Doa Sebelum dan Setelah Wudhu Bagian Dari Tata Cara Wudhu

Doa Sebelum dan Setelah Wudhu Bagian Dari Tata Cara Wudhu

Doa sebelum dan setelah wudhu merupakan bagian dari doa harian yang selalu kaum muslim baca ketika hendak wudhu. Doa ini juga sering orangtua ajarkan kepada anaknya untuk belajar menunaikan kewajiban shalat.

Pasalnya, sebelum melaksanakan shalat, maka diwajibkan untuk berwudhu terlebih dahulu agar suci. Wudhu berarti bersih atau indah. Dengan lebih lengkapnya, berwudhu adalah menyucikan pada bagian tubuh yang terkena hadas kecil.

Wudhu ini wajib anda kerjakan untuk melaksanakan shalat, baik shalat fardhu maupun sunnah. Karena ketika beribadah, tentunya harus dalam keadaan bersih dari hadas kecil, sehingga perlu melakukan wudhu.

Doa Sebelum dan Setelah Wudhu, Hindari Hal yang Membatalkan

Berwudhu merupakan salah satu cara bersuci dari hadas kecil. Sedangkan untuk menghilangkan hadas besar, dengan mandi wajib atau mandi junub. Perlu anda tahu, wudhu merupakan salah satu dari syarat sahnya shalat sehingga harus tahu doa sebelum dan setelah wudhu.

Sudah tergambar jelas dalam QS Al-Maidah: 6 jika sebelum mengerjakan shalat, sebaiknya mensucikan bagian tubuh dengan adab yang telah anda pahami. Sehingga umat muslim harus memahami dan mengerti doa sesudahnya.

Niat sebelum dan sesudah wudhu merupakan bagian dari suatu ibadah, sehingga tidak boleh anda sepelekan. Lagipula dengan berwudhu, nantinya akan memberikan manfaat lain seperti memberikan ketenangan hati sampai membuat wajah berseri karena selalu terkena air suci.

Baca juga: Bacaan dan Doa Mandi Wajib, Simak dan Pahami Untuk Bersuci

Niat Sebelum Wudhu

Bagi yang ingin berwudhu, sebaiknya membaca basmallah terlebih dahulu. Lalu ikuti dengan niat berwudhu yang anda ucapkan dalam hati atau bisa dengan suara pelan. Doa sebelum dan setelah wudhu wajib anda ucapkan dengan baik dan benar.

Adapun bacaan niat berwudhu seperti ini:

Doa Sebelum dan Setelah Wudhu

Doa ini sangat tepat untuk anda baca sesudah mengucapkan basmallah. Nah, selanjutnya melakukan gerakan wudhu dengan berurutan dan tertib.

Niat Sesudah Wudhu

Tidak hanya hendak berwudhu saja, namun setelah melakukan wudhu sebaiknya juga membacanya. Pasalnya, doa sebelum dan setelah wudhu menjadi bagian dari tata cara berwudhu. Adapun doa yang harus anda baca yaitu:

Tata Cara Berwudhu

Dalam berwudhu, Rasulullah SAW mengajarkan bagaimana tata cara berwudhu dengan memulainya membaca basmallah terlebih dahulu. Kemudian langsung niat dan mengerjakan wudhu dengan tertib dan urut, termasuk berdoa sebelum dan setelah wudhu.

Niat

Niat merupakan rukun wudhu yang pertama, karena niat menjadi amalan sah apabila ingin melakukan ibadah dan pekerjaan yang lainnya.

Termasuk dengan berniat, bisa membukakan pintu pahala. Begitu juga dengan berwudhu. Hal yang harus anda ucapkan ketika hendak berwudhu, dengan niat yang benar.

Untuk memulai kegiatan berwudhu, sebaiknya dengan membaca niatnya terlebih dahulu dari dalam hati. Bisa pula membaca doa sebelum dan setelah wudhu ini dengan suara yang pelan. Mengingat niat merupakan rukun pertama berwudhu, maka wajib untuk membaca niat ini.

Basuh Wajah

Kedua tata cara berwudhu adalah dengan membasahi seluruh wajah dengan air sampai merata. Bagian wajah yang harus terkena air adalah dahi sampai dagu dan pinggiran telinga. Basuh dengan kedua tangan menggunakan air suci dan mengalir.

Basuh Kedua Tangan

Lalu selanjutnya adalah membasuh kedua tangan sampai siku. Tata cara ini juga telah tercantum dalam QS Al-Maidah ayat 6 yang artinya “..dan basuhlah tangan-tangan hingga siku..”. Selain sebelum dan setelah wudhu, maka harus tahu pula mengenai tata cara berwudhu dengan membasuh tangan.

Usap Kepala

Salah satu tata cara yang harus anda kerjakan adalah mengusap kepala. Namun berbeda dengan membasuh wajah tadi yang harus keseluruhan. Untuk mengusap kepala ini dengan air sampai terkena rambut.

Sehingga tidak semua bagian rambut harus basah dengan basuhan air, namun hanya sebagian saja, terutama bagian depan. Usap kepala menjadi bagian tata cara berwudhu, termasuk membaca doa sebelum dan setelah wudhu.

