Cegah Penularan Covid-19, Puskesmas Banjarsari Ciamis Rutin Swab

Cegah Penularan Covid-19 Puskesmas Banjarsari Ciamis Rutin Swab

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Guna memutus mata rantai penularan dan penyebaran Covid-19, petugas Puskesmas Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, rutin melakukan tes swab.

Kepala UPTD Puskesmas Banjarsari, Agus Sudarisman, didampingi petugas surveilans epidemiologi Andi Legiana, mengatakan, swab tersebut dilakukan untuk memastikan semua petugas kesehatan di Puskesmas Banjarsari, terbebas dari penularan virus Corona.

Bahkan menurutnya, pihaknya rutin melakukan kegiatan tes swab tersebut selama dua minggu sekali.

Terlebih, katanya, swab test tersebut setelah ada salah satu pasien suspek dengan gejala batuk yang merujuk terhadap kemungkinan munculnya gejala indikasi virus Corona.

“Maka dari itu, untuk memastikan semua pelayan kesehatan terbebas dari virus, kita lakukan swab. Kebetulan untuk alatnya swab tersebut memang tersedia di Puskesmas Banjarsari ini,” kata Andi kepada HR, Selasa (10/11/2020).

Sedangkan untuk saat ini, Puskesmas Banjarsari baru melakukan tes swab kepada masyarakat sebanyak 150 orang. Berikut 100 orang yang masif, serta dari beberapa orang yang pernah kontak tracking dengan kasus positif.

“Untuk swab kepada masyarakat, kami masih menunggu instruksi dari atas. Insya Allah jika sudah ada instruksi, nanti kita akan melakukannya. Meski saat ini, kasus positif di wilayah Kecamatan Banjarsari sudah mulai menurun,” ucapnya.

Selain rutin melakukan swab terhadap para petugas kesehatan, PKM Banjarsari juga gencar melakukan sosialisasi 3M ke beberapa titik lokasi, yang menjadi pusat kerumunan masyarakat.

“Seperti kemarin kita lakukan sosialisasi 3M ke Pasar Banjarsari, juga mendatangi beberapa rumah makan,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini warga Banjarsari sudah mulai melupakan untuk memakai masker. Oleh karena itu, pihaknya pun akan terus berupaya untuk melakukan sosialisasi.

“Supaya masyarakat kembali patuh terhadap protokol kesehatan, serta tetap menjalankan 3M,” pungkasnya. (Suherman/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

The post Cegah Penularan Covid-19, Puskesmas Banjarsari Ciamis Rutin Swab appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/11/cegah-penularan-covid-19-puskesmas-banjarsari-ciamis-rutin-swab/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064