Usaha Budidaya Udang Vaname, Bisnis dengan Keuntungan Berlipat

budidaya udang vaname

Usaha budidaya udang vaname belakangan semakin banyak peminatnya. Harga jualnya yang cukup tinggi dan kisah sukses sejumlah pengusaha tambak udang ini membuat bisnis yang satu ini seakan menjanjikan keuntungan yang berlimpah. Benarkah?

Udang vaname populer juga dengan sebutan udang vannamei (Litopenaeus vannamei). Masyarakat kita menyebutnya dengan istilah udang putih. Hewan laut yang berasal dari Amerika Latin baru populer di tanah air sekitar tahun 2000-an.

Udang vannamei memiliki habitat asli laut tropis yang suhunya lebih dari 20 derajat Celcius. Hewan ini bertelur di laut dan setelah berubah menjadi larva akan bermigrasi ke pantai. Setelah dewasa mereka kembali ke laut.

Keunggulan Usaha Budidaya Udang Vaname

Ada banyak keunggulan menjalankan usaha budidaya udang vaname ketimbang jenis udang lainnya. Berikut ini beberapa kelebihan ternak udang vannamei yang menjanjikan dan menguntungkan.

Baca juga: Usaha Budidaya Ikan Sistem Bioflok Lebih Menguntungkan, Ini Alasannya!

Udang vaname memiliki kemampuan beradaptasi yang jauh lebih besar, baik terhadap suhu maupun salinitas. Karena itu udang ini terkenal memiliki kelangsungan hidup yang cukup tinggi.

Pertumbuhan udang vaname cukup cepat. Masa panen usaha tambak udang vaname hanya dalam waktu 50 hingga 60 hari sejak tebar benih. Bandingkan dengan udang windu yang butuh waktu sekitar 120 hari untuk panen.

Untuk memasarkan hasil panen budidaya udang vaname juga tidak akan kesulitan karena tingginya permintaan pasar. Bahkan tak sedikit pedagang atau tengkulak yang malah akan mendatangi Anda menjelang saat panen.

Harga jual udang vaname juga tinggi. Untuk pasar tradisional umumnya harga perkilonya Rp 40.000 hingga Rp 50.000. Sedangkan harga untuk pasar ekspor bisa mencapai Rp 60.000 hingga Rp 90.000 perkg.

Potensi pasar ekspor hasil panen udang vaname juga sangat besar. Beberapa negara di Asia, seperti Jepang dan Cina, sangat membutuhkan udang jenis ini. Harganya juga lumayan besar sehingga sangat menguntungkan.

Tahapan Penting Cara Budidaya Udang Vaname

Selain ada berbagai kelebihan bisnis ini, ternak tambak udang vaname juga menawarkan keuntungan yang tidak sedikit. Berikut ini beberapa langkah penting cara budidaya udang vaname yang perlu Anda perhatikan.

Mempersiapkan Lahan

Idealnya, kolam untuk membudidayakan udang jenis vanamei berukuran sekitar 4.000 m2 yang lengkap beserta peralatannya. Bersihkan kolam agar bebas dari unsur logam berat maupun toksik yang bis aberbahaya untuk ternak.

Baca juga: Budidaya Ikan Sidat Ternyata Beromset Tinggi? Baca Ini Dulu!

Anda bisa memilih teknik budidaya secara tradisional yang biasanya membutuhkan modal relatif kecil atau kurang dari Rp 10 juta. Dengan luasan kolam ini dapat Anda isi sekitar 80 ribu bibit udang vaname.

Sedangkan untuk teknik semi intensif kebutuhan modalnya bisa mencapai lebih dari Rp 70 juta lengkap dengan teknologinya. Dengan teknik ini Anda bisa memelihara 250.000 bibit udang.

Menjaga Kualitas Air

Masalah kualitas air tambak sangat penting dalam budidaya udang vaname. Selain mengatur salinitasnya, kadar garam air harus terjaga dari 1,5 hingga 20 persen. Anda juga perlu menyediakan tempat pengisian air dan pembuangannya yang terpisah.

Pemberian Pakan Udang

Pemberian pakan harus menjadi perhatian khususnya saat udang vaname masih kecil. Anda perlu memberikan pakan dengan nutrisi dan vitamin yang cukup, termasuk degan menebarkan ke air tambak.

Memantau Perkembangan

Usaha budidaya udang vaname membutuhkan pemantauan yang terus menerus hingga waktu panen. Jika ada serangan penyakit harus segera Anda tangani. Sebab penyakit akan mudah menyebar dan menyebar udang lainnya.

Salah satu risiko terbesar yang paling berbahaya untuk usaha tambak udang adalah terhadap serangan virus. Jika ada seekor saja udag yang terserang dan tidak ketahuan, maka akan menyebar dan menular dengan cepat pada udang lainnya.

Tak sedikit kasus kematian udang satu kolam atau satu tambak akibat pemantauan yang tidak ketat. Begitu rawannya daya tahan udang membuat usaha ini harus Anda jalankan dengan cermat dan pengawasan yang ketat.

Baca juga: Ingin Usaha Budidaya Ikan Patin? Ini Kunci Sukses Bisnisnya!

Pengamatan juga penting saat ada perubahan cuaca. Jika cuaca berubah dingin sebaiknya taburkan kapur alam untuk menjaga suhu air. Namun jika cuaca terlalu panas, Anda bisa menambahkan air atau kapur dolomit ke dalam kolam.

Waktu Panen Udang Vaname

Masa panen ternak udang vaname biasanya berkisar 50 hingga 60 hari sejak tebar nener. Sekali panen Anda bisa mendapatkan penghasilan hingga ratusan juta, tergantung harga jual saat itu. Ini tentunya bukan keuntungan yang kecil.

Itulah beberapa tahapan penting usaha tambak udang vanamei yang sangat menguntungkan. Dengan menerapkan teknik dan cara budidaya udang vaname yang benar Anda akan bisa mendapatkan penghasilan hingga ratusan juta rupiah. (R11/HR-Online)

Editor: Jujang

The post Usaha Budidaya Udang Vaname, Bisnis dengan Keuntungan Berlipat appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/budidaya-udang-vaname/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service