Antisipasi Terjadi Konflik Sosial Jelang Pilkada, Pjs Bupati Bentuk Tim

Antisipasi terjadi konflik sosial jelang Pilkada, Pjs. Bupati Pangandaran, Dani Ramdani, membentuk Tim Pencegahan, Penanggulangan, dan Penanganan Konflik Sosial. Foto: Madlani/HR.

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com).- Antisipasi terjadi konflik sosial jelang Pilkada, Pjs. Bupati Pangandaran, Dani Ramdani, membentuk Tim Pencegahan, Penanggulangan, dan Penanganan Konflik Sosial.

Tim yang berfungsi untuk mendeteksi dini potensi-potensi konflik sosial di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat itu terdiri dari petugas gabungan jajaran TNI, Polri, Kesbangpol, dan Satpol PP.

Pembentukan tim berlangsung di Aula Setda Kabupaten Pangandaran, Senin (02/11/2020), dengan dihadiri oleh pihak Kejaksaan Negeri Ciamis, Kesbangpol

Kemudian, Kadis Perhubungan, Kasatpol PP, Kanit Intel Polsek se-Kabupaten Pangandaran, serta unsur intel dari Kodim, BIN, Polres, Koramil, Polsek, Danpos Polair, Danpos AL, Kejaksaan, Danpos AU, dan tamu undangan lainnya.

Pjs. Bupati Pangandaran, Dani Ramdan, mengatakan, tim tersebut berfungsi untuk mendeteksi potensi-potensi konflik sosial. Hasil dari deteksi dini ini sebagai langkah antisipasi peredaman, pencegahan. sampai penanganan rekonsiliasi, serta rekontruksi rehabilitasi konflik-konflik sosial menjelang Pilkada Pangandaran.

“Jangka pendek kita menghadapi Pilkada. Potensi konflik seperti pada saat kampanye muncul kampanye hitam, money politik, netralitas ASN, atau penyelenggara Pemilu. Atau dari hasil penghitungan semuanya ingin menang. Padahal bisa saja kalah dan ada pihak-pihak yang menunggangi. Itu menjadi sumber konflik,” jelas Dani Ramdan, usai rakor pembentukan tim.

Baca Juga : 3.700 Personil Siap Amankan Pilkada Serentak di Pangandaran

Antisipasi Terjadi Konflik Sosial

Konsep Jangka Panjang Cegah Konflik Heterogen

Sedangkan, untuk jangka menengahnya, lanjut Dani, tim ini berfungsi untuk mencegah konflik heterogen dan sosial. Hal itu seiring dengan Kabupaten Pangandaran menjadi daerah pariwisata yang akan terus dikembangkan hingga kelas dunia.

“Tentu akan ada pontesi konflik heterogen, seperti konflik ekonomi dalam penggunaan lahan, saingan bisnis. Hingga konflik yang sosial menyangkut ketenagakerjaan limbah, industri, dan lainnya. Maka perlu kuat untuk mencegah itu,” ujarnya.

Karena menurut Dani, sebagai daerah berkembang tidak menutup kemungkinan ada teroris, radikalisme dan sebagainya, menjadi sebuah peristiwa pada pusat keramaian.

Oleh sebab itu, tim yang telah terbentuk ini harus semakin kuat dari waktu ke waktu, memelihara hubungan baik dengan semua elemen. Juga meredam potensi konflik, serta menumbuhkan sikap toleransi.

Gangguan Stablitas Nasional Picu Konflik

Sementara itu, Dandim 0613 Ciamis melalui Pasi Ops, Mulya Harnedi, mengatakan, pihaknya menilai, terganggunya stabilitas nasional akan memicu terjadinya konflik. Seperti hoax, aksi teror, Ccovid-19 yang belum tuntas, dan adanya agenda Pilkada serentak.

Pembentukan tim ini untuk menyikapi kewaspadaan dini. Sekaligus juga penanganan konflik dengan berbagai strategi dan kerjasama semua pihak dalam mensukseskan Pilkada tanpa ekses, kondusif, dan lancar.

“Waspadai bahaya ekstrim kiri dan ekstrim kanan yang berpotensi terhadap gangguan keamanan. Karena itu, tim ini juga mendorong masyarakat berpartisipasi aktif melakukan kewaspadaan, pencegahan, dan penanganan konflik,” terang Mulya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Ciamis melalui Kabag Ops, AKP. Yopy Mulyawan Suryawibawa, menjelaskan mengenai tujuan akhir dari konsep deteksi awal pencegahan gangguan keamanan. Yaitu agar masyarakat merasa tentram, dan situasi kondusif.

“Antisipasi penanganan konflik dalam penyelenggaraan Pilkada serentak sebagai agenda yang saat ini sedang berjalan,” tandasnya. (Madlani/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

The post Antisipasi Terjadi Konflik Sosial Jelang Pilkada, Pjs Bupati Bentuk Tim appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/11/antisipasi-terjadi-konflik-sosial-jelang-pilkada-pjs-bupati-bentuk-tim/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064