Fungsi Tulang Pengumpil Berkaitan dengan Alat Gerak Manusia

Fungsi Tulang Pengumpil Berkaitan dengan Alat Gerak Manusia

Fungsi tulang pengumpil pasti ada kaitannya dengan pergerakan tangan. Tubuh manusia tersusun dari bermacam-macam jenis tulang. Salah satunya adalah tulang pengumpil ini. Tulang ini sangat kuat dan padat, pada bagian depan memiliki rongga yang merupakan tempat sumsum tulang.

Pada tulang pengumpil memiliki dua ujung yang mana ukurannya lebih pendek dari tukang hasta. Tulang ini terletak pada sisi lateral tulang hasta. Bentuknya semakin ke bawah semakin besar dan membentuk persendian pada pergelangan tangan.

Bagian ujung tulang ini berdekatan dengan tulang lengan atas atau humerus. Ujung tulang bawah berdekatan dengan tulang scaphoideum dan lunatum (salah satu tulang pergelangan tangan). Tulang pengumpil memiliki panjang kurang lebih 20,32-26,67 cm.

Tentu saja tulang pengumpil berperan penting untuk fungsi pergerakan tulang. Tulang ini tersambung dengan jaringan berserat tebal yang bernama interosseous ligament.

Baca Juga: Fungsi Garis Tangan Bukan Pertanda Ramalan, Ini Fakta Ilmiahnya!

Fungsi Tulang Pengumpil

Mekanisme kerja tulang pengumpil atas beberapa proses. Saat saraf pusat menghantarkan rangsangan, maka akan berlanjut menuju ke sel saraf motorik. Sehingga menghasilkan reaksi pada setiap kerja otot.

Tulang pengumpil merupakan salah satu tulang rawan yang mengalami cedera. Bahkan daripada tulang hasta, tulang pengumpil lebih mudah mengalami keretakan. Hal ini karena saat jatuh kebanyakan orang-orang akan menahan berat badannya menggunakan tangan bagian bawah.

Tulang pengumpil memiliki berbagai macam fungsi. Salah satu fungsi utama dari tulang ini adalah menyokong lengan saat mengangkat beban atau merangkak. Tak hanya itu, tulang ini juga memiliki fungsi lain sebagai berikut:

  • Bersama tulang bisep bisa membuat tangan kuat mengangkat beban ke atas.
  • Adanya tulang pengumpil memungkinkan gerakan abduksi pada lengan tangan (menjauhi tubuh).
  • Tulang pengumpil dan tulang hasta bekerja bersamaan untuk menyambung tulang lengan bagian atas dengan engsel siku.
  • Fungsi tulang pengumpil untuk mengatur pergerakan siku dan lengan, tentu saja dalam hal ini dengan bantuan otot.
  • Berperan dalam bergeraknya pergelangan tangan.
  • Memiliki peran dalam memproduksi sel darah karena adanya sumsum tulang yang banyak.
  • Tulang pengumpil sebagai tempat melekatnya otot-otot lengan.
  • Bersama dengan tulang hasta, tulang pengumpil akan menyusun lengan bagian bawah.
  • Dengan adanya tulang pengumpil, memungkinkan adanya gerakan membengkokkan lengan.
  • Membentuk sendi peluru bersama dengan tulang hasta dan tulang pergelangan tangan.

Jika melihat dari fungsinya, tulang ini selalu bekerjasama dengan tulang hasta. Kedua tulang ini berukuran seperti pipa. Memiliki bentuk yang panjang serta pada bagian ujungnya membesar.

Baca Juga: Fungsi Tulang Betis yang Sangat Penting Bagi Manusia Secara Lengkap

Bagian Tulang Pengumpil

Setelah mengenal fungsi tulang pengumpil kini harus mengenal bagian-bagiannya. Tulang pengumpil merupakan jaringan ikat yang tersusun dari serat, matrik, ekstraseluler, dan sel. Matriks tulang merupakan bagian yang memiliki tekstur keras.

Letak dari matriks berada pada lapisan terluar. Matriks terbentuk karena adanya pengendapan mineral dalam tulang dan mengalami klasifikasi. Sehingga menyebabkan terbentuknya matriks tulang.

Cara kerja dari tulang pengumpil pada saraf pusat yang menghantarkan listrik yaitu potensial aksi. Nantinya potensial aksi akan menuju ke sel saraf motorik dan sel ini akan mengeluarkan unsur kimia. Unsur ini bernama asetilkolin yang selanjutnya berikatan bersama reseptor melalui permukaan otot.

Pertumbuhan tulang pengumpil pada anak berusia 4 tahun akan mulai dari tengah kepala tulang. Setelah anak berusia 10 tahun, pertumbuhan olecranon. Lalu pada usia 16 tahun, humerus sudah terlihat dari bagian superior.

Karakteristik Tulang Pengumpil

Tidak hanya belajar mengenai fungsi tulang pengumpil saja, sekarang juga harus tahu bagaimana karakteristik dari tulang ini. Tulang pengumpil memiliki bentuk memanjang seperti pipa. Bagian dalam tulang tersusun dari sumsum tulang.

Pada bagian dalamnya terkandung darah, protein, dan pembuluh darah. Pada bagian sumsum tulang tersusun atas sumsum tulang kuning dan sumsum tulang merah.

Sumsum tulang kuning merupakan bahan pembentuk sel darah putih. Sedangkan sumsum tulang merah merupakan bahan untuk membentuk sel darah merah. Keduanya sangat berperan penting bagi tubuh manusia.

Baca Juga: Tulang Rusuk Manusia, Mengenal Struktur dan Fungsi pada Tubuh

Proses Kerja Tulang Pengumpil

Kerja dari tulang pengumpil ini saat sel saraf pusat menghantarkan rangsangan. Lalu akan melanjutkan rangsangan tersebut ke sel saraf motorik. Sehingga akan menghasilkan asetilkolin.

Saat asetilkolin berikatan bersama reseptor akan berlanjut proses kontraksi. Proses ini mengakibatkan ion sodium masuk membran dalam sitoplasma yang melepaskan ion kalsium. Hal ini bisa berubah dan berlanjut dengan kontraksi.

Itulah beberapa hal tentang fungsi tulang pengumpil dan cara kerjanya. Dengan begitu, anda bisa memahami serta mengenal tulang pengumpil lebih detail. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

The post Fungsi Tulang Pengumpil Berkaitan dengan Alat Gerak Manusia appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/11/fungsi-tulang-pengumpil/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064