Basuh Kaki

Apabila sudah mengusap kepala dengan air, maka selanjutnya adalah membasuh kedua kaki sampai mata kaki. Hal ini juga tercantum dalam QS Al-Maidah ayat 6 yang artinya “Basuhlah kaki kalian sampai kedua mata kaki”.

Dengan demikian, Rasulullah SAW juga menjelaskan jika meminta umatnya untuk memastikan air wudhu bisa sampai mata kaki. Namun jika anda ragu mengenai air bisa membasahi mata kaki atau tidak, maka Rasulullah menganjurkan untuk membasuhnya sampai betis.

Tertib

Tata cara yang terakhir adalah tertib. Dalam hal ini, tertib berarti melakukan setiap langkah untuk berwudhu dengan urutan yang benar tidak melompat-lompat. Apabila wudhu ini anda lakukan dengan tidak berurutan, maka wudhu tersebut tidak sah.

Dengan demikian, tidak hanya doa sebelum dan setelah wudhu saja yang harus ada ucapkan. Namun melakukan gerakan wudhu dengan tertib menjadi bagian yang penting untuk dikerjakan.

Hal yang Membatalkan Wudhu

Wudhu merupakan cara bersuci dari hadas kecil ketika hendak melakukan ibadah. Dengan wudhu, juga menentukan sah tidaknya ibadah yang akan anda jalani.

Apabila anda batal saat sebelum atau berada tengah-tengah ibadah, maka wudhu harus anda ulangi kembali. Karena jika tidak sah, maka ibadah yang anda lakukan juga tidak sah dan menjadi sia-sia. Untuk itu, selain doa sebelum dan setelah wudhu, maka hal yang membatalkan wudhu juga harus anda hindari.

Sahnya wudhu harus anda jaga dengan baik sampai ibadah yang anda kerjakan selesai. Nabi Muhammad SAW juga bersabda yang artinya “Tidak akan diterima shalat seseorang yang berhadas, kecuali dia berwudhu”. Adapun hal yang membatalkan wudhu seperti berikut ini.

Keluarnya Sesuatu dari Dubur

Apapun yang keluar dari qubul (kemaluan) atau dubur merupakan bagian dari najis, tidak termasuk air mani. Sesuatu yang biasanya keluar dari qubul adalah kencing serta haid. Sedangkan sesuatu yang keluar dari dubur adalah kentut dan kotoran.

Namun tidak demikian dengan air mani, karena bukan sebagian dari najis. Air mani tidak bisa masuk kategori najis karena merupakan cairan yang manusia produksi.

Apabila air mani termasuk najis, maka manusia laki-laki juga najis dan wudhunya tentu menjadi tidak sah. Ia harus melakukan mandi wajib untuk menjalankan ibadahnya yang akan menjadi sah.

baca juga: Doa dan Dzikir Setelah Sholat, Banyak Manfaat Untuk Kehidupan Manusia

Hilang Kesadaran

Seseorang kehilangan kesadaran akibat dari tidur, mabuk, sampai dengan gila. Karena orang yang kehilangan kesadaran tidak tahu apa yang terjadi dengannya.

Misalnya ketika tertidur, orang tidak akan tahu kapan kentut akan keluar. Karena orang tidur, kentut ini tidak bisa anda sadari. Hilang kesadaran serta doa sebelum dan setelah wudhu menjadi hal yang harus umat muslim ketahui dengan baik.

Namun beda halnya jika anda tertidur dalam keadaan menetap, artinya tidur ini tidak pindah posisi. Dengan kata lain, pantatnya rapat. Untuk posisi tidur seperti ini, akan memiliki kemungkinan kecil untuk keluarnya kentut.

Lalu tiduran atau tidur ringan tidak akan membatalkan wudhu karena masih dalam keadaan sadar. Sedangkan untuk orang mabuk dan gila sehingga mereka tidak bisa membedakan mana yang benar dan salah.

Dengan kesadaran seperti ini, kemungkinan ia berbuat salah pun bisa saja terjadi. Oleh karena itu, mabuk dan gila adalah bagian dari membatalkan wudhu.

Menyentuh Bukan Mahramnya

Orang yang termasuk bukan mahram adalah yang berlawan jenis dengan tidak memiliki hubungan darah. Namun meski anda sesama lelaki, tidak memiliki hubungan darah, maka tidak akan membatalkan wudhunya. Begitu juga sebaliknya untuk perempuan.

Doa sebelum dan setelah wudhu adalah rangkaian yang mengesahkan wudhu dan hindari yang membatalkan wudhu. Namun beda lagi jika seorang laki-laki bersentuhan dengan perempuan tanpa menggunakan batas kain dan yang bukan mahramnya. Maka, sudah sangat pasti jika wudhunya itu batal dan harus mengulang kembali berwudhu.

Hal ini karena bagi orang yang normal, maka dengan bersentuhan ini akan menimbulkan syahwat. Namun perlu anda tahu jika menyentuh lawan jenis dengan usia masih kecil itu tidak berlaku.

Doa sebelum dan setelah wudhu merupakan bagian dari tata cara berwudhu yang benar. Sehingga anda juga harus memahami apa saja yang membatalkan wudhu seperti menyentuh bukan mahromnya. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid

The post Doa Sebelum dan Setelah Wudhu Bagian Dari Tata Cara Wudhu appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/11/doa-sebelum-dan-setelah-wudhu/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064