Hari Pahlawan, PPM Banjar Bagikan Sembako untuk Veteran

Hari Pahlawan, PPM Banjar Bagikan Sembako untuk Veteran

Berita Banjar (harapanrakyat.com).- Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun 2020, Pemuda Panca Marga (PPM) Cabang Kota Banjar, melaksanakan kegiatan bhakti sosial berupa pemberian sembako bagi para anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan di Jalan DR. Husein Kartasasmita, Kota Banjar, Sabtu (10/11/2020).

Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) Kota Banjar, Ujang S Bachyan, mengatakan, kegiatan bhakti sosial tersebut diikuti oleh seluruh pengurus dan anggota PPM Kota Banjar.

Ia juga menjelaskan, bhakti sosial dan ziarah ke makam pahlawan tersebut sebagai bentuk penghormatan, sekaligus penghargaan kepada para pahlawan yang telah berjuang memerdekakan bangsa ini.

Karena, tanpa adanya perjuangan dan pengorbanan dari mereka, bangsa ini tidak akan berdiri kokoh.

Sehingga, jasa-jasanya perlu dikenang serta diwariskan kepada generasi bangsa dengan cara melanjutkan perjuangan para pahlawan.

“Kita semua mempunyai kewajiban yang sama untuk melanjutkan dan mengisi kemerdekaan ini,” kata Ujang Bachyan, kepada Koran HR, Selasa (10/11/2020

Pihaknya pun berharap kepada generasi muda agar jangan sekali-kali melupakan sejarah dan perjuangan orang tua, atau para veteran.

Begitu pula kepada jajaran Pemerintah Kota Banjar agar lebih memperhatikan dan peduli kepada para veteran yang masih ada. Karena, atas jasa para veteran, generasi bangsa bisa hidup merdeka sampai hari ini.

“Sebesar apapun perjuangan dan pengorbanan yang mereka berikan itu harus kita hargai. Saat ini para veteran yang masih hidup di Kota Banjar hanya tersisa lima orang, yaitu Bapak Saprudin sebagai Ketua LVRI Kota Banjar. Kemudian, Bapak Udin, Satiman, Suban, dan Bapak Ero,” terang Ujang Bachyan.

Pada momen Hari Pahlawan, PPM Kota Banjar juga mengunjungi lima anggota veteran tersebut.

Sambil memberikan bingkisan berupa paket sembako sebagai bentuk kasih sayang kepada orang tua.

Baca Juga: Sejarah Kyai Haji Ahmad Sanusi, Pahlawan Islam Penentang Kolonial Belanda

Sepenggal Cerita Pak Suban

Sementara itu, salah seorang angota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Banjar, Suban (90), sempat membagikan kisah perjuangannya saat dirinya ikut melawan tentara Belanda pada tahun 1945-1947.

Waktu itu, kata Suban, dirinya bersama teman seperjuangannya yang tergabung dalam Barisan Komando Rakyat (BKR) Banjar.

BKR sempat hijrah ke Yogyakarta untuk bergerilya membantu melawan penjajah.

“Kami ikut berperang melawan penjajah membawa bambu runcing. Saya saat itu baru berusia 18 tahun,” kenangnya, saat Koran HR berkunjung ke rumahnya di Dusun Cikapundung, RT. 37, RW. 17, Desa Neglasari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar.

Setelah berperang dari Yogyakarta, lanjut Suban, kemudian ia bersama teman seperjuangannya  kembali ke Banjar dengan berjalan kaki selama kurang lebih 27 hari melewati gunung dan hutan.

Setelah sampai di Banjar, selanjutnya bergabung bersama pasukan BKR yang ada di Banjar untuk mengusir kawanan penjajah di daerah Cibeureum.

“Kami tidak pernah berhenti. Setelah dari Yogyakarta kami juga masih berperang lagi agar penjajah itu bisa pergi,” tuturnya.

Atas perjuangan pahlawan yang berat itu, ia pun berpesan kepada generasi saat ini supaya lebih gigih dan semangat menjaga keutuhan NKRI agar tidak kembali terajajah.

“Sekarang sudah aman. Kita sudah merdeka, tapi kita tidak boleh lupa untuk melanjutkan kembali perjuangan itu,” kata Suban. (Muhlisin/Koran HR)

The post Hari Pahlawan, PPM Banjar Bagikan Sembako untuk Veteran appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/11/hari-pahlawan-ppm-banjar-bagikan-sembako-untuk-veteran/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064