Ukuran Piston Motor, Sesuaikan dengan Tipe Kendaraan

Ukuran Piston Motor, Sesuaikan dengan Tipe Kendaraan

Ukuran piston motor pastinya berbeda-beda. Apalagi pada jenis motor 2 tak atau 4 tak, jelas terlihat perbedaannya. Piston memiliki sebutan dengan seher.

Komponen ini memiliki peranan yang penting untuk kendaraan. Setiap kendaraan baik sepeda motor atau mobil memiliki komponen yang bawa peranan cukup penting.

Salah satu komponen penting yaitu yang terletak dalam mesin. Setiap komponen dalam mesin pun memiliki fungsi dan cara kerja masing-masing.

Baca Juga : Perbedaan Rem Tromol dan Rem Cakram Sesuai Cara Kerjanya

Tidak ketinggalan yaitu piston dan ring piston yang terletak pada bagian mesin. Komponen ini memiliki peranan penting, yaitu untuk mengatur volume silinder yang mampu mempengaruhi kinerja mesin.

Pada umumnya piston bekerja pada mesin untuk menggerakkan naik turun dari TMA ke TMB dalam silinder. Cara kerja ini untuk menghasilkan energi kinetik pada kendaraan.

Piston atau seher bahkan ada yang menyebutnya dengan seker, memiliki ukuran yang berbeda-beda pada setiap tipe kendaraan. Ukuran piston motor bisa anda bedakan dari tipe kendaraan itu sendiri.

Modifikasi Ukuran Piston Motor

Piston motor memiliki fungsi yang cukup penting untuk mesin kendaraan. Komponen yang satu ini merupakan onderdil mesin motor yang membentuk ruang bakar dengan silinder blok pembungkusnya dan silinder head motor.

Cara kerja komponen ini bergerak naik turun yang berpadu dengan crankshaft agar menghasilkan kompresi. Selanjutnya kompresi bekerja kembali oleh noken as dan klep motor agar bisa menghasilkan sebuah tenaga.

Semua kendaraan memiliki ukuran piston dan ring piston yang berbeda-beda. Hal inilah yang perlu anda ketahui sebelum ingin mengganti komponen tersebut. 

Baca Juga : As Gear Depan Aus Akibat Kotoran yang Menempel Terlalu Banyak

Sebagian besar orang kurang merasa puas akan cara kerja piston motor standar. Sehingga sering melakukan modifikasi. Salah satunya yaitu merubah ukuran piston motor.

Modifikasi ini boleh saja anda lakukan asalkan tahu cara oversize piston yang benar. Modifikasi piston bertujuan agar bisa menghasilkan power yang lebih besar daripada standar.

Pada umumnya, modifikasi ini disebut dengan bore-up. Penggantian piston standar dengan piston baru yang memiliki bobot lebih ringan untuk modifikasi tersebut.

Namun, ukuran piston lebih besar sehingga mampu menghasilkan tenaga mesin lebih besar juga. Padahal melakukan hal ini cukup berbahaya.

Sebab tidak hanya asal ganti ukuran saja, anda perlu tahu cara yang sesuai. Jika hanya asal-asalan, bisa-bisa mesin justru menjadi rusak.

Bahkan sering sekali terjadi kendaraan harus turun mesin jika memilih diameter piston yang salah. Jika memang anda pilih jalan aman, sebaiknya gunakan piston standar saja.

Cara Mengganti Ukuran Piston

Jika anda ingin melakukan modifikasi piston, sebaiknya tahu bagaimana cara yang benar. Ukuran piston motor akan mempengaruhi cara kerja pada mesin kendaraan.

Baca Juga : Tutup Pentil Ban, Jangan Sepelekan Komponen Kecil yang Satu ini

Setelah anda tahu, tinggal melakukan oversize mulai dari ukuran 0-200. Jika anda hanya menggunakan kendaraan untuk sehari-hari, sebaiknya jangan ganti ukuran piston yang terlalu besar.

Karena jika hal ini terjadi, otomatis volume silinder jadi lebih besar juga. Sebab, hal ini mengakibatkan ketebalan silinder menipis.

Namun, jika anda melakukan modifikasi untuk motor balap, lain urusannya. Ukuran seker atau piston kendaraan bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Cari tahu diameter piston standar, sesuaikan dengan kendaraan yang akan anda modifikasi. Hal ini mampu mempengaruhi kinerja mesin yang bisa membuat laju kendaraan semakin cepat.

Contoh ukuran seker motor saat anda ingin melakukan oversize bisa berdasarkan jenis kendaraan. Piston standar ialah 0,0, maka naikkan mulai dari o,25 dan seterusnya.

Menaikkan ukuran piston sebaiknya sedikit demi sedikit dari yang paling kecil dan naik hingga paling besar. Berikut ini contoh ukuran dalam penggantian seker kendaraan.

  • Ukuran seker motor oversize: 0,00 (standar pabrik).
  • Tambahkan ukuran seker motor oversize: 0,25.
  • Selanjutnya naikkan ukuran oversize: 0,50.
  • Piston motor oversize selanjutnya: 100.
  • Ukuran seker motor oversize meningkat: 125.
  • Piston motor oversize: 150.
  • Ukuran piston motor oversize: 175.
  • Ukuran seker motor oversize (untuk merk kendaraan tertentu) : 200

Mengganti atau modifikasi piston pada kendaraan bisa anda lakukan asalkan sesuai. Modifikasi yang anda lakukan sesuaikan dengan jenis kendaraan dan pemakaiannya.

Sesuaikan ukuran piston motor agar bisa berfungsi dengan maksimal. Sehingga fungsinya untuk mengatur volume silinder terhadap performa mesin bisa bekerja dengan baik. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Cara Membersihkan Blok Mesin Motor Sendiri di Rumah

The post Ukuran Piston Motor, Sesuaikan dengan Tipe Kendaraan appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/10/ukuran-piston-motor/

Tags :

bm

Jasa Google Ads

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Jasa Google Ads
  • Menuu.id
  • Jl. Veteran, Denpasar, bali
  • iklan.menuu@gmail.com
  • +63 9291 63 2064