke Kemendagri,” ucap Herdiat.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ciamis, Dian Budiana menambahkan, pihaknya hari ini sedang melakukan konsultasi dengan pihak Kemendagri terkait surat usulan tahapan pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Ciamis.

“Iya hari ini, kami konsultasi ke Kemendagri sekaligus menyerahkan surat terkait tahapan Pilkades serentak tahun 2020,” katanya.

Menurutnya, untuk hasilnya sendiri masih menunggu rekomendasi dari Kemendagri.

Kemungkinan besar, bisa atau tidaknya dilaksanakan sesuai usulan itu nanti. Karena, hari ini masih konsultasi.

“Hari ini masih, jadi nunggu hasil rekomendasinya. Mudah-mudahan saja bisa dilaksanakan sesuai usulan yang telah kami buat,” pungkasnya. (Ferry/R8/HR Online)

Editor: Jujang

The post Jadwal Tahapan Pilkades Serentak Beredar, Bupati Ciamis: Itu Baru Usulan appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/11/jadwal-tahapan-pilkades-serentak-beredar-bupati-ciamis-itu-baru-usulan/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064