BPKB Motor Asli, Cek Sebelum Anda Tertipu Dokumen Palsu

BPKB Motor Asli, Cek Sebelum Anda Tertipu Dokumen Palsu

BPKB motor asli menjadi legalitas yang perlu anda pastikan saat membeli kendaraan second. BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) menjadi dokumen penting saat memiliki kendaraan.

Tanpa adanya dokumen ini, tentu kendaraan bisa anda curigai. Saat anda ingin membeli kendaraan bekas, lihat dokumen aslinya sebelum memutuskan untuk membelinya.

Bahkan urungkan niat anda untuk membeli kendaraan yang tidak memiliki kelengkapan dokumen penting yang satu ini. Apalagi saat ini sudah banyak beredar BPKB palsu sebagai pelengkap kendaraan untuk dijual.

Keberadaan sindikat pemalsuan dokumen juga semakin marak beredar pada kalangan masyarakat. Karena alasan inilah mengapa anda perlu tahu mana BPKB motor asli dan yang palsu.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Rasa Takut Naik Motor dengan Cepat dan Mudah

Jika anda memiliki kendaraan bermotor tanpa BPKB, bisa saja ada anggapan jika itu hasil curian. Penting sekali memiliki sepeda motor lengkap dengan dokumen penting, baik STNK atau BPKB.

Periksa dokumen penting kendaraan, apakah asli atau tidak. Hal ini agar anda tidak tertipu, sebab sudah sering terjadi penipuan dokumen saat pembelian motor.

Apalagi pembuatan dokumen palsu kini semakin banyak dan mudah saja. Jika anda mendapatkan dokumen palsu, tentu akan membuat kesulitan ketika akan membayar pajak suatu saat.

Membedakan BPKB asli dan palsu butuh ketelitian jeli. Apalagi dokumen palsu juga memiliki tanda tangan dan cap pihak kepolisian tiruan. `

Cara Membedakan BPKB Motor Asli dan Palsu

Saat melakukan transaksi pada jual beli kendaraan bermotor, sebaiknya anda lebih teliti dan jeli. Jangan sampai tertipu membeli motor bodong tanpa dokumen lengkap.

Padahal dokumen kendaraan tersebut menjadi suatu hal penting untuk kepemilikan. Bukti surat kendaraan menjadi hal pokok saat anda ingin membeli motor second.

Tidak ada salahnya anda tahu bagaimana cara membedakan yang asli dan palsu. Proses jual beli motor bekas sebaiknya anda lakukan pengecekan pada BPKB kendaraan itu sendiri.

Anda juga bisa minta bantuan pada pihak kepolisian setempat untuk mengecek keasliannya. Jika anda tidak mau tertipu, juga bisa memilih tempat jual kendaraan second terpercaya.

Baca Juga : Kunci Mobil Hilang, Ada Banyak Cara untuk Mengatasinya

Sehingga kemungkinan kecil hal ini bisa anda alami. Hindari membeli kendaraan dengan harga murah, namun menyesal pada kemudian hari.

Cek terlebih dulu sebelum pembelian. Lakukan proses pengecekan dan transaksi dengan pihak yang benar-benar terpercaya. Sebelum membayar kendaraan yang akan anda beli, sebaiknya ketahui ciri-ciri BPKB yang asli.

Bagi anda yang belum tahu tentang dokumen kendaraan, berikut ini ada beberapa ciri yang bisa anda ketahui. Cek dulu BPKB sebelum membeli, berikut tipsnya:

Cover BPKB

Ciri-ciri pertama yang bisa anda dapatkan dari BPKB motor asli yaitu dari bagian covernya. Dari dulu hingga sekarang, BPKB kendaraan tidak berubah.

Anda bisa lebih teliti dan jeli ketika ingin membedakan mana yang asli dan palsu. Bagian cover BPKB pada tahun 2010 dan selanjutnya telah memiliki material cover mengkilap. Bahkan tidak buram atau kusam sedikitpun.

Pita Pengaman

Bagian kedua ciri BPKB motor asli yaitu terletak pada pita pengaman. Pada terbitan BPKB tahun 2009 dan sebelumnya terdapat pada halaman ketiga untuk pita pengamannya.

Sedangkan jika anda lebih teliti dalam melihat BPKB palsu terletak pada halaman kedua. Ciri-ciri dari pita pengaman BPKB yaitu hadir dengan warna abu-abu mengkilap.

Hologram

Ada tanda-tanda lain saat anda ingin mengetahui jika BPKB tersebut asli. Hologram bisa anda jadikan barang bukti untuk keaslian. Hologram tersebut bisa anda terawang dan warnanya tidak akan berubah.

Warna hologram tetap sama, yaitu abu-abu. Sedangkan untuk warna hologram BPKB palsu akan tampak kekuningan. Dari sinilah anda bisa membedakan BPKB motor asli dan palsu.

Kroscek Nomor Seri

Setelah anda melakukan beberapa hal tersebut, jangan lupa untuk mengecek nomor serinya. Nomor tersebut biasanya terletak pada bagian bawah hologram.

Nomor tersebut sebagai tanda domisili pemilik kendaraan. Sifatnya unik dan rahasia, sehingga tidak ada nomor seri yang sama. Karena sulit, maka sebaiknya minta bantuan pihak kepolisian.

Tidak ada salahnya untuk lebih tahu mana BPKB motor asli dan palsu. Hal ini bisa menghindarkan anda dari resiko kepemilikan BPKB palsu. (R10/HR-Online)

Baca Juga : BPKB Hilang, Begini Langkah Mengurus yang Benar

The post BPKB Motor Asli, Cek Sebelum Anda Tertipu Dokumen Palsu appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/11/bpkb-motor-asli/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064