Fungsi Email Gigi Sebagai Struktur Pelindung yang Perlu Diketahui

Fungsi Email Gigi Sebagai Struktur Pelindung yang Perlu Diketahui

Fungsi email gigi adalah untuk melindungi dentin. Email sendiri merupakan lapisan terluar gigi yang menutupi seluruh mahkota gigi. Email ini juga merupakan bagian tubuh paling keras dan terbentuk oleh sel-sel bernama ameloblast.

Meskipun sangat keras, namun email rentan akan serangan asam, baik langsung dari makanan maupun hasil metabolisme bakteri. Yang merupakan hasil dari memfermentasi karbohidrat yang kita makan setiap harinya.

Maka dari itu, pola makan yang kaya asam dapat mempercepat kerusakan email gigi. Hal ini juga berlaku pada penderita penyakit tertentu seperti bulimia. Penderita akan selalu memuntahkan kembali makanan yang telah bercampur bersama asam lambung dan sifatnya erosif bagi gigi.

Fungsi Email Gigi

Melansir dari Wikipedia, email atau enamel gigi mengandung 5% air serta 95% zat inorganik apalit dan zat organik. Email akan sangat rentan dengan asam dan penumpukan bakteri, sehingga bisa menjadi larut atau rusak bila terkena zat tersebut.

Email gigi bertugas untuk melindungi gigi dari kerusakan. Saat kita mengunyah, gigi akan berisiko untuk rusak akibat adanya aktivitas mengunyah makanan.

Selain itu, saraf-saraf pada gigi juga sensitif pada suhu, baik makanan panas maupun dingin bisa menjadi penyebab gigi sakit. Namun fungsi email gigi ini untuk membuat tidak terasa sakit. Yang menjadi akibat dari seseorang ketika makan atau minum panas maupun dingin.

Jaringan email gigi tidak mengandung saraf, sehingga jika ada kerusakan yang terbatas pada email tidak akan terasa sakit. Ketika terjadi kerusakan pada email, tidak dapat mengadakan pemulihan dengan sendirinya. Seperti halnya pada tulang atau jaringan dentin.

Baca Juga: Fungsi Tulang Pengumpil Berkaitan dengan Alat Gerak Manusia

Peran dan Struktur Email Gigi

Email gigi memiliki peran penting dalam melindungi gigi dari kerusakan. Maka dari itu, sangat penting untuk mencegah email gigi terkikis. Email akan membentuk penghalang kuat untuk melindungi lapisan dalam gigi dari efek asam dan plak.

Pada email gigi memiliki warna putih, akan tetapi email mempunyai sifat translusen. Sehingga membuat warna dentin yang kuning sedikit terlihat, maka tampilan gigi akan terlihat kuning.

Pada jaringan fungsi email gigi memiliki struktur kristalis yang tersusun oleh lebih banyak jaringan anorganik ketimbang material organik. Komposisi tersebut membuat sifat email gigi akan terlihat layaknya keramik.

Berdasar mikroskopis, lapisan enamel tersusun oleh prisma emailnya yang berupa kristal hidroksiapatit dalam pola orientasi khusus. Walaupun memiliki struktur yang keras dan padat, ion serta molekul tertentu dapat melewatinya. Misalnya seperti zat warna makanan atau minuman tertentu.

Email yang menutupi mahkota anatomis gigi ini memiliki ketebalan yang berbeda pada daerah-daerah tertentu. Untuk email yang paling tebal berada pada darah kunyah, yakni gigi insisif serta oklusal gigi molar dan sekanim kebawah akan menipis.

Ketebalan untuk setiap jenis gigi juga berbeda tergantung fungsi email gigi. Misalnya untuk incisal ridge insisif memiliki ketebalan kurang lebih 2 mm. Sementara untuk cusp premolar sekitar 2,3 hingga 2,5 mm dan cusp molar 2,5 sampai 3 mm.

Baca Juga: Sistem Limfatik pada Manusia dan Fungsi Organ-Organ Penyusunnya

Mencegah Kerusakan Email Gigi

Menghindari atau mengurangi makanan yang menyebabkan banyak kerusakan bisa menjadi salah satu cara untuk melindungi email. Makanan atau minuman serta buah-buahan asam dapat merusak email gigi.

Ketiga zat-zat tersebut menempel pada gigi dan berinteraksi dengan bakteri pada mulut, produksi asam laktat dapat merusak. Namun hal ini bukan berarti anda tidak boleh mengonsumsi makanan tersebut. Yang terpenting jangan berlebihan dan selalu sikat gigi sesudahnya.

Sebagian besar dokter gigi juga menyarankan agar tidak minum banyak soda. Sebab kandungan gula dan asam pada minuman tersebut dapat berpengaruh pada fungsi email gigi. Hal yang sama juga berlaku untuk minuman diet dengan kandungan asam korosif, bahkan bila tidak mengandung banyak gula.

Soda dengan perisa jeruk memiliki kadar asam tinggi daripada soda lainnya sehingga lebih berisiko. Minuman olahraga serta minuman energi yang mengandung kadar asam tinggi sebaiknya juga mulai anda hindari.

Makanan yang sangat keras seperti permen atau es batu juga dapat meretakkan atau memecahkan email. Dengan mempraktekkan kebiasaan kebersihan mulut dengan menyikat gigi dan mengunjungi dokter gigi secara teratur.

Dengan memahami fungsi email gigi serta bagaimana melindunginya, bisa membuat anda lebih tahu. Sehingga kedepannya bisa lebih mengerti pentingnya menjaga kesehatan email gigi. (R10/HR Oniine)

Editor: Jujang

The post Fungsi Email Gigi Sebagai Struktur Pelindung yang Perlu Diketahui appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/11/fungsi-email-gigi/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064