Budidaya Lobster Air Tawar, Bisnis Eksklusif yang Menguntungkan

budidaya lobster air tawar

Budidaya lobster air tawar merupakan bisnis eksklusif yang masih sangat terbuka lebar. Persaingan usaha ini tak seketat jenis ikan air tawar. Apalagi permintaan yang besar dan harga jualnya yang tinggi tentunya sangat menguntungkan.

Kebutuhan terhadap udang lobster tak pernah surut. Bahkan dari waktu ke waktu makin banyak saja permintaan pasar terhadap hewan air ini. Terutama dari kalangan restoran, rumah makan, hotel, usaha katering, dan sebagainya.

Ada banyak jenis masakan dengan bahan lobster. Cita rasanya yang sangat lezat membuat jenis seafood termasuk favorit banyak orang. Apalagi kandungan nutrisinya juga sangat tinggi yang baik untuk tubuh.

Baca juga: Lobster Air Tawar, Berkah Warga di Perbatasan Kota Banjar-Ciamis

Yang menarik, harga masakan lobster termasuk tinggi sehingga menjadi makanan eksklusif. Tak sedikit restoran yang menyajikan masakan lobster dengan olahan spesial yang menjadi kesukaan banyak orang yang berduit.

Tahapan Cara Budidaya Lobster Air Tawar

Lobster memang termasuk jenis seafood atau makanan laut yang populer. Namun untuk tujuan bisnis Anda bisa menjalankan cara budidaya lobster air tawar. Bahkan media kolamnya bisa kita sesuaikan dengan kondisi lingkungan.

Nah, untuk Anda yang ingin mencoba terjun dalam usaha berternak lobster bisa mencobanya dengan panduan ini. Yuk langsung saja simak cara ternak lobster dengan media air tawar yang bisa Anda lakukan.

Habitat Lobster

Pada dasarnya lobster bisa hidup dalam kondisi air yang rendah kadar oksigennya. Meskipun begitu untuk usaha ternak kondisi ini akan membuat udang lambat perkembangannya.

Sebelum memulai usaha budidaya lobster air tawar Anda perlu memahami kebutuhan optimal agar lobster dapat berkembang. Untuk kandungan oksigen air sebaiknya sekitar 4 ppm. Sedangkan untuk suhu air sekitar 25 hingga 29 derajat celsius.

Begitu juga menyangkut tingkat keasaman air kolam, lobster menyukai dengan kadar 7 hingga 9 pH. Begitu juga kandungan kalsium dalam air kolam penting karena menyangkut kualitas cangkang lobster.

Untuk menjaga kualitas air, Anda harus selalu memantaunya. Termasuk saat terjadi hujan atau panas yang berlebihan. Hal ini penting agar perkembangan lobster yang Anda pelihara bisa lebih optimal.

Media Budidaya Lobster

Pada dasarnya tidak ada patokan standar menyangkut jenis media kolam untuk budidaya lobster air tawar ini. Anda bisa menggunakan kolam tanah, kolam semen, dalam tanki, ataupun dengan kolam fiber.

Baca juga: Usaha Budidaya Ikan Nila Modal Kecil yang Menguntungkan

Pemilihan media kolam maupun pola budidaya biasanya berkaitan dengan tujuan kita dalam berternak. Anda bisa memilih pola ternak ekstensif dengan media kolam tanah atau pola intensif dengan target kualitas lobster.

Jika Anda ingin berternak lobster untuk hobi mungkin bisa memilih pola ekstensif. Pola ini biasanya menjadi pilihan saat awal ternak agar lebih mengenal detailnya.

Namun jika Anda ingin menjalankan usaha untuk meraih keuntungan bisa memilih pola intensif yang lebih ketat. Cara budidaya lobster air tawar dengan pola ini biasanya mampu menghasilkan lobster dengan kualitas tertentu untuk memenuhi pasar khusus.

Pemilihan Benih Lobster

Dalam menjalankan usaha ternak udang ini masalah benih lobster yang berkualitas tentunya sangat menentukan. Jika Anda telah memiliki kemampuan untuk melakukan pembenihan sendiri tentunya akan lebih baik.

Namun jika Anda ingin fokus pada pembesarannya, Anda bisa membeli benih lobster unggul pada peternak yang telah berpengalaman. Untuk menemukannya Anda bisa meminta informasi ke dinas pertanian dan perikanan setempat.

Tahap Pembesaran Lobster

Untuk membesarkan lobster sebaiknya Anda sudah memiliki tujuan berapa lama proses akan Anda lakukan atau berapa berat minimal hingga lobster bisa Anda panen. Tujuan ini tentunya berkaitan dengan kebutuhan pasar yang ada.

Dalam budidaya lobster air tawar, salah satu tahapan penting yang mesti Anda perhatikan adalah pemberian pakannya. Jika Anda menerapkan pola intensif sebaiknya gunakan pakan pelet yang sangat kaya nutrisi.

Baca juga: Usaha Budidaya Ikan Sistem Bioflok Lebih Menguntungkan, Ini Alasannya!

Pelet merupakan pakan buatan pabrik yang siap tebar. Pakan ini juga mudah Anda dapatkan dan beli dari berbagai toko perikanan. Namun seperti umumnya usaha ternak ikan, pakan memang menyita sekitar separo biaya usaha ternak.

Pemberian pakan sebaiknya Anda lakukan secara berkala, yaitu dua kali sehari. Untuk pagi hari sebaiknya berikan pakan sebelum matahari terlalu tinggi. Begitu untuk sore hari berikan saat sudah cukup teduh.

Satu lagi cara budidaya lobster air tawar yang perlu Anda perhatikan adalah menjaga kualitas air kolamnya. Perubahan kualitas air bisanya terjadi saat hujan, cuaca terlalu panas, atau air menjadi kotor. (R11/HR-Online)

Editor: Jujang

The post Budidaya Lobster Air Tawar, Bisnis Eksklusif yang Menguntungkan appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/11/budidaya-lobster-air-tawar/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064