HP Kena Minyak Goreng, Inilah Hal-hal yang Harus Anda Lakukan!

HP Kena Minyak Goreng, Inilah Hal-hal yang Harus Anda Lakukan!

HP kena minyak goreng dapat anda atasi dengan berbagai cara, tetapi tetap menggunakan langkah yang tepat. Teksturnya yang licin dari cairan lainnya, sehingga anda harus berhati-hati saat melakukannya.

Selain terkena air, pada suatu ketika pemilik smartphone juga tidak sengaja menjatuhkan ponsel ke dalam minyak. Atau mungkin karena peletakannya yang ceroboh, membuat smartphone terkena tumpahan minyak goreng.

Saat ponsel terkena minyak goreng, ada beberapa hal yang kemungkinan akan terjadi. Yang pertama yaitu HP akan langsung mati secara total karena komponen rusak.

Selain itu, mungkin saja HP akan tetap menyala, tetapi tidak dalam kondisi yang normal. Lalu kemungkinan terakhir, HP akan mengalami blank atau tetap menyala, tapi layar berwarna putih.

Cara Mengatasi HP Kena Minyak Goreng

Jika suatu ketika anda jatuhkan ponsel anda ke dalam minyak goreng, tentu hal tersebut akan sangat menjengkelkan. Pasalnya, cara memulihkan ponsel dalam keadaan semula akan menjadi tantangan berat.

Tak seperti air serta cairan dasar lainnya, minyak goreng akan merambat ke berbagai tempat pada bagian luar maupun dalam ponsel. Selain itu, juga tidak akan menguap atau terserap dengan mudah.

Minyak goreng akan berguling pada sekitar bagian dalam ponsel. Hal ini  akan mendatangkan malapetaka pada speaker, LCD, dan komponen internal perangkat anda.

Baca Juga : Hardware HP Rusak, Inilah Cara Menangani Sesuai Permasalahannya! 

Jadi, pelepasan bagian seperti casing HP adalah suatu keharusan ketika HP kena minyak goreng. Perbedaan antara minyak goreng dan air pada ponsel adalah minyak tidak terlalu merusak komponen elektronik.

Pada sebagian besar produk minyak goreng memiliki suhu lebih tinggi daripada suhu ponsel anda. Sehingga beberapa elektronik dapat terus berfungsi walaupun terkena minyak goreng.

Namun, hal ini akan lebih membahayakan bagi LCD dan port perangkat anda. Layar pun akan semakin sulit untuk anda sentuh dan speaker tidak berfungsi secara optimal.

Pada tahap awal, mungkin anda bisa mencoba untuk memperbaiki dari segi eksterior maupun interiornya. Jika cara tersebut tidak berfungsi, jalan terakhir yang harus anda tempuh dengan menyerahkannya kepada tukang servis.

Menangani Bagian Eksterior

  1. Langkah pertama ketika HP kena minyak goreng adalah matikan telepon dan lepaskan casing pelindung ponsel.
  2. Gunakan kain lembut atau bola kapas untuk menghilangkan semua minyak pada bagian luar. Bola kapas sangat baik dalam menyerap titik-titik yang mana umumnya minyak berada.
  3. Jika minyak tidak mudah anda lap, coba serap dengan lap kertas.
  4. Tisu basah atau tisu pembersih berbahan dasar alkohol akan membantu mengurangi dan menghilangkan minyak dari bagian luar. Luangkan waktu anda dengan gunakan cotton bud untuk menghilangkan minyak dari luar sebanyak mungkin.

Jika masalah terjadi saat iklim dingin, minyaknya akan mengeras. Gunakan kesempatan ini dalam mengikis minyak menggunakan ujung jari anda.

Baca Juga : Autofocus Kamera HP Tidak Berfungsi, Pulihkan dengan Cara Berikut Ini!

Ini berjalan dengan baik, terutama pada HP kena minyak goreng dan minyak kelapa. Tetapi jika itu terkena minyak berupa oli motor, itu tidak akan mengeras saat dingin.

Cara lainnya, letakkan ponsel pada bawah sinar matahari langsung atau pada bagian atas lemari es. Hal ini untuk mencairkan minyak, sembari menggunakan lap kertas untuk menyerap dan menyekanya.

Penghapusan Minyak pada Interior

Setelah semua minyak pada eksterior telah hilang, anda harus berurusan dengan minyak pada layar ponsel dan speaker. Coba keluarkan baterai dan letakkan ponsel serta baterai dalam kantong beras putih selama beberapa hari.

Letakkan ponsel dalam posisi tegak agar minyak dapat menetes dan terserap keluar dari port pengisian daya. Proses ini bekerja dengan baik untuk air dan dapat bekerja pada minyak.

Tetapi ini bukan perbaikan HP kena minyak goreng yang pasti bisa berhasil. Pasang baterai dan uji telepon. Anda akan segera tahu jika minyak tetap ada pada layar dan speaker atau tidak.

Mengganti Komponen Telepon

Sebelum anda mencoba memperbaikinya pada tukang servis, coba uji layanan garansi milik ponsel tersebut. Polis asuransi yang tersedia sebelumnya mungkin membuat anda memenuhi syarat untuk penggantinya.

Namun, itu tak akan berlaku jika garansi telah kedaluwarsa atau anda tidak memenuhi syarat. Apabila minyak tidak hilang dan telepon anda tetap bermasalah, tindakan terbaik ialah perbaikan profesional.

Mengganti komponen telepon yang mengalami kerusakan, seperti penggantian speaker adalah pilihan terakhir anda. Tukang servis HP profesional adalah cara terbaik saat minyak menolak keluar dari ponsel anda.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan ketika HP kena minyak goreng. Jika anda tidak mau ribet dan ingin segera ponsel berfungsi optimal, menyerahkannya kepada ahlinya adalah pilihan tepat. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Solusi Kamera Depan Tidak Berfungsi, Ikuti Cara Mudahnya Berikut Ini!

The post HP Kena Minyak Goreng, Inilah Hal-hal yang Harus Anda Lakukan! appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/11/hp-kena-minyak-goreng/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064