Bacaan dan Doa Mandi Wajib, Simak dan Pahami Untuk Bersuci

1. Bacaan dan Doa Mandi Wajib, Simak Dan Paham Untuk Bersuci

Bacaan dan doa mandi wajib atau junub akan membuat orang menjadi suci setelah ada hadats besar. Junub ini akan membatasi seseorang dalam melakukan ibadah. Sehingga perlu melakukan mandi wajib untuk mensucikannya.

Contohnya mereka yang mimpi basah, melakukan hubungan suami istri, haid, dan nifas. Dengan melakukan mandi wajib, tentu orang bisa melakukan ibadahnya kembali dalam keadaan suci dan bersih.

Dengan mengikuti tata cara yang benar, tentu akan menyempurnakan mandi wajib. Sehingga orang tersebut bisa melanjutkan ibadahnya kembali.

Bacaan dan Doa Mandi Wajib, Perhatikan Tata Caranya

Jika melihat artinya, kata junub berarti jauh. Namun berdasarkan ulama fiqih, maka junub berarti orang yang memiliki kewajiban untuk melakukan mandi besar karena keluarnya mani yang bersebab berhubungan suami istri dan mimpi basah.

Dalam keadaan seperti ini, junub menjauhkan orang tersebut dari ibadah sebelum melakukan bersuci dengan mengerjakan mandi wajib. Sehingga mereka yang tetap melakukan ibadah akan menjadi haram hukumnya. Untuk mereka yang junub harus memahami bacaan dan doa mandi wajib untuk bersuci kembali.

Sehingga mereka yang masih junub sebaiknya menghentikan ibadah seperti puasa, shalat, mengelilingi ka’bah, sampai membaca ayat Al-Quran.

Junub ini masuk dalam kategori hadats besar yang harus segera mensucikan tubuh. Untuk itu, segera bersuci untuk bisa melanjutkan ibadah.

Doa Secara Umum Mandi Wajib

Sudah menjadi kewajiban umat muslim untuk mengerjakan ibadah mandi wajib dalam menunaikan ibadah yang lainnya. Mengenai doa-doa ini, masih belum ada referensi yang benar-benar jelas.

Yang ada hanya bacaan niat untuk mandi wajib. Nah, untuk bacaan dan doa mandi wajib untuk melaksanakan mandi seperti:

Adapun tujuan melakukan mandi wajib ini untuk kembali bersih dan mensucikan badan, baik itu hadats besar dan kecil. Apabila belum melakukan mandi ini dengan tata cara yang benar, maka belum bisa ibadah.

Bacaan dan doa mandi wajib bisa menjadi jalan seseorang untuk melakukan ibadahnya kembali dengan keadaan suci. Untuk itu, mandi junub menjadi wajib kepada kaum muslim yang berkaitan dengan ibadah kepada Allah SWT seperti untuk mengerjakan sholat dan yang lainnya.

Untuk melakukan mandi wajib ini, sudah ada peraturan yang harus kaum muslim lakukan untuk menjadi suci. Dengan mengerjakan segala aturan dengan menaatinya, mandi wajib ini akan menjadi jalan untuk melakukan ibadah.

Mandi Wajib

Pada dasarnya, mandi wajib ini sama saja dengan mandi biasanya. Hanya saja, mengerjakan dengan sunnah dengan mendahulukan bagian kanan untuk bagian kiri.

Mandi wajib setelah haid dengan menggosok bagian kepala dengan bersungguh-sungguh. Perempuan harus memahami bacaan dan doa mandi wajib untuk membersihkan diri dari hadats setelah haid.

Hal ini sudah sangat jelas jika perempuan yang melakukan mandi besar harus mengurai rambutnya sampai benar-benar sampai ke kulitnya terkena air. Sehingga air bisa membasahi rambut dari pangkal rambut sampai kulit kepala.

Namun untuk hal yang berkaitan dengan mengurai rambut, tidak ada penjelasan lebih lanjut untuk mereka yang mandi wajib setelah berhubungan suami istri.

Karena intensitas berhubungan ini lebih sering yang akan memberatkan perempuan jika harus melakukan mengurai rambut setiap kali mandi wajib.

Sedangkan untuk mengurai rambut ketika selesai haid hanya perempuan lakukan sekali dalam satu bulan saja. Sehingga tidak ada penjelasan untuk mengurai rambut ketika mandi wajib setelah berhubungan dengan suaminya.

Doa Mandi Wajb Setelah Haid

Adapun bacaan dan doa mandi wajib yang perempuan baca ketika hendak mandi wajib seperti:

Setelah membaca niat dan doa ini, maka selanjutnya meratakan air sampai ke seluruh tubuh, mulai dari rambut sampai ujung kaki dengan membersihkan semua najis yang menempel pada bagian tubuh. Untuk melakukan mandi wajib harus menggunakan air suci dan bersih layaknya untuk berwudhu.

Sedangkan untuk melakukan mandi wajib ini, sebaiknya melakukan lima hal, yaitu mengucapkan basmallah. Lalu berwudhu sebelum mulai mandi dan meratakan air pada seluruh bagian tubuh dengan menggunakan tangan untuk menggosok sampai bersih.

