Budidaya Ikan Gurame, Potensi Usaha yang Menjanjikan

cara budidaya ikan gurame

Budidaya ikan gurame merupakan salah satu jenis usaha yang sangat menjanjikan. Selain permintaannya yang tak pernah surut, bahkan terus meningkat. Harga jualnya juga relatif tinggi. Ikan gurame juga lebih tahan penyakit.

Salah satu cara menghasilkan uang adalah dengan membuka usaha ternak ikan. Lalu jenis ikan apa yang paling menjanjikan untuk dibudidayakan? Jawabannya sangat banyak. Salah satunya adalah ikan gurame.

Gurame merupakan jenis ikan yang cukup banyak orang yang membudidayakannya. Hal ini karena permintaan pasar yang terbilang cukup besar, baik dari restoran, rumah makan, kafe, hingga warung kaki lima.

Mereka sering menjadikan ikan gurame sebagai makanan yang enak dan banyak pengunjung yang menyukainya. Cara memasaknya bisa dengan membuat ikan gurame bakar, bentuk pepes dan dengan menggoreng. Apalagi menyantap dengan sambal yang membuat penikmat kuliner ini semakin ketagihan.

Usaha budidaya ikan gurame sangat cocok dan siapapun bisa menjalankannya. Baik Anda yang berada aau tinggal sekitar wilayah kota maupun pedesaan dengan daya dukung sumber daya alam yang memadai.

Baca Juga: Budidaya Lobster Air Tawar, Bisnis Eksklusif yang Menguntungkan

Potensi Bisnis Budidaya Ikan Gurame

Untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis ternak gurame penting sekali untuk lebih mengenal ikan ini. Ikan gurame dalam bahasa Latin terkenal dengan sebutan osprhronemus guoramy Llac dan termasuk kategori jenis ikan air tawar.

Ikan ini selain merupakan jenis ikan konsumsi ada juga yang jenis ikan hias. Gurame sangat gampang kita jumpai pada berbagai kawasan perairan di Asia Tenggara.

Habitat asli ikan Gurame terutama di perairan Sulawesi, Madura, Jawa, dan Sumatera. Namun hanya Pulau Jawa yang kemajuan usaha budidaya ikan gurame melaju pesat. Terutama beberapa wilayah Magelang, Purwokerto, Tasikmalaya, Garut, Ciamis dan Bogor.

Bagi masyarakat kita ikan gurame bakar merupakan salah satu kuliner yang sangat populer dan banyak orang yang menyukainya. Karena daging ikan gurame yang sangat empuk, tebal, gurih dan lezat.

Apalagi jika kita memakannya dengan sambal balado yang membuatnya terasa sangat lezat. Makan pun menjadi semakin berselera untuk terus menambah makan. Baik orang tua maupun anak-anak banyak yang menyukai masakan gurame.

Karena itulah banyak rumah makan, restoran, warteg, cafe dan tempat makan sederhana yang menyediakan menu ikan gurame bakar plus sambal. Dengan menu spesial ini banyak rumah makan selalu laris dan menjadi buruan pembeli.

Bagi Anda yang kebingungan untuk memilih usaha maka jangan ragu lagi untuk memilih jenis bisnis ini. Berikut ini berbagai keunggulan dan potensi usaha budidaya ikan gurame sangat tepat untuk Anda pilih.

Baca Juga: Usaha Budidaya Ikan Nila Modal Kecil yang Menguntungkan

Harga Jual yang Tinggi

Ikan gurame mmeiliki harga jual di pasaran untuk setiap kilogramnya sangat tinggi. Harga ikan ini juga termasuk stabil dan jarang sekali mengalami penurunan seperti halnya produk pertanian lainnya.

Tingkat persaingan bisnis ini juga masih cukup longgar. Peternak yang memilih jenis ikan ini tidak sebanyak usaha budidaya ikan mas, nila, atau lele yang jauh lebih populer. Sehingga usaha ini sangat menjanjikan untung besar.

Kaya Nutrisi

Usaha budidaya ikan gurame juga termasuk bisnis yang memberikan manfaat untuk konsumennya. Hal ini karena kandungan nutrisi gurame yang cukup besar dan sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Dalam seekor ikan gurame terkandung banyak nutrisi dan vitamin. Seperti vitamin B3, Vitamin B2, vitamin B1, vitamin A, lemak, protein hewani, dan omega3. Kandungan zat ini penting bagi tubuh untuk meningkatkan daya tahannya.

Tingginya Permintaan

Permintaan pasar terhadap ikan gurame sangat besar. Bahkan kebutuhan ini selalu meningkat setiap tahunnya, terlebih saat hari-hari besar. Bahkan pasokan gurame dari para peternak belum mampu memenuhi kebutuhan pasar nasional.

Lebih Tahan Terhadap Penyakit

Berbeda dengan ikan air tawar lainnya, gurame mempunyai daya tahan yang jauh lebih kuat terhadap penyakit. Sehingga ikan ini tak mudah sakit karena hama atau perubahan cuaca. Inilah yang menjadi kelebihan bisnis ini dengan tingkat resiko kerugian yang sangat minim.

Itulah potensi usaha budidaya ikan gurame yang cerah. Dengan permintaan yang tinggi, produksi dari para peternak yang masih rendah, dan harga jual ikan gurame yang lebih mahal dan stabil membuat usaha ini sangat menjanjikan. (R11/HR Online)

Editor: Jujang

The post Budidaya Ikan Gurame, Potensi Usaha yang Menjanjikan appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/11/budidaya-ikan-gurame/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • seobet88@gmail.com
  • +62 877 9462 8641