Wisata Sedekan River Tubing di Ciamis yang Bikin Ketagihan

Wisata Sedekan River Tubing di Ciamis yang Bikin Ketagihan

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Untuk yang suka main air dan basah-basahan, ada satu tempat wisata menarik di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Adalah Wisata Sedekan River Tubing, Desa Mekarjadi, Kecamatan Sadananya.  

Wisata ini sebetulnya sudah ada sejak beberapa tahun lalu, namun baru sekarang ini mulai ramai pengunjung dan tengah hits. Daya tarik river tubing ini adalah meluncur di aliran Sungai Cileueur menggunakan sebuah ban besar sejauh 2,5 kilometer. Atau dengan jarak tempuh sekitar 2 jam.

Tempat ini rekomendasi untuk liburan akhir pekan atau libur panjang. Selain dapat merasakan sensasi hanyut dengan trek yang menantang. Juga dapat melihat kejernihan dan bersihnya Sungai Cileueur.

Lokasi dan Tarif Wisata Sedekan River Tubing

Lokasi wisata River Tubing ini cukup dekat dari perkotaan Ciamis. Jaraknya hanya beberapa kilometer saja, bila menggunakan sepeda motor atau mobil ada akan menempuhnya dengan waktu 15 menit saja.

Masuknya bisa dari arah tonjong kemudian ke Jalan Bojonghuni terus luruh menuju Dusun Sedekan, Desa Mekarjadi, nanti wisatawan akan melihat spanduk petunjuk lokasi river tubing. Apabila dari arah Maleber bisa masuk ke Jalan Sadananya, lalu ke Jalan Siliwangi dari simpang Kelurahan Maleber. Lalu masuk ke Jalan Bojonghuni.

Baca Juga: Konflik Satwa Liar dengan Warga Kembali Terjadi di Cipaku Ciamis

Untuk tarif wisata Sedekan River Tubing ini cukup terjangkau. Terlebih saat ini pengelola masih memberikan tarif promo yakni Rp 10 ribu per orang. Ada pun pilihan paket plus nasi liwet setelah River Tubing dengan harga Rp 25 ribu per orang.

Bagi wisatawan yang ingin mencoba wahana ini ada syaratnya, yakni harus ber grup atau kelompok minimal 10 orang-12 orang. Bisa juga jumlah anggota kurang tapi tentunya tarif menyesuaikan.

Bagaimana dengan soal keamanannya? Wisatawan tak perlu khawatir, karena setiap orang akan mendapat alat pelindungan diri berupa pelampung dan helm. Selain itu selama perjalanan mengarungi Sungai Cileueur ada pendamping atau guide yang terlatih sebanyak 4 orang.

Pengelolanya oleh Pemuda Karang Taruna Unit 8 Mekarjadi

Pengelola Wisata Sedekan River Tubing Elan Rahlan mengatakan awalnya wisata ini hanya untuk komunitas. Namun setelah ada masukan dari berbagai pihak maka kini menjadi sebuah destinasi wisata dan pengelolanya adalah pemuda Karang Taruna.

“Kami melihat Sungai Cileueur ini merupakan sebuah potensi, tidak kalah dengan daerah lainnya yang memiliki wisata serupa. Alhamudulillah kini sudah banyak pengunjung, bahkan sehari bisa sampai 6 kali rombongan keberangkatan,” katanya, Minggu (25/10/2020).

Dengan adanya tempat wisata ini sekaligus memberdayakan para pemuda sekitar agar memiliki penghasilan.  Bahkan saat ini sudah ada 50 pemuda yang terlibat dalam pengelolaan river tubing ini.

Elan menyebut keunggulan dari wisata ini yang bakal bikin ketagihan adalah adanya 7 jeram yang cukup menantang. Sehingga wisatawan dapat merasakan sensasi keseruan yang luar biasa. Dengan jarak tempuh 2,5 kilometer, bakal membuat wisatawan puas tapi sekaligus ingin mencoba lagi.

Alhasil,  Wisata Sedekan River Tubing ini menjadi perbincangan warga Ciamis dan sekitarnya. Tak hanya penduduk lokal, wisatawan yang datang pun dari berbagai daeah seperti Tasikmalaya. Kebanyakan dari komunitas, keluarga dan instansi perkantoran. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang

The post Wisata Sedekan River Tubing di Ciamis yang Bikin Ketagihan appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/wisata-sedekan-river-tubing-di-ciamis-yang-bikin-ketagihan/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064