Dinkes Kota Banjar Ajari Santri Hidup Sehat

Dinkes Kota Banjar

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Dinas Kesehatan (Dinkes), Kota Banjar, Jawa Barat, mengajak warga melaksanakan sosialisasi sanitasi total berbasis masyarakat di Pesantren Fathurrahman, Desa Binangun, Kota Banjar, Selasa (17/11/2020).

“Kami mengajak santri supaya tidak BAB sembarangan, mau itu di kolam maupun di selokan. Selain itu, kami juga mengajak santri untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir,” ujar Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan Dinkes Kota Banjar, Rusyono SK, MM, Selasa (17/11/2020).

Pada kesempatan tersebut, Dinkes Kota Banjar juga menyampaikan edukasi terkait CTPS atau Cuci Tangan Pakai Sabun. CTPS ini dilakukan sebelum dan sesudah aktivitas. Selain itu juga CTPS dilakukan setelah BAB. 

“Kami juga mensosialisasikan tentang pengelolaan sampah dengan pemilahan sampah organik dan anorganik,” katanya.

Selain itu, lanjut Rusyono, santri dan santriwati juga diberi tahu tentang konsumsi makanan yang sehat dan aman.

“Jadi santri kami beritahu tentang makanan yang sehat dan makanan dan baik itu adalah makanan yang diolah sendiri dengan cara pengolahan yang baik dan benar,” jelasnya.

Rusyono berharap kegiatan tersebut membuat santri bisa menjadi contoh untuk masyarakat di sekitarnya. Selain itu, para santri juga mampu mempraktekkan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Kami juga berharap dengan kegiatan ini menghilangkan image tentang santri itu budug atau kudis. Karena sebenarnya Islam mengajarkan kita tentang kebersihan, seperti dalam hadits, kebersihan sebagian daripada iman,” pungkasnya. (Aji/R7/Koran-HR)

Editor: Ndu

The post Dinkes Kota Banjar Ajari Santri Hidup Sehat appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/11/dinkes-kota-banjar-ajari-santri-hidup-sehat/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064