Kemudian melakukan mandi wajib secara berurutan dengan bacaan dan doa mandi wajib beserta mendahulukan bagian yang kanan lalu selanjutnya bagian yang kiri. Sehingga mandi wajib ini menjadi sempurna.

Doa Mandi Wajib Perempuan Nifas

Masa nifas merupakan kondisi perempuan mengeluarkan darah dari rahimnya karena telah dewasa, yaitu selesai melahirkan. Perempuan nifas ini bisa selama 40 hari setelah melahirkan.

Masa ini perempuan tidak melaksanakan ibadah seperti shalat, puasa, dan yang lainnya. Sedangkan bacaan dan doa mandi wajib ini seperti:

Tata Cara Mandi Wajib

Untuk melakukan mandi wajib, terdapat dua rukun yang harus dilakukan. Karena jika salah satunya tidak anda kerjakan, maka mandi wajib anda tidak sah dan anda masih dalam kondisi hadats. Sehingga perlu melakukan mandi wajib dengan urutan yang sempurna untuk menjadi suci dan bersih.

Selama anda mengerjakan tata cara ini dengan benar, maka bisa membuat anda suci dan bersih sehingga bisa melakukan ibadah yang lainnya dengan sempurna. Berikut tata cara, bacaan dan doa mandi wajib yang bisa anda ikuti dengan baik.

  1. Pertama melakukan dengan niat mensucikan dan bersih hadats besar yang ada pada tubuh.
  2. Mensucikan tangan sebanyak 3 kali untuk cebok membersihkan agar kotoran yang ada hilang dengan menggunakan tangan sebelah kiri.
  3. Membasuh tangan yang digunakan tadi untuk membersihkan kotoran dengan menggunakan sabun dan air mengalir.
  4. Kemudian berwudhu dengan tata cara dan urutan seperti biasa seperti hendak untuk sholat.
  5. Lalu lakukan menyiram kepala 3 kali dengan air sampai rata. Lalu mencari pangkal rambut dengan air bersih.
  6. Selanjutnya menyiram kepala pada bagian kanan sampai ke kiri dengan meratakan air ke seluruh tubuh. Bersihkan tubuh dengan bersih sampai ke sela yang sudah untuk anda jangkau.

Bacaan dan doa mandi wajib dengan semua sunnahnya harus anda ketahui sebagai seorang muslim agar bisa membersihkan anggota tubuh untuk melanjutkan ibadah.

Sunnah Mandi Wajib

Sebagai seorang muslim, lebih baik mengetahui apa saja yang menjadi bacaan dan doa mandi wajib beserta sunnahnya sehingga paham ketika mengerjakan mandi wajib untuk menghilangkan hadats besar. Lantas bisa melakukan ibadah dengan keadaan suci dan bersih.

  1. Pertama membasuh kedua tangan sebanyak 3 kali sebelum memasuki kamar mandi untuk melakukan mandi besar.
  2. Lalu membersihkan badan dari semua najis yang ada pada bagian tubuh, lalu berwudhu seperti layaknya wudhu hendak melakukan sholat.
  3. Mulai mengguyur kepala sebanyak 3 kali dengan menggunakan air dan mengucapkan niat.
  4. Menyiram badan sebanyak 3 kali dengan bagian kanan terlebih dahulu lalu sebelah kiri dengan menggosok rambut dan jenggot.
  5. Menghindarkan tangan dari bagian kemaluan. Jika tersentuh, maka harus berwudhu kembali. 

Untuk itu, wajib tahu bacaan dan doa mandi wajib untuk suci dan kembali beribadah dengan pahala yang berlimpah.

Kebaikan Mandi Wajib

Bagi yang melaksanakan mandi wajib, bisa mendapatkan banyak kebaikan. Seperti untuk mereka yang setelah melakukan mandi wajib adalah bisa memulihkan energi.

Sedangkan untuk perempuan yang setelah haid dan nifas adalah untuk menghilangkan bau yang tidak sedap dari tubuhnya. Sekaligus membersihkan tubuh dari bakteri yang keluar ketika nifas dan haid.

Kebaikan tersebut untuk jasadiah perempuan, sedangkan untuk kebaikan ruhaniah adalah bersyukur kepada Allah SWT dengan bebas dari beban berat ketika melahirkan.

Mandi wajib akan mendatangkan banyak manfaat untuk pelakunya daripada kemudhorotan, sehingga wajib bagi muslim, baik laki-laki dan perempuan untuk bersuci.

Bacaan dan doa mandi wajib akan memberikan banyak kebaikan. Untuk itu, Allah SWT menyuruh umatnya untuk bersuci, tentu telah Allah SWT siapkan kebaikannya. Sehingga akan lebih baik untuk kaum muslim memahami dengan baik tata cara dan bacaan dengan baik demi menyempurnakan ibadahnya. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid

The post Bacaan dan Doa Mandi Wajib, Simak dan Pahami Untuk Bersuci appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/11/bacaan-dan-doa-mandi-wajib/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064