Fungsi Stomata Daun yang Utama dan Penting untuk Diketahui

Fungsi Stomata Daun

Fungsi stomata daun yang utama merupakan tempat bertukarnya gas yang tumbuhan diperlukan untuk proses fotosintesis. Stomata atau sering kita kenal dengan sebutan mulut daun merupakan komponen sel epidermis pada daun.

Melalui stomata, CO2, H2O, dan juga O2 dapat keluar masuk untuk melakukan proses respirasi dan juga fotosintesis. Akan tetapi, stomata ini juga merupakan salah satu yang dapat menjadi jalur polutan masuk ke dalam tumbuhan.

Terutama polutan yang berasal dari udara sekitarnya. Timbal adalah jenis polutan yang ukuran partikelnya sangat kecil sehingga dapat masuk ke dalam tumbuhan melalui mulut daun tersebut yang ukurannya lebih besar.

Untuk lebih lengkapnya bagaimana peran stomata dalam proses tumbuhan berkembang serta melakukan fotosintesis, dapat anda simak penjelasannya sebagai berikut.

Baca Juga: Perkembangbiakan Vegetatif Alami pada Tumbuhan dan Contohnya

Fungsi Stomata Daun

Bagian dari tumbuhan ini merupakan sebuah bagian yang berperan penting dalam produksi atau ketahanan tanaman dari hama dan juga penyakit.

Stomata seringkali dipakai sebagai salah satu ciri genetika seleksi karena perannya tersebut. Selain dapat terpengaruh karena genetika, stomata bisa berkembang serta jumlahnya terpengaruh oleh keadaan lingkungan sekitar.

Misalnya, tanaman yang tumbuh pada kondisi lingkungan yang kering dan intensitas cahaya yang lebih tinggi, cenderung mempunyai mulut daun (stomata) yang lebih banyak.

Akan tetapi, ukurannya lebih kecil daripada tanaman yang hidup pada kondisi lingkungan yang basah serta terlindung dari cahaya secara langsung.

Biasanya, stomata ini memiliki bentuk lonjong, ukuran dan juga jumlah per unit daerah berbeda-beda antara spesies tumbuhan satu dengan yang lain.

Bahkan, fungsi stomata daun juga berbeda pada masing-masing daun dalam satu tanaman. Karena mulut daun mempunyai fungsi sebagai pertukaran gas yang tumbuhan perlukan. Adapun fungsi dari stomata ini adalah sebagai berikut.

Fotosintesis

Melansir dari Wikipedia, mulut daun memiliki fungsi yang pertama untuk proses fotosintesis. Sementara itu, fotosintesis adalah sebuah proses tanaman dalam memproduksi makanan dengan menggunakan bantuan sinar matahari, air, dan juga CO2.

Dengan bantuan stomata, tanaman akan mengambil CO2 dari udara. Lalu, molekul air atau H2O akan terpecah menjadi Hidrogen (H) dan juga Oksigen (O2). Kemudian, melalui stomata pula akan melepaskan oksigen sebagai wujud produk sampingan di udara.

Dengan demikian, stomata atau mulut daun ini merupakan media pertukaran gas serta respirasi seluler yang ada pada tanaman.

Baca Juga: Contoh Kingdom Protista dan Ciri-Cirinya Berdasarkan Klasifikasi

Transpirasi

Fungsi stomata daun yang kedua yaitu transpirasi. Transpirasi yaitu proses penguapan air (H2O) dari permukaan tumbuhan. Dengan transpirasi tersebut, dapat menjaga tumbuhan tetap dingin serta mentransfer bahan kimia seperti mineral dan lainnya ke semua bagian tanaman.

Pada saat tanaman mengambil air dari dalam tanah, stomata menyerap mineral yang lain. Kemudian, supaya tumbuhan bisa mengambil air dari dalam tanah, maka air harus menguap dari permukaan tanaman terlebih dahulu.

Jika sudah melakukan hal tersebut, maka tekanan akan memaksa akar untuk menyerap air tersebut dari dalam tanah serta memindahkan menuju ujung tanaman. Kemudian, melalui fungsi stomata daun ini, pekerjaan utama dari penguapan air telah berlangsung.

Baca Juga: Pembelahan Sel Mitosis, Lengkap Beserta Hasil dan Fungsinya

Posisi Stomata

Walaupun stomata ada pada epidermis daun, akan tetapi posisinya pun pasti berbeda dari tumbuhan yang satu dengan yang lain. Mulut daun ini dapat kita temukan pada bagian sisi atau kedua sisi dari daun.

Saat fungsi stomata daun terdapat pada kedua sisi, maka mereka dapat kita sebut dengan amfistomatik. Lalu, jika berada pada bagian atas daun dapat kita sebut dengan epistomatik. Lalu pada bagian bawah sebutannya dengan hipostomatik.

Terjadi pendistribusian secara variatif pada tumbuhan yang berbeda-beda. Namun, terdapat lebih banyak stomata pada bagian permukaan daun dengan kondisi konsentrasi CO2 pada udara yang lebih rendah.

Sedangkan, pada kondisi yang lembab dan juga terang dari pencahayaan akan memiliki stomata yang lebih banyak. Misalnya, tumbuhan berkeping dua akan mempunyai stomata yang lebih besar pada bagian bawah daripada pada bagian atas (permukaan) daun.

Fungsi stomata daun juga terdapat pada tumbuhan monokotil dan dengan jumlah yang sama pada bagian permukaan atau bagian bawah daun. Namun, pada jenis tanaman yang terapung, stomata hanya dapat kita temukan pada bagian epidermis atas. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

The post Fungsi Stomata Daun yang Utama dan Penting untuk Diketahui appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/11/fungsi-stomata-daun/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064